Turis Kian Meningkat, SDM Pemandu Wisata Raja Ampat Ditingkatkan

0
125
Wisman Milenia di objek wisata Pianemo Raja Ampat Papua (Foto: Repro Google)

WAISAI PAPUA BARAT, bisniswisata.co.id: Kunjungan wisatawan ke destinasi wisata Raja Ampat Papua Barat semakin meningkat. Tak ingin citra pariwisata merosot hanya gara-gara pemandu wisata yang tak profesional, Pemerintah Kabupaten Raja Ampat, bekerja keras meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) pemandu wisata. Terlebih pemandu wisata dari masyarakat lokal.

“Pemandu wisata adalah ujung tombak pariwisata. Sebab pemandu langsung berhadapan dengan wisatawan yang berkunjung ke Raja Ampat. Dengan kata lain, pemandu wisata adalah duta daerah yang secara langsung mewakili pemerintah Kabupaten Raja Ampat guna memberikan pelayanan kepada wisatawan,” papar Sekda Kabupaten Raja Ampat, Yusuf Salim di Waisai, Selasa (25/06/2019).

Karena itu, lanjut dia, pemandu wisata diberikan berbagai pelatihan sehingga wawasan dan pengetahuan mereka lebih luas dan lebih maksimal melayani wisatawan. “Jika pemandu wisata berkualitas dan melayani wisatawan dengan baik maka nama Raja Ampat akan terus dikenang di mata dunia” ujarnya.

Sekda sangat mendukung berbagai pelatihan peningkatan sumber daya manusia masyarakat lokal Raja Ampat yang menekuni usaha jasa pariwisata oleh Dinas Pariwisata. Sebab di samping pembangunan infrastruktur terhadap sektor pariwisata, peningkatan kualitas sumber daya manusia masyarakat lokal yang menyediakan jasa pariwisata perlu dilakukan secara bertahap.

“Sehingga sektor pariwisata memberikan manfaat bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat lokal guna kesejahteraan, bahkan nama pariwisata Raja Ampat semakin terangkat ke penjuru dunia yang dampaknya semakin banyak wisatawan datang,” tambah dia seperti dilansir laman Republika.

Raja Ampat adalah surga. Keindahan alam bawah lautnya luar biasa. Seluruh dunia mengakui hal itu. Tidak salah jika banyak orang ingin menjadi saksi langsung keindahannya, meski akses transportasi untuk bisa menikmati destinasi wisata di Raja Ampat masih sangat terbatas, dan harganya cukup menguras kantong.

Namun, jika membulatkan tekad, mengencangkan ikat pinggang dan siap menghabiskan tabungan untuk bisa menikmati pesona Raja Ampat, harus tahu bukan alam bawah airnya saja yang istimewa. Tidak sedikit wisata menarik di permukaan yang wajib dikunjungi.

Tertarik melihat dan menjelajahi destinasi wisata di Raja Ampat yang memesona itu, simak tempat-tempat yang harus kamu kunjungi di salah satu kota di Papua Barat ini

#. Misool

Perjalanan dan petualangan Indonesia Timur bisa dimulai dari sini. Selami setiap relung perairan di salah satu dari empat pulau besar di Raja Ampat ini dan kamu akan mendapati pemandangan, yang tidak hanya luar biasa, tapi juga istimewa. Sulit menggambarkan salah satu destinasi wisata di Raja Ampat yang paling hits ini secara pasti, jadi sebaiknya kamu menuju langsung ke lokasi!

#. Star Lagoon atau Telaga Bintang

Posisinya berdekatan dengan Pulau Piaynemo. Pemandangannya mengasyikkan. Sebuah laguna indag di tempat yang luar biasa, karena bisa melihat berbagai pulau-pulau kecil dari keringgian. Hanya, dibanding Piaynemo, Telaga Bintang tak memiliki tangga dan hanya batu-batu yang disemen untuk dudukan kaki. Meski tidak terlalu tinggi, tapi hati-hati saat mendaki kerena banyak batu karang kecil yang tajam. Oya, disebut Telaga Bintang karena pemandangan di bawah mirip telaga berbentuk bintang.

#. Batu Pensil

Sebuah Monumen alami yang ikonik. Karang menjulang, dan sendirian di tengah Teluk Kabui ini menjadi ikon tersendiri. Saking terkenalnya, Batu Pensil selalu menjadi jujukan untuk selfie. Kamu tidak boleh melewatkan spot ini bila liburan ke Raja Ampat.

#. Wayag

Wayag juga termasuk salah satu ikonnya Raja Ampat. Jejeran batu karang berbalut warna hijau di tengah lautan biru yang menyajikan panorama luar biasa indah membuat Raja Ampat begitu mendunia. Tidak sulit untuk bisa mendapatkan momen yang mengesankan di Wayag. Berpose dengan latar belakang pemandangan yang aduhai pun sudah menjadi keharusan tersendiri.

#. Desa Wisata Arborek

Desa wisata dan spot diving yang mengasyikan. Jika kamu ingin bertemu dengan warga lokal, sekaligus menikmati panorama yang indah, Pulau Arborek adalah yang harus kamu kunjungi. Hampir semua warganya memiliki keramahan dan senyuman yang lebar, siap menyambut dengan tangan terbuka siapa pun yang datang ke kampung mereka Satu peringatan untuk kamu yang ingin berkunjung ke kampung Arborek, jangan sampai tercuri hati karena ketulusan yang ditunjukkan warganya.

#. Desa Wisata Sauwandarek

Satu lagi desa wisata Raja Ampat yang boleh kamu kunjungi – Desa Sauwandarek. Kearifan lokal yang ditunjukkan warganya membuat kamu mungkin malas pulang. Selain itu, di sekitar kampung Sauwandarek, juga terdapat beragam spot asyik untuk menikmati terumbu karang khas Raja Ampat. Bahkan di dermaganya pun, pemandangan bawah lautnya sudah sangat istimewa.

#. Desa Sawinggrai

Nah, bagi kamu yang ingin melihat hewan asli Papua, burung Cenderawasih, di habitat aslinya, langsung saja menuju ke desa Sawinggrai. Namun kamu harus rela bangun awal dan menyiapkan celana panjang serta sepatu serta tidak berisik untuk bisa mendapatkan keberuntungan menyaksikan burung Cenderawasih ini. Jika pun kamu tidak berhasil melihat burung ini, jangan kecewa karena banyak hal asyik bisa kamu temukan di Sawinggrai. Bukan hanya panorama alamnya, tapi juga keramahan warganya.

#. Desa Saukabu

Pantai yang indah akan menggoda siapa aja bermain pasir dengan cipratan ombak kecil. Kalau ingin lebih lama, bisa juga berenang. Di sini terdapat guest house yang langsung mengarah ke pantai. Bangun tidur, bisa langsung nyebur…

#. Pasir Timbul

Alam Raja Ampat yang sudah luar biasa masih ditambahi dengan keajaiban yang istimewa, pasir timbul. Lokasi ini akhirnya menjelma menjadi sebuah pulau berpasir putih, yang lokasinya berada dekat dengan Pulau Mansuar. Seperti layaknya pulau pasir lainnya, pulau di salah satu destinasi wisata di Raja Ampat paling hits ini akan menunjukkan pasir putihnya jika air laut sedang surut. Inilah momen yang pas buat kamu berselfie dan menjejakkan kaki sebelum pulau hilang disapu air laut saat pasang.

#. Pianemo

Ini dia tujuan utama ke Raja Ampat. Jaraknya tidak jauh dari Telaga Bintang. Tapi karena sebagai destinasi utama di sekitar Waisai, tempat ini bisa sangat ramai. Untuk mencapai titik tertinggi, kita harus melewati sekitar 300 ratusan anak tangga. Tapi jangan khawatir, tangganya lebar dan bisa juga buat foto-foto. Selain itu, pemandangan ketika tiba di atas akan menghapus semua keletihan. Pianemo adalah Spot asyik menikmati panorama Raja Ampat. Gugusan batu karang dan birunya laut bisa dilihat dari ketinggian. Karena potensi yang ditawarkan, tidak sedikit juga yang menyebut Pianemo sebagai Wayag mini.

#. Air Terjun Batanta

Raja Ampat juga dilengkapi air terjun alami. Air Terjun Batanta, namanya yang selalu menjadi kejutan lain di Raja Ampat. Air terjun ini juga menjadi bukti bahwa keindahan alam di Raja Ampat tidak hanya didapat di sisi laut saja. Tidak hanya menyuguhkan pemandangan air terjun yang aduhai, nuansa dan segarnya air juga istimewa. Air terjun Batanta juga bisa menjadi penyejuk setelah kamu seharian berendam di air asin.

#. Wisata Pulau lainnya

Pulau Fam yang Jaraknya kira-kira 2 jam naik kapal cepat dari Waisai. Di sini kita bisa menikmati kuliner, dan minum air kelapa yang segar. Buat yang suka foto-foto, bisa pose di dermaga kecil yang menghadap ke laut. Juga, Pulau Friwen yang Jaraknya agak jauh dari Piaynemo, sekitar 1,5 jam dengan kapal cepat. Tapi jaraknya lebih dekat ke Waisai, tempat awal berangkat. Perlu singgah di tempat ini untuk menyegarkan badan setelah mendaki yang melelahkan. Buat anak-anak bisa main ayunan sebelum tercebur ke air. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.