Spotify, Streaming Musik Kini Menggema di India

0
37

NEW DELHI, bisniswisata.co.id: Spotify, layanan Streaming Musik kini secara resmi menggema di India. Informasi itu dilaporkan oleh Variety yang mengutip sumber-sumber yang mengetahui rencana dari Spotify itu. Yang menarik, pengguna Spotify di India bisa memutar lagu apapun tanpa harus berlangganan premium.

Hal itu hanya berlaku di India, mengingat di Indonesia, pengguna Spotify perlu mendengarkan iklan bila belum berlangganan premium. Ada pula daftar putar untuk India, serta fitur “Dibintangi” yang berisi musik dari film-film Bollywood.

“India memiliki budaya musik yang sangat kaya dan untuk melayani pasar ini dengan baik, kami meluncurkan experience yang dibuat khusus untuk pengguna di sana. Spotify tidak hanya akan menghadirkan artis India ke dunia, kami juga akan membawa musik dunia ke penggemar di seluruh India,” ujar CEO Spotify, Daniel Ek, seperti dikutip dari TechCrunch, Kamis (28/2/2019).

Spotify mengatakan, mereka telah memiliki lebih dari 200 juta pengguna. 87 juta di antaranya adalah pelanggan berbayar dan itu tersebar di 79 pasar global perusahaan itu.

Selama 30 hari pertama peluncuran di India, layanan premium Spotify tak dikenakan biaya. Setelah itu, pengguna akan dikenakan biaya 119 rupee (sekitar US$1,67) per bulan. Ada pula paket satu hari, mingguan, bulanan, tiga bulan, enam bulan, dan tahunan. Mirip dengan layanan streaming lain di India, Spotify juga akan menawarkan produk gratis yang disokong oleh iklan.

Maret 2018, Spotify mengumumkan niatnya untuk meluncurkan layanan di India. Kemudian pada November 2018, Daniel Ek mengatakan, lisensi masih jadi kendala untuk peluncuran tersebut.

Bulan lalu, Spotify menandatangani kesepakatan konten global dengan T-Series, sebuah perusahaan film dan musik India terkemuka dengan lebih dari 160.000 lagu di platformnya. Seperti yang dicatat oleh TechCrunch, pasar India tidak akan mudah dimenangkan oleh Spotify.
Itu karena Spotify harus bersaing dengan pemain lokal, Gaana, yang sudah memiliki lebih dari 80 juta pengguna. Belum lagi dengan Saavn dan Wynk, serta pemain Amerika Utara seperti Google, Apple, dan Amazon.

Peluncuran ini terjadi sehubungan dengan pertarungan hukum Spotify dengan Warner Music Group. Awal pekan ini, WMG meminta pengadilan India untuk memblokir Spotify agar tidak dapat memutar musik dari katalognya. (NDY)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.