NTT Apresiasi Pidato Presiden Pacu Pariwisata Labuan Bajo

0
33
Presiden Jokowi turun ke lapangan meninjau objek Wisata Gua Batu Cermin di Labuan Bajo. (Foto: Setkab.go.id)

KUPANG, bisniswisata.co.id: Pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) dihadapan anggota DPR-DPD RI dengan menyebut empat kebijakan destinasi lintas sektor 2020, diantaranya Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo, dan Mandalika mendapatkan tanggapan positif dari Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Pemprov NTT menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Presiden Jokowi yang telah memilih Labuan Bajo, ibukota Kabupaten Manggarai Barat sebagai salah satu destinasi lintas sektor 2020,” papar Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Provinsi NTT, Marius Jelamu dalam keterangan resmi.

Dilanjutkan, pidato Presiden RI membuat pembangunan pariwisata di Labuan Bajo semakin intensif dan berdampak positif pada pariwisata dan sektor-sektor ekonomi lain di seluruh Nusa Tenggara Timur.

“Kita harapkan pembangunan sarana dan prasarana pariwisata, berbagai fasilitas yang dibutuhkan dibangun untuk mendukung kemajuan Pariwisata Labuan Bajo dan Nusa Tenggara Timur. Kita mendorong masyarakat NTT umumnya dan Labuan Bajo khususnya untuk mengantisipasi semua perkembangan tersebut dan berusaha untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia,” katanya.

Dijelaskan, semua sub sektor seperti pertanian, peternakan, perikanan dan kelautan dan perindustrian dan lain sebagainya dikembangkan secara maksimal dan terintegrasi dengan pariwisata.

Saat Bandara Komodo di Labuan Bajo akhir 2020 selesai dikembangkan dan menjadi bandara internasional di NTT dan melayani penerbangan internasional pada 2021 tentu akan membuat pariwisata NTT semakin maju. Di Pulau Timor saat ini ada 4 bandara internasional diantaranya satu di Timor Barat, Nusa Tenggara Timur dan 3 di negara Timor Leste yakni Oekusi, Suai, dan Dili.

“Sekarang kita sudah membuka penerbangan Kupang-Dili dan sedang berjuang juga Kupang-Darwin. Ke depannya, bukan tak mungkin Darwin-Sydney-Labuan Bajo atau Dili-Kupang-Labuan Bajo. Nanti akan banyak alternatif penerbangan internasional yang bisa dibuka,” lontarya seperti dilansir laman Kompas, Sabtu (17/08/2019).

Menurutnya, ke depannya, kita bisa meraup turis-turis dari Pasifik Selatan, Timor Leste, Australia dan New Zealand dan lain sebagainya. Dan juga turis dari Eropa, China, Jepang dan Amerika Serikat bisa langsung ke NTT atau lewat rute Jakarta-Denpasar-Surabaya dan Makassar. (NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.