Sandiaga Uno & World Travel Network ( WTN) 

0
2412

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Sedikitnya 77 hari terhitung hari dilantiknya Sandiaga Salahuddin Uno menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonom Kreatif RI, dia sudah mendapat pengakuan dunia atas kerja keras dan kerja cepatnya dalam menjalankan amanah yang diberikan dari pemimpin bangsa ini.

Tidak tanggung-tanggung, yang mengakui prestasinya itu kali ini datang dari mantan Menteri Pariwisata Seychelle, Alain St.Ange,  yang memujinya karena kemampuannya mengkomunikasikan pada dunia apa saja yang dapat diberikan dari satu destinasi wisata.

Praktisi pariwisata dari Bangkok, Andrew malah minta Menparekraf ini memberikan saran-sarannya untuk pemerintah Thailand karena terkesan mendengarkan uraian Sandiaga Uno soal penanganan COVID-19 di Indonesia. Namun ditolaknya halus karena bukan pada posisi untuk menasehati negara lain.

Rupanya, saat melakukan kunjungan kerja ke Destinasi Super Prioritas ( DSP) Likupang, di Sulawesi Utara, Jumat lalu ( 5/3/2021) Sandiaga Uno melakukan webinar dengan World Travel Network ( WTN) dimana hasilnya baru ditayangkan eturbonews.com, kemarin.

Di dalam mobil antara Menado – Likupang  itulah dia melayani pertanyaan dari para peserta. Mereka  dari kalangan industri pariwisata, pers termasuk anggota  24 menteri pariwisata yang masih aktif dengan total anggota dari 125 negara. Dipandu Juergen T Steinmetz, sang moderator yang mengklaim Sandi sebagai The Most Social Tourism Minister is from Indonesia. Maka dalam sekejab nama Likupang langsung ikut dipromosikan ke dunia.

Hal yang menarik ketika memperkenalkan diri pada peserta webinar, Sandiaga mengatakan baru dilantik jadi Menparekraf dan sebelumnya dia adalah Entrepreneur by Training dimana sifat santunnya nongol seolah pengusaha biasa-biasa saja. Padahal dia tergolong pengusaha sukses yang bisa dibanggakan.

Sejak dilantik Sandiaga memang sudah menyebut ia mempunyai resep 3G sebagai cara ampuh untuk mengatasi pandemi Corona, yakni gerak cepat (gercep), gerak bersama (geber), dan gaspol atau menggarap semua potensi yang ada.

“Gercep karena kami tidak punya banyak waktu, geber itu gerak bersama, tidak bisa gerak sendiri-sendiri dan terakhir gaspol adalah menggarap semua potensi agar bisa bertahan dan membangkitkan ekonomi,” katanya

Ibarat proklamator maka  dalam waktu sesingkat-singkatnya, dia langsung gercep menjelaskan bahwa Likupang adalah salah satu Destinasi Super Prioritas ( DSP) dekat Menado sebagai ibukota provinsi Sulawesi Utara.

Juergen T Steinmetz dalam artikel yang menyertai video webinar malah menulis lebih lengkap bahwa Manado adalah ibu kota provinsi Sulawesi Utara di Indonesia.  Ini adalah kota terbesar kedua di Sulawesi setelah Makassar.  Sebagai kota terbesar di Sulawesi bagian utara, Manado merupakan tempat wisata yang penting bagi pengunjung.  

Ekowisata memang menjadi daya tarik terbesar di Manado.  Scuba diving dan snorkeling di Pulau Bunaken juga populer di kalangan wisatawan.  Tempat menarik lainnya adalah Danau Tondano, Gunung Lokon, Gunung Klabat, dan Gunung Mahawu.

Rebuilding Travel

“Jumat adalah peringatan satu tahun serial diskusi bertema  Rebuilding Travel yang dimulai oleh WTN pada 5 Maret 2020, kami berterima kasih atas paparan-paparan pak Menteri,” kata Juergen T Steinmetz.

“Saya ingin menghadiri webinar sebanyak mungkin,” kata Menteri Pariwisata Indonesia ini kepada anggota Jaringan Pariwisata Dunia              ( WTN). 

Menparekraf menjelaskan bahwa 34 juta mata pencaharian masyarakat Indonesia bergantung pada perjalanan, pariwisata, dan industri kreatif. Oleh karena itu Indonesia menganggap pekerja di industri perjalanan dan pariwisata juga mendapatkan prioritas untuk vaksin COVID-19.

Saat ini, paruh kedua dari total 34 juta vaksin yang ada di Indonesia untuk kelompok prioritas termasuk warga negara di atas 60 tahun, polisi, pegawai negeri, dan juga warga negara lainnya. Negara bertujuan untuk menginokulasi 181,5 juta orang.

Sandiaga Uno saat webinar dalam mobil dari Menado ke Likupang.

Peserta webinar bisa melihat lampu merah berkedip dan mendengar sirene polisi untuk pengawalan Menteri di latar belakang, sementara  Sandiaga Uno gaspol memanfaatkan waktu yang diberikan padanya.

Dia berbicara tentang pandangannya atas perkembangan pariwisata Indonesia, sikap optimistis untuk segera membuka pintu bagi wisatawan mancanegara terutama untuk destinasi yang sudah siap seperti Bali dan masalah pentingnya vaksinasi yang sedang berjalan.

“Saya mengandalkan anggota WTN  untuk saling membantu selama masa-masa sulit ini. ” kata Sandiaga Uno. Dia juga terdengar tertawa riang mendengar masukan dari peserta bahwa ada ubur-ubur yang tidak menggigit di Pulau Kakaban atau menemui lumba-lumba warna pink di Indonesia.

Sandiaga juga mengakui menikmati 7,7 juta pengikutnya di Instagram, YouTube, dan media sosial lainnya yang kini banyak dimanfaatkannya untuk mempromosikan pariwisata Indonesia tentunya.  

Di Indonesia, link dan artikel WTN di eturbonews yang viral di kalangan industri pariwisata membawa respon positif. Mantan Ketua Badan Promosi Pariwisata Indonesia ( BPPI), Wuryastuti Sunario mengatakan terkesan dengan gerak cepat Sandiaga Uno.

” Saya harus mengakui tindakan Menparekraf ini bagus dan cekatan. Ia sangat mengerti dunia industri dan juga mengerti birokrasi pemerintahan. Nah justru orang begini yang kita perlukan, ” kata wanita yang akrab disapa Tuti, putri prof Sunario, Menlu RI tahun 1953-1955.

Di mata Tuti, Sandiaga mampu mengkoordinasi pemerintahan dengan marketing. ” Saya sangat surprise dia ikuti webinar eturbonews , karena sangat penting Menparekraf RI  dikenal di dunia pariwisata, tidak saja di pemerintahan, tapi juga dikalangan  pimpinan swasta dunia,” jelasnya.

Rupanya dengan hampir 8 juta followers, menteri-menteri negara lain yang ikut webinar angkat topi. Dengan pengertian dan komunikasi nya yang lancar maka contact internasional terbuka baik dengan pemerintahan maupun industri. Pariwisata Indonesia bisa berharap menarik wisman lebih cepat, kata Tuti Sunario.

Praktisi perhotelan dan pariwisata di Bali, Jeffrey Wibisono berkomentar bahwa nomor satu yang disukai dari hasil webinar itu adalah pernyataan Sandiaga Uno adalah Entrepreneur by Training yang masuk kabinet pemerintahan Presiden Jokowi.

” Apa yang di praktekkan oleh Sandiaga Uno adalah cara kekinian untuk marketing dengan target branding. Baik untuk pangsa pasar domestik dan international,” kata Jeffrey Wibisono.

Marketing pastinya praktek menebar pesona. Dan branding to get “yes” from the audience. Semuanya pekerjaan jangka panjang. Menparekraf Sandiaga Uno yang sudah jalan personal brandingnya tentu saja menguntungkan bagi pariwisata Indonesia.

“Kita tinggal menunggu beberapa eksekusi untuk pariwisata. Ini multi dimensi karena berhubungan dengan SDM dan pelatihannya, kemudian kekinian, health pasport untuk traveler dan keamanan juga kenyamanan yang melibatkan beberapa departmen lagi,” tambah Jeffrey.

Dia suka sekali dengan kiprah Sandiaga Uno sebagai Menparekraf dan berharap banyak dari latar belakang sebagai pebisnis menjadi birokrat. Jeffrey Wibisono ingin melihat Sandiaga menjalankan departemennya seperti dia sukses menjalankan bisnis profesionalnya. 

“Ketepatan, kecepatan proses pembuatan keputusan in timely manner. Ada laporan profit and lost nya dan action plan sesuai approved annual budget.,” tegas Jeffrey.

Suara industri perjalanan

Mengenai WTN adalah sebuah organisasi baru untuk industri perjalanan dan pariwisata yang telah membentuk basis kuat dari para pemimpin yang dikenal di dunia termasuk 24 menteri pariwisata dan perwakilan sektor publik.

Sektor publik di bawah kepemimpinan Dr. Taleb Rifai, mantan Sekretaris Jenderal UNWTO.  Sektor swasta sudah memiliki dewan ahli yang mengesankan dan menyuarakan usaha kecil dan menengah. Ada lebih 820 Profesional pariwisata dari 127 negara dan 31 negara bagian AS.

World Tourism Network (WTN) adalah suara lama dari bisnis perjalanan dan pariwisata skala kecil dan menengah di seluruh dunia.  Dengan upaya menyatukan, WTN akan mengedepankan kebutuhan dan aspirasi usaha kecil dan menengah dan pemangku kepentingannya.

Jaringan Pariwisata Dunia ( WTN) adalah organisasi global dengan kantor pusat di Amerika Serikat.  Informasi lebih lanjut: www.wtn.travel

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.