Transaksi Solo Great Sale 2019 Lebihi Target

0
165
Solo Great Sale (Foto: Repro Google)

SOLO, bisniswisata.co.id: Solo Great Sale 2019 meraup dua sukses. Sukses penyelenggaran dan sukses pendapatan. Ajang pesta belanja yang digelar setiap tahun ini, berhasil mencatatkan transaksi senilai Rp 611 miliar. Nilai yang dibukukan itu sedikit melampaui target yang dipatok sebesar Rp 600 miliar.

Pesta belanja yang digelar untuk menyambut Hari Jadi Kota Solo ke-274 itu digelar sebulan penuh pada 1-28 Februari. “Nilai transaksinya mampu melampau target meski tidak terlalu besar,” kata Sekretaris Panitia Solo Great Sale, David Wijaya, Jumat (01/03/2019).

Dari nilai tersebut, transaksi paling banyak berasal dari sektor transportasi. “Seperti tiket pesawat, travel agen dan semacamnya,” kata David. Nilai transaksinya mencapai 20 persen atau lebih dari Rp 100 miliar.

Selanjutnya, transaksi di bidang otomotif menempati posisi kedua. Sedangkan hotel dan pusat belanja berada di peringkat tiga. “Nilai transaksi di pasar tradisional juga sudah menggembirakan meski masih berada di posisi keempat,” kata David.

Kegiatan Solo Great Sale 2019, diikuti oleh sekitar 7 ribu tempat usaha, seperti perhotelan, pusat belanja, toko batik hingga penyedia jasa transportasi. Selain itu, sebagian pedagang di 44 pasar tradisional juga mengikuti ajang tersebut. “Ada 2.500 pedagang yang ikut program ini,” katanya.

Para peserta berlomba-lomba memberikan diskon kepada para pelanggannya. Menurut David, acara ini digelar untuk menggerakkan ekonomi di awal tahun yang biasanya masih melambat. “Selain itu kami mengharapkan adanya peningkatan kunjungan wisatawan,” katanya. Awal tahun biasanya dikenal sebagai low season bagi para pelaku usaha pariwisata.

Wakil Wali Kota Surakarta Achmad Purnomo juga berharap kegiatan itu mampu menjadi pemantik bergeraknya roda perekonomian di Kota Solo. “Kami berharap tahun depan pesertanya bisa lebih banyak lagi,” katanya seperti dilansir laman Tempo.co

Selama beberapa tahun terakhir, acara Solo Great Sale ini mampu digelar secara rutin setiap Februari. Dia berharap para wisatawan bisa merancang rencana perjalanan untuk berlibur di Kota Solo pada Februari tahun depan. (NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.