Penghargaan Panasonic Gobel Awards 2019 Akan Diberikan Pada Dua Tokoh Pertelevisisn RI

0
69

Ilham Bintang ( ketiga kiri) bersama anggota Dewan Juri lainnya di TVRI.

JAKARTA, bisniswisata.co.id:  Panasonic Gobel Awards 2019 akan menganugerahkan penghargaan kepada mendiang dua Tokoh Pertelevisian Indonesia, Ali Shahab dan Arswendo Atmowiloto, kata Ilham Bintang, salah seorang Dewan juri penghargaan bergengsi itu, hari ini.

Penghargaan untuk dua tokoh kampiun televisi itu ditetapkan dalam rapat  terakhir Team Core/Dewan Juri Panasonic Gobel Awards 2019 Jumat (29/11) siang di lantai 3 Gedung TVRI, Senayan, Jakarta. 

Selain Ilham Bintang, hadir juri lainnya yaitu Helmy Yahya, Dirut TVRI, Maman Suherman, Darius Sinatrya, Indra Yudhistra, Wendy Sofyan, dan Viya Asrawireja.

Penghargaan akan disampaikan  pada acara Awarding PGA 2019, Jumat, 6 Desember 2019 malam, di Opus Grand Ballroom The Tribata, Jalan Dharmawangsa, Jakarta Selatan. Acara itu akan disiarkan secara langsung oleh Stasiun Televisi Indosiar. 

Almarhum Ali Shahab mendapatkan Anugerah “Legend Award” atas kepeloporannya di dunia sinetron. Sedangkan mendiang  Arswendo Atmowiloto dianugerahi Life Achievement atas jasa-jasanya berkarya hingga akhir hayat. 

Dua tokoh itu  pada masanya merupakan insan televisi paling produktif. Karya-karyanya menginspirasi masyarakat. Ratusan karya multiflatform: novel, naskah drama, skenario film, sinetron serta karya penyutradaraan film dan sinetron. Keduanya sama-sama pula memiliki rumah produksi yang menjadi pusat kreatifitas mereka.

Ali Shahab terkenal dengan serial televisinya “Rumah Masa Depan” (TVRI), sedangkan Arswendo Atmowiloto dengan serial “Keluarga Cemara” (TVRI). Ali Shahab wafat 25 Desember 2018 dalam usia 77 tahun. Sedsngkan Arswendo Atmowiloto meninggal dunia 20 Juli 2019.

Menurut Ilham Bintang, PGA tahun ini akan memberi penghargaan kepada program televisi, insan televisi, dan konten digital yang terfavorit. Terdiri atas 12 kategori program, 8 kategori individu, 4 kategori kreator konten digital.  Ditambah penghargaan Life Achievement Award dan Legend Award.

Nominasi atas seluruh penghargaan telah diumumkan Oktober lalu. Dilanjutkan dengan pemilihan terfavorit berdasarkan suara terbanyak dari hasil dari jejak pendapat pemirsa televisi melalui survei yang dikelola oleh Roy Morgan Research. Survey melibatkan 1.700 orang di 23 kota besar, 21 kota kecil di 17 propinsi Indonesia, termasuk Mataram Ambon dan Jayapura. 

Hasil jajak pendapat yang menentukan Terfavorit telah disahkan juga oleh Team Core/Dewan Juri dalam rapat. Tahun ini platform digital memang untuk pertama kalinya dikompetisikan di PGA. Ini menyesuaikan perkembangan zaman dan teknologi. 

Khusus untuk content digital itu dipergunakan aplikasi Blibli.com dan Vidio.com. Masyarakat seluruh Indonesia menentukan pilihan terfavorit dengan mengakses aplikasi Blibli.com dan Vidio.com. Akses itu dibuka sejak 18 Oktober hingga 15 November lalu.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.