Tips Berwisata Bahari dengan Kapal Pesiar

0
27
Kapal Pesiar (Foto: kicknews.today)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Berwisata bahari dengan kapal pesiar, memang mengasyikkan. Dengan menumpang cruise akan menyusuri lautan lepas, menikmati pemandangan sejauh mata memandang, merasakan sensasi yang berbeda wisata overland atau perjalanan darat. Juga saat kapal merapat ke pelabuhan, suasana berbeda pun sangat terasa setelah berada di lautan.

Menjelajah dengan memanfaatkan rute kapal pesiar sangat mungkin jadi salah satu alternatif menikmati wisata bahari. Perlahan, namun pasti, agenda satu ini mulai digaungkan walau belum sepenuhnya mencapai predikat tenar.

Selain menikmati pemandangan sepenjang perjalanan. juga banyak aktifitas yang bisa dilakukan seperti berjemur, berenang, duduk santai bar, menikmati hiburan, karaoke, menonton film dan banyak aktifitas lainnya.

Memang banyak hal yang harus dipersiapkan agar perjalanan liburan menjadi tidak menjengkelkan, salah satunya mengerti apa yang harus dilakukan. Berikut tips yang bisa menjadi himbauan bagi yang ingin berlibur dengan kapal pesiar, seperti dilansir laman IDNTimes, antara lain:

#. Jangan berlarian apalagi Olahraga di deck

Ini mungkin bisa jadi peringatan keras untuk orangtua yang membawa anak-anak dan anak-anak itu sendiri. Berlarian di deck selain berbahaya jika jatuh atau tergelincir tapi juga mengganggu orang lain. Di deck, orang-orang ingin berjemur dengan tenang merasakan sinar matahari masuk ke dalam tubuhnya. Jika ada yang berlarian atau olahraga lari tentu akan mengganggu ketenangan.

#. Laut bukan tempat sampah

Jauhkan sampah apapun dari laut, meskipun itu hanya bungkus permen karet. Hargai kehidupan makhluk hidup yang ada di laut. Mereka bisa mengira sampah yang dibuang adalah makanan bagi mereka. Selain itu, kapal tentunya memiliki tempat untuk membuang sampah.

#. Kapal pesiar bukan toko

Mungkin ini akan sedikit terdengar seperti perintah tapi bukan, ini adalah himbauan. Persiapkan segala sesuatu yang diperlukan, membeli sekedar topi atau kacamata, bukanlah ide yang bagus. Bukan karena kualitasnya tapi karena harganya yang tidak masuk akal mahalnya.

#. Selalu ingat jadwal yang ditetapkan

Kapal pesiar bukanlah tipe kendaraan yang akan menunggu penumpang sampai penuh. Berbeda dengan angkot, kapal pesiar akan berangkat ada dan tidak ada penumpang yang sudah membeli tiket. Alih-alih menunggu, kapal pesiar labih memilih menghemat waktunya untuk keberangkatan selanjutnya. Jika perlu menginap saja di hotel terdekat karena harga ketenangan pikiran akan sama dengan apa yang akan didapatkan .

#. Lakukan riset sebelum menentukan untuk pergi

Dalam melakukan liburan, riset adalah hal penting yang harus dilakukan. Selain ikut menentukan berapa pengeluaran yang dibutuhkan, juga penting untuk mengetahui fasilitas dari kapal pesiar. Misalnya fasilitas wifi, makanan tanpa batas atau pemandangan saat menyelam. Cari kapal pesiar yang sesuai dengan fasilitas yang dibutuhkan jadi liburan tidak akan mengecewakan. Selain itu, beda kapal pesiar beda juga pelayanan yang diberikan. Misalnya Disney Cruise Line akan memberikan pelayanan yang dibutuhkan keluarga beserta anak-anaknya untuk liburan atau Azamara Club Cruises yang lebih memberikan pengalaman liburan untuk pasangan pensiunan yang butuh ketenangan.

#. Kebutuhanmu tanggung jawabmu

Hal yang wajib ada dalam tas adalah pil anti mabuk karena tidak akan tahu kapan serangan ini akan menghampiri. Selain itu siapkan juga keperluan kewanitaan, obat-obat khusus bagi yang memiliki penyakit tertentu, alas kaki tambahan atau bahkan tabir surya. Karena sekali lagi, harga-harga barang-barang seperti itu akan mahal saat di kapal pesiar.

#. Batasi makan buffet

Buffet akan selalu menggoda untuk dimakan. Prasmanan akan selalu menjadi bagian terbaik dalam setiap perayaan. Namun, menikmati makanan harus segera dibatasi jika tidak ingin perut menjadi gila. Terlalu kenyang akan membuat perut jadi tidak nyaman, apalagi di atas laut.

#. Jangan berdiam diri di kamar

Perjalanan di atas laut dengan fasilitas menggiurkan adalah harga mahal yang harus dibayar. Berpaling dari keindahan laut adalah sebuah kesalahan besar kecuali ada serangan sakit yang parah. Mengganti perjalanan kapal pesiar dengan kamar tidur bukanlah harga yang pantas untuk diberikan.

#. Jangan Letakkan barang di kursi berjemur

Hal yang akan membuat kesal banyak orang adalah melihat barang di atas kursi jemur tanpa pemilik. Kapal pesiar tidak akan menyediakan kursi jemur terlalu banyak untuk setiap pengunjung. Salah satu jalan adalah bergantian dengan pengunjung lain. Jika ada yang meninggalkan barang dengan maksud menbooking kursi dan pergi begitu saja selama berjam-jam itu bukanlah perilaku yang baik.

#. Teliti dengan pengeluaran

Walaupun sepertinya tidak akan mengeluarkan uang lagi saat diatas kapal, mempersiapkannya adalah suatu tindakan kehati-hatian. Kebutuhan uang tidak akan ada yang tahu seperti memberi tips, minuman bar, wisata pantai, paket Wi-Fi, dan perawatan spa. Cari tahu apakah fasilitas-fasilitas ini merupakan bagian dari perjalanan kapal pesiar atau ada biaya tambahan. Jangan sampai setelah bersenang-senang liburan ternyata ada tagihan dibelakangnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.