Rute Legendaris Cinque Terre Dibuka Lagi bagi Turis

0
32
Cinque Terre Italia

ROMA, bisniswisata.co.id: Kawasan Cinque Terre selalu menjadi magnet kedatangan turis ke Italia. Pemukiman berwarna-warni di tebing yang berbatasan dengan laut berair jernih menjadi pemandangan utama di sini. Belum lagi wisata kuliner dan wine-nya.

Dikutip dari Lonely Planet, Selasa (22/10), rute legendaris menuju Cinque Terre bakal kembali dibuka. Dinamakan Jalan Cinta (Path of Love), rute ini memanjang dua kilometer dari Riomaggiore ke Manarola.

Saat melalui rute ini, turis bakal melihat pemandangan kawasan Cinque Terre yang terakhir kali dilihat pada tahun 2012 sebelum penutupan. Rute ini ditutup pada tahun tersebut karena bencana tebing longsor. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut.

Rute Path of Love bakal kembali dibuka pada tahun 2023 setelah perbaikan jalan dan penempatan tanda keselamatan selesai dilakukan. Dana dari perbaikan tersebut berasal dari Kementerian Budaya dan Kementerian Lingkungan Hidup Italia. Perbaikan diharapkan membuat rute semakin nyaman dan aman dilalui.

Rute Path of Love pertama kali dibuka pada tahun 1920. Jika melihat foto-foto jadul kawasan Cinque Terre, kemungkinan besar pemandangan tersebut diambil dari sisi jalan rute ini.

Selain menjaga kebersihan dan menggunakan tabir surya dengan kandungan aman bagi terumbu karang, salah satu tips lain saat berkunjung ke Cinque Terre ialah waspada dengan kendaraan bermotor yang melintas. Kawasan ini memiliki medan jalan meliuk dan curam, sehingga terkadang kendaraan bermotor melaju dengan kecepatan tinggi.

Jadi saat berjalan kaki atau sebelum menyeberang jalan, ada baiknya tengok kanan dan kiri dulu. Gunakan juga alas kaki yang nyaman saat berada di sini, karena jarang ada taksi atau bus yang melintas sehingga turis wajib jalan kaki ke sana ke mari jika tak menyewa mobil atau motor. (ndy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.