Serapan Rendah, UMKM Pariwisata Didorong Mengakses Dana KUR

0
81
Turis tertarik cinderamata hasil UKM Pariwisata

DENPASAR, bisniswisata.co.id: Penyerapan kredit usaha rakyat (KUR) di sektor pariwisata masih sangat rendah, baru sekitar 3% dari total dana yang disalurkan kepada 42.277 UMKM di Kota Denpasar. Karenanya pelaku usaha di sektor pariwisata didorong untuk memanfaatkan kredit dengan bunga ringan demi mengembangkan usaha lebih bagus lagi..

“Kami akan optimalkan potensi sektor pariwisata bersama pelaku industri kreatif untuk berperan lebih besar lagi dalam menggerakkan perekonomian kota ini,” papar Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar Made Erwin Suryadarma Sena seperti dilansir Bisnis.com, Sabtu (09/02/2019).

Menurut Erwin selain pelaku usaha pariwisata, pengiriman tenaga kerja ke luar negeri –yang jumlahnya kian meningkat dari tahun ke tahun– juga bisa mengakses KUR. Usaha yang bergerak di subsektor ekonomi kreatif juga masih sedikit yang memanfaatkan kredit ringan dari pemerintah ini.

Subsektor ekonomi kreatif yang dimaksud adalah periklanan; arsitektur; pasar seni dan barang antik; kerajinan; desain; fesyen; video, film dan fotografi; permainan interaktif; musik; seni pertunjukan; penerbitan dan percetakan; layanan komputer dan peranti lunak; televisi dan radio; serta riset dan pengembangan.

Saat ini penyerapan KUR oleh UMKM di Denpasar masih didominasi perdagangan kecil dan menengah serta pertanian. Sebanyak 42.277 UMKM di Kota Denpasar yang terdiri 37.503 usaha mikro dan 4.774 usaha kecil pada 2018 telah menyerap dana KUR sekitar Rp1,2 triliun.

Ia yakin dana KUR untuk UMKM tahun depan plafonnya lebih besar karena peyaluran yang baik dan tepat sasaran dengan NPL 0,54%. “Capaian ini sudah cukup baik, tetapi masih perlu ditingkatkan lagi terutama agar lebih tepat sasaran, misalnya menggarap subsektor ekonomi kreatif yang banyak digerakkan oleh anak muda,” jelasnya.

Lebih lanjut Erwin berharap KUR bisa benar-benar bermanfaat bagi pelaku UMKM dan memperkuat perekonomian untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat.

Kasi Pembinaan Pariwisata Dewi Diana mengatakan berupaya menggandeng komunitas anak muda kreatif yang memiliki usaha di berbagai bidang untuk meningkatkan kapasitas usaha. “alam waktu dekat kami akan mengumpulkan 60 komunitas untuk menyerap aspirasi sekaligus sosialisasi KUR agar para pelaku usaha ini lebih semangat menjalankan usaha,” lontarnya. (NDY)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.