Pelantikan Presiden, Taman Wisata Monas Ditutup Sementara

0
22
Monuman Nasional Jakarta (Foto: .labsatu.com)

JAKARTA. bisniswisata.co.id: Obyek wisata Monumen Nasional (Monas) Jakarta ditutup semantara selama pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024, Joko Widodo (Jokowi)-KH. Maruf Amin, yang berlangsung di Gedung MPR RI, Ahad (20/10/2019) siang ini.

Kawasan wisata yang menjadi sasaran tujuan bagi wisatawan lokal maupun nasional ini dilakukan penutupan hingga waktu yang belum bisa ditentukan. Alasannya demi membantu aparat TNI-Polri menjaga keamanan karena Monas termasuk bagian Ring 1 yang berdekatan dengan Istana Negara.

Penutupan kawasan tersebut, dimulai hari Minggu (20/10/2019) pukul 00.00 WIB dengan durasi menyesuaikan situasi. Durasi penutupan itu menyesuaikan, artinya kalau memang sorenya sudah dinilai kondusif, Monas akan buka kembali.

“Jadi tadi hasil rapat dengan pihak TNI Polri dalam rangka mengantisipasi keamanan baik sebelum maupun saat mengingat monas itu termasuk area ring 1 yang jaraknya dekat dengan Istana Negara maka diminta Monas untuk ditutup sementara untuk kunjungan umum jadi atas dasar pertimbangan keamanan TNI-Polri,” kata Kepala Seksi Ketertiban UPT Monas, Yayang Kustiawan seperti dilansir Antara, Ahad (20/10).

Seluruh wisatawan tidak diperbolehkan masuk ke kawasan Monas, hanya aparat TNI-Polri dan petugas Monas yang berada di dalam wisata bersejarah ini. Setidaknya ada 300 petugas kebersihan yang disiagakan di Monas.

Kendati demikian, Yayang mengaku belum mengetahui apakah pendukung Jokowi-Maruf akan merayakan pelantikan di Monas. Menurutnya, semua tergantung dari pihak TNI-Polri yang memberikan ijin atau tidak. “Semua nanti ada yang atur bukan karena Projo atau Pendukung Jokowi terus bisa masuk, tidak. Atas perintah TNI-Polri itu pun lewat pintu mana nanti mereka yang menentukan,” ungkapnya.

Diperkirakan ribuan massa dari berbagai elemen relawan Jokowi dan masyarakat umum akan berkumpul di depan Taman Pandang, Jalan Medan Merdeka Barat dekat patung kuda. Acara itu mereka beri nama Acara Syukutan Inagurasi Presiden-Wakil Presiden RI 2019-2024. Acara itu dimulai sejak pukul 11.00 WIB, dan berakhir pukul 17.30 WIB. Akan ada layar LED yang tersebar di beberapa titik untuk nonton bareng pelantikan Jokowi-Maruf.

Joko Widodo-Ma’ruf Amin akan dilantik sebagai presiden-wakil presiden di Gedung DPR/MPR pada hari ini, Minggu (20/10). Acara pelantikan bakal dipimpin oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo. Setelah itu, Jokowi-Ma’ruf langsung ke Istana Negara. Tidak ada parade yang dihadiri para relawan dan simpatisan.

Mulanya, parade memang ingin dilakukan oleh para relawan di Patung Kuda sampai Istana Negara, namun, dibatalkan. “Mengenai di Jakarta parade budaya kami batalkan, mengenai arak-arakan dan karnaval,” kata Ketua Panitia Pelaksana Andi Gani Nena Wea di Kantor Staf Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (16/10). (ndy/ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.