Persaingan Anugerah Pesona Indonesia 2019 makin Ketat

0
74
Anugerah Pesona Indonesia (API)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Memasuki bulan kedua periode voting, persaingan antara para nominasi untuk menjadi yang terbaik di ajang Anugerah Pesona Indonesia 2019 (API 2019), semakin terasa dan semakin ketat. Banyak terjadi kejutan pada setiap kategori dengan sangat drastis nya perubahan posisi urutan masing-masing nominasi.

“Hal ini menunjukan bahwa setiap daerah yang memiliki nominasi di API 2019 sudah mulai menjalankan strategi masing-masing dalam upaya pemenangan nominasi dari daerah nya. Bila melihat antusiasme dari para nominator, sebetulnya apa manfaat yang diterima Pemerintah Daerah dari ajang Anugerah Pesona Indonesia,” papar CEO AyoJalanJalan.com, Muhammad Syafaat kepada Bisniswisata.co.id di Jakarta, Sabtu (03/08/2019).

Dilanjutkan, mendapatkan suatu penghargaan dalam ajang seperti API ini, akan sangat bermanfaat untuk pengembangan pariwisata. Penghargaan tersebut merupakan acuan kalibrasi bahwa program kerja yang dilakukan sudah on the right track.

Kemudian dengan mendapatkan penghargaan tersebut juga menunjukan kredibiltas dari penerima penghargaan. Dan terakhir, penghargaan itu sendiri akan memberikan kepercayaan diri bagi penerima penghargaan. “Juga penghargaan itu sendiri merupakan predikat pengakuan seberapa baik atau bisa dikatakan sebagai standar kualitas yang telah dicapai penerima penghargaan,” lontarnya.

Dari sudut pandang penyelenggaraan pemerintahan, menjadi pemenang pada ajang API juga bisa menjadi ukuran seberapa baik kinerja Pemerintah Daerah dalam mengembangkan dan mempromosikan potensi pariwisata yang dimilikinya. Dan yang terpenting, menerima penghargaan di ajang API bisa menjadi gambaran seberapa besar kepercayaan dan dukungan masyarakat yang diberikan kepada jajaran pemerintahan daerah, tambah Syafaat.

Rangkaian kegiatan API 2019, Panitya Penyelenggara juga menyelenggarakan kegiatan API Travel Mart 2019 (sebagai ajang pertemuan B2B antara para pelaku pariwisata) dan API Travel Expo 2019 (sebagai kegiatan yang memberi kesempatan kepada Pemerintah Daerah dan juga para pelaku pariwisata dalam mempromosikan produk wisata-nya langsung kepada masyarakat).

Ketua Panitya Pelaksana Anugerah Pesona Indonesia 2019 Hiro Kristianto menambahkan sampai Agustus 2019, total jumlah votes yg sudah masuk sebanyak 75.944 vote dan Video nominasi API sudah dilihat sebanyak 19.529 kali. Dan vote yg masuk dari video nominasi API sebanyak 4.569 dimana sekitar 5% berasal dari manca negara yaitu Singapura, India, Malaysia, Vietnam, Mesir

Tahun ini, lanjut Hiro, Panitya Penyelenggara API 2019 menggunakan 3 saluran voting (pemungutan suara) yaitu pertama via SMS ke nomor 99386 (semua operator) dengan menggunakan keyword sesuai nominasi. Kedua mengunakan Aplikasi Android; Praja TV dan API Award; Ketiga pakai Video Pariwisata (youtube channel APIaward)

“Semua saluran voting tersebut disediakan sebagai upaya untuk memberi kemudahan kepada masyarakat dalam memberikan dukungan kepada destinasi kebanggaannya. Selain itu, penggunaan Video Pariwisata sebagai sarana voting ditujukan untuk memperluas jangkauan dalam mempromosikan destinasi pariwisata yang menjadi nominasi bahkan hingga ke seluruh dunia.

“Cukup dengan membagikan tautan video tersebut melalui aplikasi pengirim pesan (WA, dll) maka video sudah dapat dibuka dan dilihat oleh penerima pesan. Pada kesempatan ini pula disampaikan bahwa sebagai rangkaian kegiatan API 2019.” sambung Hiro.

Tercatat ada 18 kategori yang dilombakan di API 2019. Jumlah kategori tak ada perubahan seperti tahun 2018. Daftar dan 18 kategori dalam Anugerah Pesona Indonesia yakni : Kategori 1 : Makanan Tradisional Terpopuler, Kategori 2 : Minuman Tradisional Terpopuler, Kategori 3 : Wisata Olahraga dan Petualangan Terpopuler, Kategori 4 : Wisata Air Terpopuler, Kategori 5 : Ekowisata Terpopuler

Kategori 6 : Dataran Tinggi Terpopuler, Kategori 7 : Cendera Mata Terpopuler, Kategori 8 : Atraksi Budaya Terpopuler, Kategori 9 : Kampung Adat Terpopuler, Kategori 10 : Situs Sejarah Terpopuler, Kategori 11 : Wisata Halal Terpopuler, Kategori 12 : Festival Pariwisata Terpopuler, Kategori 13 : Promosi Pariwisata Digital Terpopuler.

Kategori 14 : Wisata Kreatif Terpopuler, Kategori 15 : Wisata Belanja Terpopuler, Kategori 16 : Obyek Wisata Unik Terpopuler, Kategori 17 : Tujuan Wisata Baru Terpopuler, Kategori 18 : Surga Tersembunyi Terpopuler. (ENDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.