Sebulan, 18.413 Suara Voting Anugerah Pariwisata Indonesia 2018

0
124
Payung Tasikmalaya masuk kategori Cinderamata

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Dalam tempo sebulan, setelah diluncurkan Anugerah Pariwisata Indonesia 2018 suara yang voting mencapai 18.413 suara. Voting ini selain sangat menggembirakan yang diharapkan grafiknya terus menarik, Juga menunjukkan Anugerah Pariwisata Indonesia 2018 sudah dikenal masyarakat sekaligus mempromisikan daerah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

“Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018 yang resmi diluncurkan mulai 5 Juni 2018, ternyata sudah mendapat sambutan dari masyarakat untuk memberikan suara atau voting kepada nominasi yang masuk API 2018 hingga berakhir 31 Oktober 2018,” papar Ketua Panitya Penyelenggara Anugerah Pesona Indonesia 2018 Hiro Kristianto kepada Bisniswisata.co.id, Sabtu (07/07/2018).

Hiro melanjutkan ajang penghargaan pariwisata yang telah menginjak tahun ketiga ini, diadakan untuk mengakomodir perkembangan dalam dunia pariwisata Indonesia. Dan tak kalah pentingnya, ajang ini memperkenalkan sekaligus mempromosikan pariwisata yang tersebar di pelosok Indonesia kepada dunia.

“Kami harapkan dengan Voting Anugerah Pariwisata Indonesia, keterlibatan masyarakat mulai mencintai kampung halamannya masing-masing dan mengajak berlomba untuk daerahnya masing-masing. Bahkan dengan adanya Anugerah Pesona Indonesia ini bisa kebangkitan pariwisata di daerah,” sambungnya.

Buktinya, lanjut Hiru, tahun pertama Anugerah Pariwisata Indonesia diselenggaran menjadi momen kebangkitan bagi pariwisata Nusa Tenggara Timur (NTT), dan tahun kedua menjadi tahun kebangkitan pariwisata Riau.

Menurutnya, sistem yang dikembangkan Anugerah Pariwisata Indonesia ini sangat komprehensif, karena melibatkan semua stakeholder. Jadi, semua pentahelix secara langsung ikut dalam proses awards ini mulai dari para ahli, pemerintah daerah hingga masyarakat setempat,

Ketua penyelenggara Anugerah Pariwisata Indonesia 2018 juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia karena selama liburan lebaran saat yang tepat untuk melakukan voting dengan mengekplorasi potensi wisata di daerah asal maupun daerah lainnya.

Sementara untuk media pemungutan suara ternyara aplikasi Anugrah Pariwisata Indonesia sudah diunduh sebanyak lebih dari 1.000 kali. “Bagi yang belum melakukan unduhan dapat melakukannya melalui Google Playstore dengan keyword API Award,” paparnya.

Ada 18 kategori yang dilombakan di Anugrah Pariwisata Indonesia 2018. Namun, kali ini ada yang berbeda dibandingkan API tahun sebelumnya, yakni dengan menambahkan tiga kategori yakni, wisata halal, wisata kreatif dan cendera mata. Juga terdapat kategori wisata olahraga dan petualangan, wisata air dan ekowisata yang merupakan modifikasi dari beberapa kartegori di tahun sebelumnya.

Selain itu, panitia penyelenggara melalukan terobosan terbaru dengan meluncurkan aplikasi Anugerah Pesona Indonesia. Dengan aplikasi ini, masyarakat bisa mendapatkan informasi lengkap tentang kegiatan ini. Mulai informasi kategori, nominasi hingga para juara di tahun sebelumnya.

Bagi yang ingin mengikuti voting, dapat dilihat juga pada situs web anugerahpesonaindonesia.com. Sedangkan, untuk pemungutan suara selain melalui aplikasi, voting juga dapat dilakukan melalui sms berbayar ke nomor 99386 dengan menggunakan keyword sesuai nominasi. Misalnya, “API (spasi) Keyword Nominasi)”. Tertarik? (end)

Daftar dan 18 kategori dalam Anugerah Pesona Indonesia yakni :

Kategori 1 : Makanan Tradisional Terpopuler
Kategori 2 : Minuman Tradisional Terpopuler
Kategori 3 : Wisata Olahraga dan Petualangan Terpopuler
Kategori 4 : Wisata Air Terpopuler
Kategori 5 : Ekowisata Terpopuler
Kategori 6 : Dataran Tinggi Terpopuler
Kategori 7 : Cendera Mata Terpopuler
Kategori 8 : Atraksi Budaya Terpopuler
Kategori 9 : Kampung Adat Terpopuler
Kategori 10 : Situs Sejarah Terpopuler
Kategori 11 : Wisata Halal Terpopuler
Kategori 12 : Festival Pariwisata Terpopuler
Kategori 13 : Promosi Pariwisata Digital Terpopuler
Kategori 14 : Wisata Kreatif Terpopuler
Kategori 15 : Wisata Belanja Terpopuler
Kategori 16 : Obyek Wisata Unik Terpopuler
Kategori 17 : Tujuan Wisata Baru Terpopuler
Kategori 18 : Surga Tersembunyi Terpopuler

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.