TRANSPORTASI

Terpilih 10 Bandara Terbaik Dunia

STOCKHOLM, bisniswisata.co.id: Kawasan Benua Kuning lagi-lagi memimpin sebagai bandar udara terbaik di dunia versi Skytrax pada tahun 2018, lembaga yang meriset maskapai penerbangan yang bermarkas di London, Inggris. Skytrax World Airport Awards merupakan anugerah tahunan paling bergengsi bagi pintu gerbang (bandara) sebuah negara.

Penilaian utama ialah kepuasan penumpang dalam pelayanan bandara tersebut. Melansir dari CNN Travel, Jumat (23/3/2018), Bandara Changi di Singapura kembali mempertahankan takhtanya sebagai bandara terbaik di dunia selama enam tahun beruntun.

Fasilitas mumpuni dan pelayanan prima di bandara negara kota itu, berhasil menghalau persaingan ketat dari bandara-bandara lainnya, seperti Hamad International di Doha, Qatar, dan Bandara Internasional Hong Kong.

“Terpilih sebagai bandara terbaik dunia untuk enam tahun berturut-turut adalah pencapaian luar biasa untuk Bandara Changi. Penghargaan ini sekali lagi menunjukkan popularitas bandara dengan wisatawan internasional terbanyak,” ujar CEO Skytrax, Edward Plaisted.

Penghargaan tahunan ini diadakan di Stockholm, Swedia, berdasarkan survei jutaan penumpang bandara. Anugerah ini bahkan dijuluki sebagai Piala Oscar bagi industri penerbangan dunia.

Menurut data Skytrax, Bandara Changi melayani 60 juta penumpang dari hampir 100 negara di dunia pada tahun 2017, memiliki 5.000 jadwal kedatangan dan keberangkatan dalam sepekan, menghubungkan pelanggan ke lebih dari 200 tujuan.

Fasilitas yang ditawarkan bandara ini, termasuk dua bioskop 24 jam pemutaran film blockbuster terbaru secara gratis, kolam renang di puncak gedung, dan taman bunga matahari yang menampilkan beragam varietas bunga matahari di tempat pembibitan dekat bandara. Secara keseluruhan, Bandara Changi telah menerima sembilan gelar sebagai bandara terbaik oleh Skytrax dalam dua dekade terakhir.

Posisi kedua ditempati Bandara Internasional Incheon Seoul, Korea Selatan. Bandara ini melompat tinggi dari tahun sebelumnya, yang tidak ada di 10 teratas. Bandara Incheon menyingkirkan Bandara Internasional Tokyo alias Haneda yang terpaksa turun ke posisi ke tiga.

Adapun Bandara Internasional Hamad Doha naik ke tempat ke lima, di mana tahun 2017 lalu berada di posisi enam. Sementara Bandara Munich Jerman turun dari posisi keempat ke peringkat enam.

Di luar 10 besar, terjadi kejutan di Top 100, yaitu Bandara Fiumicino Roma, Italia yang melompat tinggi, dari peringkat 158 menjadi 85. Sedangkan Bandara Internasional Bahrain, peringkatnya jatuh secara drastis, dari peringkat 57 ke nomor 73.

Sementara itu, Bandara Vancouver di Kanada yang merupakan bandara nomor satu di Amerika Utara, harus turun satu peringkat ke urutan 14. Bandara Internasional Denver, Colorado, yang merupakan bandara terbaik di Amerika Serikat, berada di peringkat 29 dunia.

Skytrax juga memilih bandara untuk berbagai penghargaan yang lebih spesifik, dengan kategori seperti makanan, fasilitas belanja, dan bahkan kebersihan. Bandara Internasional Tokyo memenangkan pemungutan suara sebagai “bandara terbersih di dunia”. Sementara Bandara Internasional Incheon dianugerahi untuk pelayanan staf bandaranya.

Bandara Internasional Hong Kong terpilih sebagai “bandara transit terbaik di dunia” dan “bandara terbaik untuk bersantap”. Sementara itu, Bandara Nagoya Chubu Centrair Jepang mencuri gelar untuk “bandara regional terbaik di dunia.”

10 bandara terbaik di dunia tahun 2018 menurut Skytrax World Airport Awards:
1. Bandara Changi (Singapura)
2. Bandara Internasional Incheon (Seoul, Korea Selatan)
3. Bandara Internasional Tokyo (Haneda)
4. Bandara Internasional Hong Kong
5. Bandara Internasional Hamad (Doha, Qatar)

6. Bandara Munich (Jerman)
7. Chubu Centrair Nagoya (Jepang)
8. Bandara Heathrow London (Inggris)
9. Bandara Zurich (Swiss)
10. Bandara Frankfurt (Jerman) (NDY)

Endy Poerwanto