Punthuk Setumbu, Spot Indah Saksikan Keindahan Borobudur

0
94
Candi Borobudur dilihat dari ketinggian di Bukit Punthuk Setumbu (Foto: Republika.co.id)

MAGELANG, bisniswisata.co.id: Ngomongin keindahan, kemegahan destinasi wisata sejarah, Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah nggak ada habisnya. Tak bisa dipungkiri, Candi berbentuk stupa ini didirikan para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra ini, menyimpan sejuta sisi keindahan dari berbagai spot.

Di pagi hari, kabut menyelimuti candi Budha terbesar di dunia dan perlahan-lahan memudar seiring terbitnya matahari. Saat itulah, salah satu monumen Buddha terbesar di dunia ini seolah muncul dari dalam kabut yang menyelimutinya. Bias cahaya matahari pagi menyinari candi Borobudur yang masih berselimut kabut tipis, menyuguhkan pemandangan eksotis dan terasa mistis.

Selain itu menyaksikan Candi Borobudur tidak hanya dari dekat, atau mendekati candi namun ada spot lain melihat Borobudur dari kejahuan. Tepatnya di Bukit Punthuk Setumbu. Inilah salah satu spot terbaik untuk menyaksikan bukan hanya keindahan Candi Borobudur di pagi hari yang terkurung lautan kabut, namun juga bisa menikmati sunrise dengan latar Gunung Merapi dan Merbabu.

Eksotisme pemandangan mentari yang terbit di pagi hari selalu menjadi magnet, yang memukau bagi para wisatawan, para pecinta fotografi juga para petulang di alam bebas. Karena itu tak heran jika tempat-tempat wisata yang menyajikan pemandangan sunrise selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Bukit setinggi kurang lebih 400 meter dpl yang terletak di gugusan Pegunungan Menoreh. Dulunya tempat ini merupakan ladang penduduk, sebelum seorang fotografer berhasil mengabadikan peristiwa matahari terbit dari tempat tersebut dan menghasilkan foto yang epik. Punthuk Setumbu merupakan sebuah bukit yang terletak di jajaran perbukitan Menoreh.

Bukit ini hanya berjarak sekitar 4 kilometer di sebelah barat Candi Borobudur. Selain pemandangan matahari terbit dan Borobudur yang spektakuler, ada 4 hal yang bikin Punthuk Setumbu jadi primadona pelancong dan fotografer.

Perjalanan menuju Punthuk Setumbu sangatlah mudah dan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi atau pun angkutan umum. Dari tempat parkir sampai dengan puncak bukit, kita hanya perlu berjalan kaki selama kurang lebih 15 menit. Bagi pengunjung yang enggan untuk berjalan kaki, saat ini sudah tersedia jasa ojek yang siap mengantarkan sampai ke puncak bukit.

Waktu terbaik untuk mengunjungi bukit Punthuk adalah pagi hari sebelum pukul 05.00 WIB. Kalau takut kesiangan, di sekitar area parkir tersedia banyak penginapan di rumah-rumah warga yang dapat disewa. Punthuk Setumbu jadi incaran turis dan fotografer, karena menyuguhkan pemandangan sunrise atau matahari terbit di sekeliling Candi Borobudur yang spektakuler dari ketinggian.

Saat cuaca cerah, Gunung Merapi dan Gunung Merbabu akan terlihat jelas dari Punthuk Setumbu. Fajar menyingsing tepat di antara gunung Merapi dan Gunung Merbabu menjadi sebuah fenomena alam yang sangat indah dan luar biasa. Cahaya kuning keemasan perlahan akan muncul tepat di tengah-tengah “titik pertemuan” antara gunung Merapi dengan Gunung Merbabu.

Saat terbaik untuk menikmati matahari terbit dari Punthuk Setumbu adalah pada bulan-bulan Juni hingga September, atau pada saat musim kemarau. Pada bulan-bulan tersebut, cuaca akan lebih cerah dan jalur menuju puncak bukit tidak becek serta licin. Gunakan alas kaki yang nyaman dan siapkan baju hangat karena udara pagi yang cukup dingin saat hendak menikmati pesona matahari terbit dari puncak bukit Punthuk Setumbu.

Kini, Punthuk Setumbu sebagai destinasi wisata yang kerap dikunjungi wisatawan. Bukit Punthuk Setumbu berada di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang. Dari Yogyakarta dapat ditempuh sekitar 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Wisatawan yang ingin menikmati keindahan sunrise dari Bukit Punthuk Setumbu wajib membayar retribusi sebesar Rp 15.000 / orang.

Untuk mencapai bukit ini bukanlah perkara yang sulit sebab sudah terdapat petunjuk arah menuju lokasi. Dari depan Taman Wisata Candi Borobudur silahkan melaju menuju Hotel Manohara, kemudian lurus terus ke arah perbukitan Menoreh. Tak jauh dari situ ada pertigaan dan petunjuk arah bertuliskan Borobudur Nirvana Sunrise. Silahkan belok kanan mengikuti petunjuk arah hingga sampai di tempat parkir Bukit Punthuk Setumbu.

Jadi mau mencoba sensasi menyaksikan keindahan Borobudur, Punthuk Setumbu jawaban yang tepat. (ndy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.