DESTINASI NEWS

Para Menteri Setuju Memajukan Sirkularitas dan Aksi Iklim Dalam Pariwisata Pan Eropa

Pada akhir Konferensi Tingkat Menteri Lingkungan untuk Eropa Kesembilan, yang diselenggarakan oleh Komisi Ekonomi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Eropa dan diadakan di Nicosia, Siprus, para delegasi mengadopsi Deklarasi Menteri, yang mengakui kebutuhan mendesak untuk memastikan sektor pariwisata “membangun kembali dengan lebih baik” dari dampak pandemi.

SIPRUS, bisniswisata.co.id: Menteri Lingkungan dari seluruh kawasan Pan Eropa telah setuju untuk mempromosikan transformasi pariwisata, dengan inisiatif utama dari Program Pariwisata Berkelanjutan One Planet sebagai prinsip panduan mereka.

Dilansir dari Traveldailynews.com, pada akhir Konferensi Tingkat Menteri Lingkungan untuk Eropa Kesembilan, yang diselenggarakan oleh Komisi Ekonomi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Eropa dan diadakan di Nicosia, Siprus, para delegasi mengadopsi Deklarasi Menteri, yang mengakui kebutuhan mendesak untuk memastikan sektor pariwisata “membangun kembali dengan lebih baik” dari dampak pandemi.

Inti dari ini adalah mempercepat pergeseran menuju ekonomi pariwisata sirkular, sementara pada saat yang sama mengurangi limbah dan memastikan sektor ini memenuhi tanggung jawab aksi iklimnya.

Deklarasi Glasgow tentang Aksi Iklim dalam Pariwisata, diluncurkan oleh UNWTO dan mitra pada Konferensi Perubahan Iklim PBB (COP26) 2021 dan Inisiatif Plastik Pariwisata Global, inisiatif bersama dari UNWTO dan UNEP keduanya dirujuk sebagai inisiatif utama untuk membantu memandu transformasi sektor.

Program Pariwisata Berkelanjutan One Planet menyelenggarakan bersama dengan UNEP dan Rencana Aksi Mediterania acara sampingan tentang “Pariwisata dan Sirkularitas untuk Pembangunan Berkelanjutan di Mediterania”

Di mana gudang alat dan sumber daya baru yang berfokus pada ekonomi sirkular dan pariwisata diluncurkan, bersama dua publikasi baru dari Inisiatif Plastik Pariwisata Global seputar pengukuran dan pengadaan yang dihasilkan dengan dukungan keuangan dari Pemerintah Prancis.

Kesempatan untuk semua pariwisata

Berbicara pada Konferensi Tingkat Menteri, Sekretaris Jenderal UNWTO Zurab Pololikashvili mengatakan: “Untuk bisnis, ekonomi sirkular dapat membawa keunggulan kompetitif. Untuk destinasi, dapat membangun rantai nilai lokal yang lebih inklusif “.

Bagi wisatawan, hal ini adalah kesempatan untuk meninggalkan jejak positif. Saya mendorong para Menteri Lingkungan Eropa untuk membangun sinergi dengan rekan-rekan mereka di Kementerian Pariwisata untuk menerapkan ekonomi sirkular di sektor pariwisata.”

Juga berbicara di Konferensi Tingkat Menteri, Sekretaris Negara Mario iljeg untuk Kementerian Ekonomi dan Pembangunan Berkelanjutan Kroasia, menekankan pentingnya pariwisata bagi ekonomi Eropa dan menyoroti manfaat signifikan dari pendekatan inovatif, terutama menjauh dari hubungan rantai nilai tradisional mengadopsi pola produksi dan konsumsi yang lebih sistemik.

Di Nicosia, Menteri Pariwisata dan Lingkungan Albania, Mirela Kumbaro Furxhi, memimpin diskusi pleno tentang Penerapan Prinsip CE dalam Pariwisata’, dengan kontribusi dari Swiss, Swedia, Bulgaria, Siprus, Ukraina, Jerman, Yunani, Armenia dan Uni Eropa.

UE kemudian menyampaikan pernyataan di mana mereka juga merekomendasikan Deklarasi Glasgow dan Inisiatif Plastik Pariwisata Global sebagai alat untuk memajukan niat untuk membuat sektor ini lebih berkelanjutan.

Untuk mengakhiri pertemuan Nicosia, para delegasi menandatangani Deklarasi Menteri di mana mereka menyatakan: “Kami akan mempromosikan transformasi sektor pariwisata dengan menerapkan program dan proyek yang berorientasi pada penerapan model melingkar dalam rantai nilai pariwisata.

Selain itu, kami akan membangun pengetahuan berdasarkan alat dan inisiatif sirkular yang ada, dengan tujuan untuk memungkinkan penyebaran dan penjangkauan lebih lanjut di seluruh negara anggota ECE yang relevan.

Kami mendorong Negara-negara anggota dan pemangku kepentingan lainnya dalam posisi untuk melakukannya untuk mempertimbangkan bergabung dan berkomitmen pada tindakan di bawah Inisiatif Plastik Pariwisata Global, yang menyatukan sektor pariwisata di belakang visi bersama ekonomi sirkular plastik dan Deklarasi Glasgow: Komitmen untuk a Dekade Aksi Iklim Pariwisata.

 

Arum Suci Sekarwangi