Libur Lebaran, Bandung Sediakan Tempat Wisata Foto Selfie

1
321
Chnatown Bandung (Foto: .travelingyuk.com)

BANDUNG, bisniswisata.co.id: Liburan Lebaran, Kota Bandung menyediakan puluhan tempat wisata foto selfie bagi para wisatawan. Secara umum, destinasi wisata itu berbasis tempat luar ruang atau outdoor dan di dalam ruang. Beberapa tempat hadir dengan konsep unik hingga diburu para penggemar foto di media sosial.

Lokasi foto selfie outdoor bisa dilakukan di beberapa taman kota. Tempat yang ramai disambangi pengunjung, seperti area Taman Balai Bota Bandung, Taman Vanda, di seberangnya, Taman Dago Cikapayang, Taman Jomblo, juga Alun-alun Bandung, dan sekitarnya. Ada juga tempat selfie outdoor lainnya yang gratis, seperti di hutan kota Babakan Siliwangi.

Setahun belakangan juga bermunculan tempat wisata selfie baru jenis indoor atau di dalam ruangan. Pengelola tempat wisata ini menyulap setiap sudut menjadi aneka kreasi yang memanjakan pengunjung untuk berfoto. Hanya saja, wisata ramah foto yang satu ini perlu membayar tiket.

Beberapa destinasi wisata yang bagus untuk berfoto selfie tersebar di tengah, bagian barat, dan utara Kota Bandung, seperti Rabbit Town, Upside Down World Bandung. Dari nama sudah terasa keunikannya, yaitu dunia terbalik yang membuat hasil foto semakin seru. Adapula Amazing Art World dengan lukisan-lukisan realistisnya dalam ukuran besar dan dramatis.

Sementara tempat wisata selfie This is Me menawarkan belasan wahana di Jalan Cihampelas bawah nomor 106. Ruang yang terbesar yaitu Pink Hotel, memuat ranjang, kamar mandi, aneka perabot yang semuanya berwarna merah muda. Nuansa Pink Theatre pun sama.

Ruangan lain yang disulap untuk foto-foto pengunjung misalnya bersuasana fitting room, dapur roti, kios kelontong, dan laundry. Seorang pengunjung destinasi wisata foto This is Me, Sahla Sakiena, 15 tahun, mengatakan paling suka area Fly My Unicorn. “Aku suka karena warnanya ungu,” ujar pelajar SMP 1 Cimahi yang tinggal di Batujajar seperti dilansir Tempo.co, Ahad (26/05/2019).

Menurut dia, banyak tempat yang unik dan lucu untuk berfoto. Bersama seorang teman perempuannya, Alda, mereka memakai jasa tukang foto di tempat itu untuk mengabadikan setiap momentum menarik. Berbentuk file digital, harga per foto dipatok Rp 10 ribu. Pengunjung bisa merekayasa momen dengan aneka latar gambar.

Selain di dalam ruangan yang berpenyejuk udara, lokasi foto luar ruangan berada di bagian belakang. Di sana halaman belakangnya disulap seperti pantai. Ada hamparan pasir putih dengan patung-patung burung flamingo yang berwarna pink, lengkap dengan kursi dan payung pantai. Untuk masuk ke tempat ini, pengunjung dikenakan tarif masuk Rp 35 ribu dengan kartu debit, dan Rp 45 ribu jika membayar tunai.

Sejumlah pengunjung menyusuri kawasan China Town Cibadak, di Bandung, Ahad, 19 Mei 2019. Kawasan wisata ini menjadi pilihan alternatif untuk menunggu wkatu berbuka puasa. TEMPO/Prima Mulia

Di bagian barat Kota Bandung ada tempat wisata selfie lainnya bernama Chinatown Bandung. Lokasi ini mengusung konsep unik dengan nuansa budaya Tionghoa. Salah seorang pengunjungnya adalah Neng Indah, mahasiswi IKIP Siliwangi di Cimahi yang berusia 21 tahun.

Menurut Neng Indah, banyak tempat yang pemandangannya bagus buat selfie. “Spot favorit saya yang lampion ini,” katanya. Deretan lampion berwarna merah memang memikat mata dan begitu menarik untuk berfoto di depannya.

Selain berfoto sendiri, ada layanan fotografi dari pemotret setempat. Harga per file foto dibanderol Rp 3.000. Neng Indah berencana datang lagi ke sana lain waktu. ‚ÄúSama teman, pacar, atau keluarga juga asyik,” katanya. Sebelumnya dia pernah datang ke lokasi wisata selfie di Maribaya, Lembang.

Terletak di Jalan Kelenteng Nomor 41, destinasi wisata selfie Chinatown Bandung memakai Gedung Permaba yang masuk bangunan cagar budaya. Belasan spot untuk foto selfie berada di setiap ruangan. Beberapa ruangan sengaja disekat dan sempit, namun jika difoto justru memberikan kesan luas dan menipu mata. (NDY)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.