Sport Tourism Dorong Palembang Lebih Maju

0
160
Palembang Triathlon Februari 2019 (Foto: http://koransn.com/Repro Google)

PALEMBANG, bisniswisata.co.id: Sport tourism terus berkembang di Palembang, Sumatera Selatan. Berbagai even olahraga terus digencarkan, dan sejauh ini sudah berjalan dengan baik dan mendorong Palembang lebih maju. Salah satu buktinya, keberhasilan Asian Games 2018 di kota Palembang. Juga lima kejuaraan dunia akan digelar di kompleks Jakabaring Sport City (JSC) Palembang yang digelar sepanjang 2019.

Kejuaraan dunia itu, Palembang Triathlon Februari 2019 dan menyusul kejuaraan dayung, panjat tebing, sepak takraw, boling, voli pantai. “Sport Tourism juga akan mendorong peningkatan jumlah wisatawan khususnya wisatawan manca negara ke Kota yang terkenal dengan makanan empek-empek dan potensi destinasi wisatanya yang berbeda,” kata Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Erick Thohir di Palembang, Selasa (3/4/2019).

Dilanjutkan, potensi Sport Tourism yang memadukan antara wisata dengan kegiatan olahraga khususnya event olahraga internasional di Palembang Sumatera Selatan sangat besar. Pasalnya, ribuan atlet dari berbagai negara ikut terlibat di pesta olahraga terbesar di Asia tahun lalu.

Mantan ketua Inascog ini mengatakan, suksesnya gelaran Asian Games 2018 pastinya diikuti kunjungan jumlah wisatawan mancanegara. “Pelaksanaan ajang olahraga internasional itu membuat atlet dan juga ofisial manca negara pastinya akan terus mengingat Palembang. Dan pasti Palembang akan dikunjungi kembali untuk bernostalgia, juga menceritakan wisata Palembang sangat menarik,” lontarnya.

Pemilik Mahaka Media ini sekaligus meminta semua stakeholder olahraga untuk memanfaatkan peninggalan Asian Games 2018 dengan baik. Juga mengimbau agar venue yang dibangun untuk Asian Games untuk dijaga, dirawat dan dimanfaatkan.

“Itu sudah standart internasional, hendaknya ini dimanfaatkan entah itu untuk pengembangan cabang olahraga-olahraga atlet lokal, ataupun menggelar olahraga internasional yang pada akhirnya menjadi objek wisata olahraga,” katanya seperti dilansir Republika. co.id, Rabu (03/04/2019).

Mantan direktur Utama Inter Milan ini mengatakan, Indonesia kini telah resmi mencalonkan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2032. Salah satu penilaian agar terpilih menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 tentu dengan memperbanyak kegiatan olahraga internasional di Indonesia.

“Dalam waktu kedepan ada Moto GP tahun 2021 di Mandalika, Nusa Tenggara Barat dan FIBA World Cup 2023 di Jakarta. Palembang bisa saja dengan cabang olahraga lainnya mengajukan diri menjadi tuan rumah event internasional,” lontarnya.

Erick meyakinkan dengan pemerintahan yang berkesinambungan, tujuan dan target kedepan bisa dilaksanakan. Dia mengatakan, pemerintah saat ini sudah mendapat kepercayaan internasional.

Dia meneruskan, khusus di bidang olahraga tentu jika Jokowi diberi kesempatan lagi memimpin maka akan lebih mudah dalam mewujudkan mimpi besar menjadi tuan rumah olimpiade di Indonesia tahun 2032 nanti. Pemerintah selama ini, juga akan mendorong terus pembangunan dan perbaikan infrastruktur.

”Kita membutuhkan Infrastruktur sebagai fondasi bagi kemajuan karena tanpa infrastruktur, perpindahan manusia dan kebutuhan masyarakat akan tersendat,” kata sembari menyinggung tol Trans Sumatera rute Lampung-Palembang. (NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.