Tips Pesan Kamar Hotel Via Online

0
53
Pesan Kamar Hotel via online

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Memesan kamar hotel merupakan tugas terberat kedua setelah memesan tiket pesawat. Patut diketahui bahwa jenis kamar dan jarak hotel dengan objek wisata bukan satu-satunya pertimbangan saat memesannya.

Harga murah dan fasilitas mewah menjadi modus scam pemesanan hotel. Jadi jangan langsung percaya jika ada iklan yang menawarkan dua hal tersebut. Agar tak merasa tertipu, berikut sejumlah hal yang patut diwaspadai saat memesan kamar hotel, seperti dilansir laman CNN Travel, Selasa (14/01/2020) antara lain:

Ruangan luas

Jika ada hotel yang memperlihatkan foto kamar nan luas tapi tak menyertakan ukuran kamar dalam deskripsinya, jangan langsung percaya. Plus jika harganya dirasa terlalu murah untuk kamar yang seluas itu. Foto kamar yang terlihat luas bisa saja trik lensa kamera atau suntingan perangkat lunak. Dua hal tersebut sah-sah saja demi kepentingan promosi, namun pihak hotel wajib menginformasikan kepada tamu ukuran kamar yang sebenarnya.

Berpemandangan atau balkon

Sama seperti poin nomor satu, jangan langsung percaya jika ada kamar murah yang disebut memiliki pemandangan langsung ke gunung, lautan, atau perkotaan. Periksa kembali lokasi hotel melalui Google Street View dan ulasan tamu di internet sebelum memesannya. Kamar yang memiliki pemandangan ke luar atau berjendela besar biasanya bertarif lebih mahal dari kamar biasanya. Hal ini juga berlaku saat liburan di Eropa atau Amerika, di mana ada kamar yang ditempatkan di level basement. Sementara di Indonesia, banyak hotel yang bahkan menawarkan kamar dengan balkon, namun nyatanya balkon merupakan area penyimpanan kondensor AC.

Bahasa

Tanyakan kembali kepada pihak hotel maksud dari king size, twin-size, atau double room jika kurang yakin. Di Amerika, double room berarti kamar dengan dua double bed. Namun di Inggris, double room berarti kamar dengan twin-size bed. Sementara di Indonesia, tak sedikit hotel yang menggabungkan dua twin-size bed menjadi satu dan menjual kamar tersebut dengan embel-embel king size bed. Tapi ada banyak hotel yang memberikan pilihan kepada tamu soal ukuran kasur, jadi jangan malu bertanya.

Situs rekanan

Memesan kamar melalui situs rekanan memang memudahkan, ditambah dengan banyaknya pilihan di sana. Tapi hati-hati, karena harga totalnya kadang bisa lebih mahal. Situs rekanan juga kadang menjual kamar termurah di suatu hotel, yang kemungkinan minim fasilitas dan layanan. Pesanlah kamar hotel langsung di situs resminya. Selain harganya yang bisa lebih murah, tamu juga mungkin bisa mendapatkan banyak keistimewaan, salah satunya upgrade jenis kamar. Baca kembali alamat situs hotel dan cocokan di internet, karena terkadang ada penipu yang menduplikasi nama situs lalu memasarkannya melalui iklan pop-up.

WiFi palsu

Gunakanlah jaringan WiFi yang diberikan kepada petugas hotel. Kalau bisa gunakan incognito mode saat berselancar di internet agar aktivitas di dunia maya melalui jaringan tersebut lebih privat. Jangan langsung tergiur dengan jaringan WiFi dengan embel-embel free walau namanya mirip dengan yang diberikan petugas hotel, karena bisa saja itu jaringan WiFi milik penipu.

Biaya tambahan

Biasanya hotel meminta uang jaminan sebelum tamu mendapatkan kunci, untuk jaga-jaga jika tamu merusakkan sesuatu di kamar.Saat masuk ke dalam kamar, cek seluruh ruangan dan pastikan semua barang berfungsi dengan baik. Kalau ada kerusakan, segera panggil petugas hotel, agar uang jaminan bisa dikembalikan karena kerusakan tersebut bukan diakibatkan kita. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.