DAERAH NEWS

Peringatan "Hadeging Nagari" Ngayogyakarta Hadiningrat ke-275

YOGYAKARTA, bisniswisata.co.id:  Keraton Yogyakarta menggelar peringatan berdirinya Kesultanan Yogyakarta yang biasa disebut dengan istilah Pengetan Hadeging Nagan Ngayogyakarta Hadiningrat ke-275 pada tanggal 2 & 3 Januari 2022.

Kegiatan yang berlangsung tepat setelah pergantian tahun ini diselenggarakan berdasarkan penanggalan Kalender Sultan Agungan yang jatuh setiap tanggal 29 Jumadil Awal Berdasarkan asal-usulnya.

Tepat sebulan setelah penandatanganan Perjanjian Giyanti Pangeran Mangkubumi sebagai pendiri Kesultanan Yogyakarta memproklamasikan berdirinya kerajaan baru pada tanggal 13 Maret 1755 atau 29 Jumadil Awal 1680

Sebelumnya, sepanjang Bulan Desember 2021 telah digelar berbagai rangkaian kegiatan untuk memperingati agenda Hadeging Nagari Diantaranya adalah Sholswatan Jawa, Sema’an Al-Quran, dan Mujahadah di Masjid Pathok Negara Ploso Kuning, Mangi, Babadan, dan Dongkelan.

Berbagai lomba juga digelar olah Kawedanan Pengulon, unit di Keraton Yogyakarta yang menangani urusan keagamaan Mengingat situasi pandemi berbagai perlombaan seperti tabuh bedhug, adzan, dan rodat digelar secara daring atau online.

Menuju puncak peringatan acara, Abdi Dalem Keraton Yogyakarta menggelar ziarah ke makam Sri Sultan Hamengku Buwono dan pemimpin keraton berikutnya di Pajimatan Imogiri pada Hari Ahad pagi (2/1) Malam harinya digelar Mujahadah di Masjid Gedhe Karaton Yogyakarta selepas sholat isya. Rangkaian acaranya terdiri atas pembacaan shalawat untuk Nabi Muhammad SAW, Manaqib (Jawahirul Ma’ani) oleh Abdi Dalem Kanca Kaj, serta Dzikrul Ghofan oleh KH. Misbachul Munir.

Agenda hari kedua adalah Semalan Al-Quran dan juz 1- 30 yang dlantunkan sejak pukul 05.00 WIB hingga malam dan menjelang puncak acara peringatan Hadeging Nagari di Kagungan Dalem Mesjid Gedhe Yogyakarta KRT Jayaningrat selaku Penghageng Kawedanan Penguion menyampaikan bahwa, dikarenakan situasi pandemi Sabda Tama Ngarsa Dalem dan tausiyah pada puncak peringatan acara Hadeging Nagan  disiarkan secara langsung melalui Kanal Youtube Kraton Jogja pada Hari Senin malam (3/1) mulai pukul 20.30 WIB.

Walaupun demikian, harapannya masyarakat tetap dapat mengikut acara dan mendoakan akan keluhuran Keraton Yogyakarta dari tempat masing-masing.

 

Satrio Purnomo