Tips Liburan agar Tak Terbebani Hutang

0
187
Wisatawan asing Nikmati liburan di tengah hutan Ubud Bali

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Zaman sekarang liburan menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Sudah menjadi lifestyle. Agar tidak pusing karena tagihan menumpuk, Anda wajib mengumpulkan modal liburan dari jauh hari. Hadirnya media sosial seperti Instagram, Facebook, dan lainnya mendorong masyarakat untuk tampil eksis.

Umumnya, mereka menggunakan media sosial untuk mengunggah foto aktivitas yang dilakukan. Contohnya, mereka mengunggah foto saat berlibur bersama teman-teman atau keluarga.

Mohammad Andoko, Financial Planner One Shilth menilai unggahan tersebut mendorong keinginan berlibur masyarakat. Mereka juga ingin mengunggah foto liburannya. “Media sosial bikin orang makin ngartis,” katanya, Seperti dilansir Kontan.co, Ahad (26/05/2019).

Lain cerita untuk orang-orang yang mempunyai jadwal pekerjaan padat. Mereka pergi berlibur untuk menghilangkan stres. Namun, tidak sedikit orang yang dibuat stres setelah pulang berlibur. Menumpuknya tagihan sepulang liburan membuat kepala mereka pusing tujuh keliling. Maklum saja, mereka biasanya mengandalkan kartu kredit atau dana pinjaman untuk pergi berlibur.

Widya Yuliarti, Financial Planner Financialku.com menyarankan setiap orang harus menabung dulu sebelum pergi berlibur. Sehingga, mereka merasa tetap senang dan tenang setelah masa liburan usai.

Berbagi tips merancang modal liburan, agar terbebas dari hutang, antara lain:

#. Tentukan destinasi liburan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan destinasi yang dituju. Jangan lupa, Anda juga harus menentukan durasi waktu berlibur. Misalnya, Anda ingin berlibur ke Jepang selama satu minggu. Kemudian, buat daftar kegiatan yang akan Anda lakukan selama berlibur. Perlu di ingat, Anda wajib menuliskan dengan detail seluruh aktivitas tersebut. Juga harus menentukan jenis transportasi yang digunakan selama di tempat tujuan. Jangan lupa juga, tentukan dimana Anda akan menginap selama di sana. Setelah itu, Anda gunakan daftar tersebut untuk merancang anggaran liburan. Sehingga, Anda tahu total dana yang dibutuhkan.

#. Disiplin kumpulkan dana liburan

Langkah kedua yang wajib Anda lakukan adalah mulai menyisihkan uang untuk merealisasikan liburan tersebut. Agar tidak mengganggu cash flow, Anda dapat mengumpulkan dana liburan selama enam bulan atau setahun. Agar rencana liburan tidak hanya jadi mimpi belaka, Anda harus disiplin untuk menabung. Bila Anda orang yang susah menabung, tabungan auto debit bisa jadi solusi. Lainnya, bila waktu liburan masih jauh dan dana sudah terkumpul, Anda dapat menginvestasikannya. Deposito dapat jadi pilihan investasi Anda. Widya mengaku besaran bunga deposito hampir sama dengan kenaikan nilai inflasi. Dengan begitu Anda tidak perlu menambah budget menjelang waktu liburan tiba.
Deposito dapat menghindarkan Anda dari potensi kerugian berinvestasi di pasar saham.

#. Manfaatkan fasilitas kartu kredit

Langkah ketiga, Cek kartu kredit Anda yang memberikan fasilitas travelling. Bila Anda mempunyai beberapa, pilihlah salah satu yang paling menguntungkan. Misalnya, Anda dapat memilih kartu kredit yang memberikan potongan harga tiket transportasi. Atau, Anda dapat memilih kartu kredit yang memberikan diskon biaya penginapan. Cara ini dapat menghemat budget liburan Anda. Perlu diperhatikan, Anda harus membayar penuh tagihan tersebut sebelum tanggal jatuh tempo. Agar, Anda tidak dikenakan bunga oleh pihak penerbit kartu kredit.
(NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.