Tips Liburan Hemat Pasca Lebaran

0
97
Wisatawan muslim

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Hari raya Lebaran pasti berlalu. Namun masa liburan masih ada sisa waktu yang benar-benar harus dimanfaatkan pasca Hari Raua Idul Fitri. Sayangnya, kadangkala anggaran masih menjadi batu sandungan. Namun jangan khawatir jika sisa anggaran bila dikelola dengan baik, pasti berwisata tak akan berlalu begitu saja.

Laman MoneySmart, Rabu (05/06/2019) memberikan tips liburan pascara Lebaran, antara lain:

1. Pilih destinasi dalam negeri

Semua tentu tahu bahwa kalau liburan ke luar negeri biayanya mahal. Gak ada salahnya kan untuk memilih destinasi dalam negeri saja yang penting piknik dulu. Harga tiket pesawat pasca lebaran juga biasanya lebih murah. Akan tetapi, kamu juga harus pilih waktu yang tepat. Mulai dari sekarang, pantau saja harga tiketnya dan cari yang termurah, sesuai dengan maskapai favoritmu. Atau kalau mau naik kereta juga boleh kok. Tapi siap gak untuk berlama-lama di jalan?

2. Gak usah lama-lama

Ngak perlu mengambil durasi lama untuk liburan kali ini. Tiga hari pun sepertinya sudah cukup. Mengapa demikian? Karena buat apa juga lama-lama. Yang ada jatah cuti kamu bakal terpotong oleh kantor. Lebih baik kamu sisakan saja, agar di akhir tahun masih bisa liburan menjelang tahun baru. Setuju gak?

3. Ke obyek wisata saja, jangan wisata kuliner

Kenapa dalam tips liburan ke tiga ini, wisata kuliner harus dihindari? Sejatinya gak apa-apa untuk berwisata kuliner, asalkan kamu juga rajin olahraga. Coba ingat, hidangan apa saja yang kamu santap saat lebaran kemarin? Pasti yang berlemak, berminyak, dan manis-manis bukan? Terpikirkah olehmu bahwa hidangan itu gak terlalu baik buat kesehatan? Kira-kira saja, berapa kalori yang masuk dari setiap makanan yang kamu santap. So, ada baiknya buat gak wisata kuliner saat liburan kali ini. Fokus saja ke wisata-wisata alam dan lainnya, pengeluaranmu juga tentunya bisa lebih irit.

4. Gak usah nginep di hotel

Berhubung traveling kali ini harus hemat-hemat bujet, maka pilihlah homestay sebagai penginapan. Gak perlu nginap di hotel, kecuali memang lagi ada promo yang murah banget. Terkadang, homestay memang lebih murah di samping itu, fasilitasnya juga lebih baik ketimbang hotel. Pilih saja yang ada di dekat akses bandara atau stasiun.

5. Gak perlu beli oleh-oleh

Untuk liburan kali ini, stop deh untuk beli oleh-oleh. Kecuali kamu memang mau beli untuk orang rumah, dan jumlahnya pun gak usah banyak-banyak. Terus gimana kalau nanti orang-orang kantor nanyain oleh-oleh? Prioritaskan liburan ini untuk dirimu sendiri. Jauhkan diri dari ponsel atau dari media sosial, intinya nikmatilah saat-saat kamu liburan di sana. Tujuan liburan ini ya benar-benar biar fresh. Salah besar kalau kamu malah sibuk main hape dan mikirin mau posting apa. (NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here