Ramadhan, Shoping & Travel Jadi Topik Populer di Instagram

0
50
Instagram

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Sepanjang Ramadhan, topik hangat mengenai belanja atau shoping online dan jalan-jalan (travel) menjadi sangat populer serta mengalami kenaikan yang sangat siginifikan di media sosial Instagram. Hal itu berdasarkan temuan data yang dilakukan internal Instagram Indonesia.

“Dalam satu hari, untuk teman-teman yang punya toko online atau mencari inspirasi untuk travel, yang menarik insight khusus online shopping dan travel naiknya dari jam 12.00 WIB hingga 18.00 WIB,” papar Client Partner Facebook & Instagram Aldo Rambi kepada awak media di Ruang Komunal Facebook, Jakarta, Selasa (14/5) malam.

Namun. lanjut dia, akan turun semuanya bersamaan menjelang malam. “Artinya bisa menjadi pertimbangan untuk teman-teman online shopping atau travel konten-konten itu bisa di-posting lebih awal yakni di pagi hari,” sambungnya.

Faktor lain yang membuat topik belanja online khususnya menjadi topik populer di Instagram ialah tagar #tokoparselmurah dan #sepatumuslimahsporty masuk jajaran lima tagar terpopuler di Instagram pada periode 6 Mei hingga 13 Mei 2019.

Menyoal lima tagar terpopuler, Instagram Indonesia melakukan penelitian secara internal terkait tren Ramadan 2019 ini. Selain tagar #tokoparselmurah dan #sepatumuslimahsporty, terdapat tiga tagar populer lain seperti #selamatberpuasa, #happyfasting, dan #semangatpuasa.

Selain online shopping dan travel, Aldo dan tim mencatat topik populer lainnya terkait dengan keluarga, teman, serta makanan. Topik ini bahkan sudah meningkat bahkan dua minggu sebelum bulan Ramadan.

“Kita lihat insightnya tidak hanya di bulan Ramadan saja tapi bahkan dua minggu sebelum sudah mulai. Jadi orang-orang sibuk sudah merencanakan misal acara apa saja dengan keluarga, mungkin juga mau rencana mudik,” jelasnya.

Sementara topik terkait makanan meningkat ketika menjelang berbuka puasa yakni dimulai pukul 17.00 WIB. Instagram juga membagikan kabar bahwa dalam menyambut bulan Ramadan dan Idul Fitri, pihaknya telah meluncurkan dua fitur terbaru untuk Stories yaitu Face Filter Lantern dan stiker GIF Ramadan.

Khusus di Indonesia, Instagram berkolaborasi dengan lima kreator Indonesia untuk menciptakan stiker GIF berisi pesan singkat yang kerap dibagikan pada momen Ramadan seperti sahur, ngabuburit, berbuka puasa, ucapan Selamat Lebaran dan Mohon Maaf Lahir dan Batin. (NDY)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.