FASHION

Tenun Ikat Sumba Memikat Masyarakat Athena

ATHENA, bisniswisata.co.id: Kedutaan Besar RI (KBRI) di Athena menggelar resepsi dilomatik dengan mempersembahkan fashion show bertajuk “Culturage Heritage Show”, di wisma Duta Besar Athena Yunani pada Rabu (25/09/2019). Acara memeringati HUT ke-74 Kemerdekaan RI yang dihadiri sekitar 200 tamu undangan mendapat sambutan luar sambutan.

Saat fashion show, KBRI Athena menghadirkan 3 desainer Indonesia. Desainer Nita Seno Aji menyajikan kain tenun ikat Sumba Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan motif Njara atau kuda dan Ruha atau rusa. Agar motif-motif tersebut tampil prima, desianer asal Jakarta ini menghindari permainan cutting yang mengganggu keberadaan motif. Elemen cropped jacket dan overcoat adalah pilihan yang tepat sebagai kanvas penopang tenun Sumba.

Nita juga mentransfer motif tenun tersebut ke bentuk printed pattern pada bahan sifon transparan, lalu bahan sifon dijadikan kimono panjang dan juga overcoat yang ringan. Penampilan para peragawati yang memamerkan pakaian khas Indonesia dengan motif Sumba ini, mengundang perhatian bahkan decak kagum.

Mereka tak hanya berasal dari kalangan diplomatik dan pejabat pemerintah, namun juga pengusaha dan media Yunani. Kekaguman dapat terlihat dari kesediaan para undangan untuk tak melewatkan seluruh rangkaian fashion show, meskipun waktu jamuan makan malam telah tiba.

Selain Nita Seno Aji, juga menampilkaan pakaian hasil desainer Rudi Chandra yang membawakan motif pakaian etnik kontemporer. Juga ada rancangan Malik Moestaram dengan tema pakaian malam yang didominasi hiasan payet khas Indonesia.

Salah satu pengunjung Olga Chiotakis mengungkapkan kekagumannya. Dia terpikat dengan keberagaman kain Indonesia yang baru saja ditampilkan. Dari ketiga desainer itu, masing-masing memiliki karakter yang berbeda, bahkan tidak mirip sama sekali. Hal itu menunjukkan betapa beragamnya corak kain Indonesia.

Kegiatan resepsi diplomatik rutin dilaksanakan setiap tahunnya. KBRI Athena selalu menyelipkan agenda promosi dalam acara semacam itu, demi mengenalkan Indonesia. Promosi ini biasanya berbentuk pertunjukan tari, maupun penampilan pakaian Indonesia dalam fashion show seperti tahun ini.

“Sebagai perwakilan Indonesia di Yunani, KBRI selalu berusaha menyelipkan promosi mengenai Indonesia dalam berbagai kesempatan. Diharapkan, melalui promosi ini, masyarakat Yunani akan semakin mengenal mengenai Indonesia,” kata Ferry Adamhar, Duta Besar RI untuk Yunani dalam keterangan pers-nya, Kamis (26/09/2019). (redaksi@bisniswisata.co.id)

Endy Poerwanto