Rahasia William Wongso Tetap Energik

0
68
William Wongso (Foto: ytimg.com)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Di usianya bakal menginjak angka 72 tahun, pakar kuliner William Wirjaatmadja Wongso atau lebih dikenal William Wongso masih segar bugar, energik, dan cerdas. Apa sebenarnya rahasia di balik jiwa mudanya yang begitu awet hingga saat ini?

Om Wil, begitu biasa dipanggil, menceritakan dua rahasia dirinya bisa tetap sehat hingga saat ini. Pertama adalah makan tidak berlebihan. Kendati seorang pengelana rasa makanan, tidak kalap ketika menyantap hidangan yang ditemuinya di sejumlah daerah.

“Rahasianya [awet muda], ya icip-icip saja kalau makan. Saya ini enggak ada pantangannya kalau makan,” tutur lelaki kelahiran Malang Jawa Timur, 12 April 1947 seperti dilansir laman Bisnis.com, Kamis (10/1/2019).

Kegiatan blusukan menikmati ragam kuliner sebenarnya mendorongnya untuk makan yang banyak, namun Om Wil mengakui tidak rakus dalam melahap makanan. Bahkan tidak pernah menambah porsi makanan. Justru sekedar icip-icip menjadi trik jitu baginya untuk bisa menjaga pola makan. “Kedua, aktif keliling,” ungkap bapak dua anak Olivia Wongso dan Tia Wongso.

Diakui, dirinya telah khatam mengelilingi Indonesia, bahkan hampir seluruh negara di dunia. Berkeliling ke berbagai negara untuk culinary tour menjadi aktivitas yang membuatnya aktif bergerak dan lebih dinamis. “Karena itu, saya terbiasa untuk bergerak sehingga menjadi lebih sehat,” ucap peraih penghargaan BNSP Competency Award 2008 dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi.

Ahli kuliner yang menguasai seni masakan Eropa dan Asia, semula bercita-cita menapaki karier di bidang film dan fotografi seperti ayahnya, Soewadi Wongso (Wong See Hwa), namun keahlian sang ayah dalam memasak menumbuhkan minatnya untuk mencintai dunia kuliner.

Keahliannya dalam memasak tidak diperoleh melalui pendidikan formal melainkan dari berguru langsung dengan pemilik warung di pinggir jalan hingga penyaji makanan berkelas di restoran atau hotel berbintang. Ia sering melakukan kunjungan ke tempat asal masakan dan langsung berinteraksi dengan ahlinya. (EP)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.