Tips Traveling Selama Ramadhan

0
101
Persiapan raveling

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Seluruh umat Muslim wajib menjalankan puasa satu bulan penuh selama Ramadhan. Dan wajib menahan lapar dan dahaga. Namun, berpuasa bukan menjadi halangan untuk berkegiatan bepergian, travelling.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, khususnya jika destinasi yang dikunjungi merupakan daerah mayoritas Muslim. Ada beberapa tips traveling selama bulan Ramadhan, seperti dirangkum dari berbagai sumber:

#. Perhatikan Kondisi Badan

Memastikan kondisi badan benar-benar sehat dan sedang tidak terganggu adalah hal yang terpenting yang harus Kamu lakukan pertama Kali. Nggak lucu kan kalau Kamu harus membatalkan puasa gara-gara terlalu capek saat traveling. Pastikan juga Kamu sudah meminum mulitifitamin untuk menjaga kondisi tubuhmu. Disarankan untuk membawa barang-barang yang sekiranya perlu saja, biar Kamu nggak merasa berat dan repot

#. Susun jadwal perjalanan

Anda bisa mulai merencanakan agenda perjalanan dengan mempertimbangkan kondisi bulan puasa. Jika menggunakan transportasi umum, pilihlah tiket pemberangkatan dengan jam yang tidak berbenturan dengan waktu sahur dan berbuka. Jika menggunakan kendaraan pribadi, bisa disesuaikan. Hindari pula bepergian di saat menjelang berbuka puasa, karena kemungkinan besar kepadatan lalu lintas bisa terjadi.
Jika terpaksa, harus menyertakan makanan kecil dan air mineral dalam daftar barang bawaaan Anda. Periksa jadwal di daerah setempat. Mungkin ada tempat wisata yang tutup lebih awal.

#. Pastikan lokasi tempat beribadah

Perhatikan lama perjalanan yang harus ditempuh dan lokasi yang dikunjungi, karena ada lima ibadah wajib yang harus dijalankan umat Muslim dalam sehari. Pastikan di sekitar tempat yang Anda kunjungi terdapat masjid, mushola, atau setidaknya tempat yang bisa digunakan untuk beribadah.

#. Bersiap untuk hal tak terduga

Di dalam sebuah perjalan, tidak menutup kemungkinan terjadi hal-hal yang di luar rencana. Misalnya adanya penundaan jadwal keberangkatan, terjadi kemacetan, perubahan agenda, sakit, dan sebagainya. Untuk itu, mempersiapkan makanan kecil, air mineral, dan obat-obatan pribadi sangat penting. Meskipun Anda dalam keadaan fit sekalipun.

#. Makan sahur dan buka

Pastikan Anda mengonsumsi makan sahur dan buka yang cukup untuk memenuhi kebutuhan asupan nutrisi yang dibutuhkan. Jika Anda bepergian ke daerah atau negara yang sebagian penduduknya non-Muslim, carilah informasi sebelumnya tentang makanan-makanan yang aman untuk Anda konsumsi. Juga konsumsi vitamin dianjurkan agar keadaan tubuh semakin prima selama bepergian. Bahkan Mencoba buka puasa maupun sahur bersama penduduk lokal merupakan bentuk keakraban serta memiliki nilai pengalaman baru yang luar biasa untuk dikenang.

#. Hormati budaya setempat.

Mengunjungi daerah orang lain memang wajib kita hormati. Apalagi kadangkala ada budaya setempat tak sesuai dengan budaya yang kita pegang teguh. Untuk itu, memberi rasa hormat dan menerima apa adanya harus dijaga. Bahkan berpakaian yang sopan merupakan bagian menghomati budaya setempat. (NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here