NASIONAL NEWS

Sandiaga Uno: Nikmati Program Tidak Mudik Kita Bawa Asik

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Kemenparekraf ikut mendukung kebijakan pemerintah yang meniadakan mudik dan mendorong masyarakat menerapkan program “Tidak Mudik Kita Bawa Asik

” Program itu diciptakan dan ditetapkan sendiri oleh keluarga Indonesia. Pokoknya meski tidak mudik kita bawa asik saja. Kan pemerintah tetap izinkan obyek wisata buka selama Libur Lebaran tapi yang boleh buka yang sudah memiliki sertifikat CHSE,” kata Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno.

Berbicara dalam “Extended Weekly Press Briefing” yang diselenggarakan pada Senin petang, (3/5), Sandiaga mengatakan CHSE adalah singkatan dari Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment (Ramah lingkungan). 

Obyek wisata yang sudah memiliki sertifikasi CHSE boleh menjadi tujuan keluarga Indonesia melakukan wisata terbatas ke obyek wisata lokal termasuk staycation di hotel-hotel untuk bonding diantara anggota keluarga sekaligus refresing.

“Dengan narasi tunggal, bahwa kita patuh dan disiplin terhadap peniadaan mudik, larangan mudik. terapkan protokol kesehatan yang ketat, pakai masker, jaga jarak” ujar Sandiaga.

Untuk membangkitkan ekonomi masyarakat, Kemenparekraf bersama industri  menyiapkan destinasi – destinasi wisata yang mematuhi protokol kesehatan secara ketat dan disiplin.

Dia memastikan seluruh destinasi wisata menerapkan protokol CHSE. Memang ada beberapa lokasi wisata di Indonesia yang belum atau tidak patuh terhadap penerapan protokol kesehatan (prokes) seperti lokasi wisata di Bali yang masih abai.

“Beberapa waktu lalu memang ada destinasi ber lokasi di Bali dan saya langsung hubungi pemilik. Saya sampaikan pesan dan saya tegur bersama Pemerintah Daerah dan Satgas COVID  setempat,” ujar Sandiaga Uno.

Sebagai pengusaha yang aktif di berbagai asosiasi termasuk KADIN, Sandiaga mengaku pelaku industri pariwisata banyak dari lingkungan teman-temannya sendiri sehingga bisa saling mengingatkan.

“Saya berikan pesan tegas dan lugas, pentingnya protokol CHSE adalah menjadi tanggung jawab bersama,” tambahnya. Soal Prokes kita tidak main-main dengan hal ini. Kolaborasi dari berbagai pihak dalam memantau destinasi wisata yang tidak patuh protokol CHSE sangat penting,” 

Hal ini bukan saja melibatkan pemerintah pusat dan pemerintah daerah, melainkan adanya keterlibatan masyarakat, supaya protokol CHSE ini tetap berjalan dengan semestinya di tempat-tempat wisata.

Menjelang libur Lebaran, Menparekraf Sandiaga meminta untuk seluruh destinasi wisata mengantongi sertifikat CHSE. “Jika masih abai, kami tidak segan-segan menutup tempat wisata itu,” tandas Sandiaga Uno.

Subsidi Ongkir

Terkait program Tidak Mudik Kita Bawa Asik. Salah satu yang ramai diperbicangkan adalah terkait subsidi ongkos kirim (ongkir) untuk belanja online produk-produk lokal. Program ini mengemuka seiring kebijakan pemerintah melarang kegiatan mudik Lebaran pada 6-17 Mei 2021.

Biasanya terutama warga Jakarta yang mudik akan mengeluarkan uangnya di daerah untuk belanja berbagai kebutuhan keluarga dan membeli beragam oleh-oleh. Kini dengan larangan mudik, subsidi ongkir tentu saja membuat para pelaku UMKM di daerah menjadi gembira.

“Pemerintah akan meluncurkan program ini. Pelaksanaannya oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) yang tentunya bekerjasama dengan perusahaan pemilik platform e-commerce yang ada dalam asosiasi e-commerce Indonesia atau Idea. Detailnya akan diumumkan oleh Kemendag,” ujar Sandiaga Uno 

Menurut Sandiaga, program ini merupakan bentuk keberpihakan pemerintah di tengah kesulitan ekonomi dan pandemi. “Ini bagian inovasi, adaptasi, kolaborasi, di mana insentif ongkir tentunya sangat dibutuhkan UMKM dan masyarakat saat mereka tidak bisa hadir di kampung halamannya. Mereka ada kesempatan untuk beli produk UMKM ekonomi kreatif (ekraf) sebagai hantaran lebaran,” 

Sebelumnya, Kemendag tengah membahas mengenai wacana Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) Ramadan. Pembahasan tersebut termasuk dalam pemberian gratis subsidi ongkir.

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengatakan, rancangan tersebut ditargetkan bisa rampung segera. Harbolnas dengan menawarkan gratis ongkos kirim ini bisa dilakukan sejak H-10 sampai dengan H-6 Lebaran.

Hilda Ansariah Sabri

Hilda Ansariah Sabri, Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers. Saat ini menjabat sebagai Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat ( 2018-2023)