Sampah Plastik Ancam Wisata Bahari Kepri

0
243
Pulau Penyengat Kepri (Foto: Repro Google)

TANJUNGPINANG, bisniswisata.co.id: Limbah plastik yang sebagian besar diproduksi rumah tangga mengancam ekosistem perairan wisata bahari di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Jika tak segera ditangani serius, Kepri terancam ditinggalkan wisatawan, terutama wisatawan mancanegara yang memiliki kepedulian sangat tinggi terhadap masalah kebersihan lingkungan, termasuk sampah.

Kepulauan Riau itu sendiri menjadi gerbang wisata dunia setelah Bali, sehingga masalah kebersihan sampah, termasuk sampah plastik harus mendapat perhatian serius, jika tidak Kepri pelan-pelan ditinggalkan wisatawan. Hanya gara-gara sampah plastik yang dibiarkan mengapung di perairan Kepri

“Sampah nonorganik seperti plastik harus dikendalikan dari hulu, dengan menyiapkan infrastruktur dasar dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarang,” papar pakar limbah mikro plastik, Agung Dharmar Syakti di Tanjungpinang, seperti dilansir Antara, Ahad (17/03/2019).

Dekan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) ini, melanjutkan Infrastruktur yang disiapkan berupa tempat sampah organik dan nonorganik agar tidak bercampur. Sampah organik dapat dijadikan sebagai pupuk, namun kalau bercampur zat kimia dari baterai dan plastik contohnya, justru menjadi racun, karena itu harus dipisahkan sehingga bermanfaat.

Pengelolaan sampah plastik untuk kepentingan industri, seperti botol plastik juga perlu dikembangkan, di samping disiapkan mesin penghancur sampah nonorganik. Mesin incenerator yang menghancurkan sampah plastik memang masih menyisakan permasalahan lantaran asap yang ditimbulkan toksin. Karena itu, risiko tersebut harus dikurangi dengan menyiapkan teknologi yang lebih canggih.

“Tempat pembuangan akhir itu juga menimbulkan permasalahan, karena sampah akan menumpuk tinggi. Semestinya sampah itu dihancurkan dengan mengambil risiko terendah,” ucapnya.

Dilanjutkan, pengelolaan limbah plastik merupakan bagian penting dalam kehidupan masyarakat sampai sekarang belum dilakukan Pemprov Kepri dan pemerintah kabupaten dan kota secara maksimal. Padahal dari data Dinas Lingkungan Hidup contohnya sampah plastik di Kepri mencapai 1.550 ton/hari, sementara pemanfaatan sampah itu masih tergolong rendah.

Sampah plastik menyebabkan terganggunya estetika di kawasan pesisir, menyebabkan ekosistem laut mati, dan memberi dampak negatif pada kesehatan masyarakat jika mengonsumsi siput yang mengandung mikro plastik.

“Dibutuhkan perda untuk mengatur pengelolaan sampah plastik karena Kepri merupakan wilayah kepulauan dengan 96 persen perairan. Sampah-sampah plastik sampai hari ini masih ditemukan di bibir pantai, dekat perumahan pelantar warga sehingga perlu dikendalikan. UMRAH siap membantu membuat naskah akademis jika dibutuhkan pemerintah. Selama ini, UMRAH sudah menyinggung penanganan permasalahan sampah nonorganik tersebut dalam berbagai pertemuan, namun belum ditindaklanjuti perlu,” jelasnya.

Menurut dia, melarang warga menggunakan plastik merupakan kebijakan yang kurang bijak, sebab plastik termasuk ramah lingkungan. Sampah plastik termasuk ramah lingkungan lantaran dapat dikelola menjadi produk yang bermanfaat, contohnya botol plastik.

Kepri memang terkenal dengan wisata bahari, karena dikeliling wilayah kepulauan sehingga menjadi daya tarik wisatawan untuk datang. Tercatat ada beberapa destinasi wisata bahari di Kepri yang kerap didatangi wisatawan nusantara maupun mancanegara. Sayang meang destinasi wisata bahari ini ditinggal wisatawan hanya gara-gara sampah. Destinasi di Kepri itu:

#. Pulau Bintan

Pulau Bintan adalah Tempat Wisata pulau yang terbesar digugusan Kepulauan Riau yang baru saja diresmikan dalam otonomi daerah sebagai provinsi pada tahun 2004, dengan Tanjung Pinang sebagai Ibu Kota provinsinya. Pulau Bintan ini terletak sekitar 50 mil sebelah selatan Singapore. Kegiatan ekonomi utama Pulau Bintan, selain penambangan dan perdagangan antar pulau, tourism mungkin merupakan kontribusi yang terbesar bagi pendapatan daerah. Bagian utara Pulau Bintan, yang dikenal dengan Lagoi, disediakan untuk para turis dalam maupun luar negri, khususnya bagi turis-turis Malaysia dan Singapore. Daerah Lagoi ini ditata sangat baik dengan tingkat keamanan yang maksimal, untuk memastikan keamanan bagi para turis. Penataan Lagoi ini seperti Nusa Dua di-Bali, dengan beberapa hotel berbintang 5, lapangan golf dan SPA. Informasi lengkap tentang Pulau Bintan dan video YouTube dapat dilihat di link ini.

#. Pulau Penyengat

Pulau Penyengat adalah sebuah pulau kecil yang berjarak kurang lebih 2 km dari Kota Tanjungpinang. Pulau ini merupakan salah satu obyek wisata di Kepulauan Riau yang banyak dikunjungi wisatawan. Di pulau ini terdapat banyak peninggalan bersejarah dari Kerajaan Riau. Mulai dari makam-makam para raja hingga bangunan Masjid Raya Sultan Riau yang terbuat dari putih telur. Ada juga makam pahlawan nasional dan bangunan benteng pertahanan.

#. Pulau Beralas Pasir

Pulau Beralas Pasir atau biasa disebut white sands island di Teluk Bakau, Bintan merupakan salah satu obyek wisata favorite wisatawan. Hamparan pasir putih di sepanjang pantai membuat white sands island ini begitu cantik dan menyejukkan mata. Tidak hanya bermain di pantai, wisatawan juga bisa melakukan snorkling, naik kayak dan berkemah. Ada juga lapangan volly, area memancing dan gazebo untuk beristirahat.

#. Pantai Nongsa

Di Batam ada satu pantai bernama Pantai Nongsa. Kawasan Tempat Wisata pantai ini terletak di Kelurahan Sambau, Kecamatan Batam Timur, Kota Batam, Kepulauan Riau, Indonesia. Konon, kampung nongsa merupakan pemukiman penduduk paling awal yang wujud di Batam. Nama nongsa sendiri diambil dari kata Nong Isa, nama penguasa pertama Batam yang bertahta di nongsa sekitar awal abad ke-18. Pantai ini masih sangat tradisional dan masih sepi, ingin menikmati suasana yang alami maka datanglah ke Pantai ini. Menariknya, Pantai Nongsa ini sangat dekat dengan pesisir pantai Singapura bagian selatan, bahkan saking dekatnya hanya perlu waktu setengah jam menggunakan perahu motor untuk pergi ke pantai selatan Singapura. Pada malam hari sebuah View indah dari Negara Singapura menambah eksotika Pantai Nongsa ini. Informasi lengkap tentang Pantai Nongsa dan video YouTube dapat dilihat di link ini.

#. Pantai Lagoi

Siapapun yang datang ke Pantai Lagoi akan berdecak kagum melihat keindahan Pantai Lagoi. Inilah pantai andalan yang menjadi tempat wisata di Kepulauan Riau yang cukup favorit. Pantainya yang sangat bersih, pasir putihnya yang luas serta gradasi warna air laut yang biru semakin membuat betah wisatawan. Pantai Lagoi ini juga bisa dibilang sebagai pantai yang mewah, karena di pantai ini banyak berjajar resort-resort yang cukup mewah. Lokasi Pantai Lagoi berada di Kecamatan Bintan Utara.

#. Pantai Lancang Kuning

Hampir sama dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Kabupaten Bintan. Pasir pantainya yang putih dan birunya air laut, serta berderet pepohon kelapa dan juga cemara. Tapi ada yang menarik di Pantai Lancang Kuning, yakni ada pulau kecil tepat di depan pantai yang hanya berjarak beberapa ratus meter saja. Di pulau kecil itu bisa menjadi spot memancing atau hanya menikmati panorama pantai dari lokasi yang berbeda. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini tidak ada wahana air, dan fasilitiasnya juga belum lengkap, jadi kamu harus membawa perbekalan yang cukup untuk mengunjungi pantai Lancang Kuning.

#. Pantai Loola
Pantai ini memang dikelola oleh Loola Resort, jadi kebersihan pantai benar-benar terjaga. Selain didukung panorama pantainya yang sudah cantik ditambah lagi adanya resort-resort apung semakin terlihat eksotis. Di tempat wisata di Kepulauan Riau ini ada wahana permaianan air seperti kayak yang akan memanjakan wisatawan berkeliling di pulau-pulau kecil tepat depan pantai. Namaun wisatawan tidak bisa menelusuri Pantai Loola, karena memang merupakan pantai pribadi yang dikelola oleh Loola Resort.

#. Pantai Nirwana Gardens

Pantai yang lokasinya tepat dengan Nirwana Resort ini memang sangat bersih dan didukung pasir pantainya yang bersih semakin terlihat sempurna. Di areal Pantai Nirwa Gardens ini banyak sekali wisatawan asing yang mengunjungi pantai, karena memang merupakan kelolaan dari Nirwana Resort. Perpaduan pasir putih dengan birunya laut dan juga ornamen bebatuan di pinggir pantai semakin membuat tempat wisata di Kepulauan Riau ini mengundang banyak wisatawan asing untuk berdatangan.

#. Pantai Sakera

Salah satu tempat wisata di Riau tepatnya di Bintan yang memiliki fasilitas cukup lengkap adalah Pantai Sakera. Lokasi tepatnya berada di Tanjung Uban. Tidak hanya cukup berenang atau berendam atau menikmati bermain pasir putih saja. Wisatawan akan dimanjakan dengan berbagai wahana air dan juga panorama yang sangat indah. salah satunya yang paling din anti wisatawan di Pantai Sakera adalah panorama sunset yang begitu eksotis.

#. Mega Wisata Ocarina
Kalau Jakarta punya Ancol yang menawarkan begitu banyak hiburan menarik, maka di Pulau Sumatera ada Batam yang memiliki Mega Wisata Ocarina. Tempat Wisata ini sangat lengkap karena Anda bisa menjajal berbagai macam wahana yang cocok untuk anak-anak hingga orang dewasa. Lokasi Mega Wisata Ocarina sangatlah strategis karena terletak di Perumahan Mewah Coastarina, Pasir Putih, Batam, Kepulauan Riau dan dikelilingi oleh lautan. Wahana permainan yang diresmikan pada Januari 2011 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini memiliki luas sekitar 40 hektar. Walau saat ini baru dikerjakan sekitar 25 hektar, Mega Wisata Ocarina Batam digadang-gadang sebagai pesaing Ancol di Jakarta sehingga bisa menampung pengunjung lebih banyak lagi untuk liburan di sini. Informasi lengkap tentang Mega Wisata Ocarina dan video YouTube dapat dilihat di link ini. (NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.