Sistem Komputer Bandara di AS Down, Ribuan Penumpang Terlantar

0
43
Traveller tertidur di Bandara

NEW YORK, bisniswisata.co.id: Sistem komputer Customs and Border Protection (CBP) di Amerika Serikat (AS) mengalami gangguan down, tidak berfungsi alias shutdown secara nasional pada hari Jumat (16/8/19) waktu setempat. Akibat gangguan itu, ribuan penumpang pesawat udara terlantar di bandara. Dan keputusan sistem komputer berjalan normal kembali.

Mengutip laporan Independent, Sabtu (17/08/2019) menyebutkan Bandara Internasional John F Kennedy (JFK) di New York dan Bandara Internasional Los Angeles mengkonfirmasi mengalami gangguan.

Sementara Time melaporkan, Bandara Internasional San Francisco, Bandara Internasional Dulles, Bandara Internasional Dallas-Fort Worth dan Bandara Internasional O’Hare juga terpengaruh gangguan tersebut.

Dampak gangguan ini, wisatawan atau pengunjung dari luar negeri yang ingin masuk ke AS menjalani pemeriksaan secara ketat bahkan diperiksa langsung oleh pejabat perbatasan.

Pemeriksaan itu, pada basis data individu yang diduga terlibat dalam terorisme atau kejahatan lainnya. Hal ini pun menyebabkan antrean mengular dan banyak penumpang mengeluhkan hal tersebut di media sosialnya.

“Petugas CBP terus memproses wisatawan internasional menggunakan prosedur alternatif hingga sistem kembali online. Wisatawan di beberapa bandara masuk mengalami waktu tunggu yang lebih lama dari biasanya dan petugas CBP bekerja untuk memproses wisatawan secepat mungkin dengan tetap menjaga tingkat keamanan tertinggi,” kata juru bicara CBP.

CBP tidak menyebutkan penyebab gangguan tersebut, tetapi mengatakan tidak ada indikasi yang menunjukkan bahwa gangguan itu berbahaya.
“Ini perspektif yang lebih baik dari antrian bea cukai di JFK,” kata Sarah Baird di akun Twitternya.

“Saya berada di jalur masuk internasional dan jalur reguler memiliki (antrian) beberapa ratus atau bahkan ribuan orang di dalamnya,” tambahnya.

Penumpang lainnya di Bandara Dulles, Washington DC, juga memposting keluhan serupa. “Singkatnya, 5.000 lebih penumpang mengantri di Dulles.” Tulisnya.

Kasus Sistem Komputer Bandara di AS Down bukan pertama kali terjadi, pada awal tahun 2018 juga pernah mengalami kasus Sistem komputer di sejumlah bandara di Amerika Serikat (AS) mengalami gangguan (down). Salah satunya di Bandara JF Kennedy di New York.

Dilansir dari nbcnews, Selasa (2/1/2018), pihak Otoritas Pelabuhan (termasuk operator bandara) menyebut sedang ada gangguan sistem komputer imigrasi pada bagian Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan. Diperingatkan kepada para turis mungkin mereka akan mengalami keterlambatan di area kedatangan internasional.

Sistem komputer ini ‘down’ pada Senin (1/1) malam sekitar pukul 19.30-21.30 waktu setempat. Pada Senin malam bandara JKF sedang sibuk-sibuknya karena begitu banyak orang baru pulang dari liburan.

Juru Bicara bagian Bea Cukai Jennifer Gabris mengatakan, setelah pukul 21.30 waktu setempat, semua bandara sudah kembali online. Gabris menegaskan gangguan tersebut tak menimbulkan efek berbahaya.

Namun, insiden ini memicu antrean panjang para penumpang di beberapa bandara. Dalam sebuah foto, tampak antrean di Bandara JKF yang mengular. Belum diketahui bandara-bandara mana saja yang mengalami gangguan sistem ini. (NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.