Nusantara 2020, Gelaran Desainer Adjie di Momen Kemerdekaan

0
126
Batik Nusantara karya Adjie Notonegoro (Foto: .besttangsel.com)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Perancang busana Adjie Notonegoro tengah sibuk mempersiapkan pagelaran akbar dunia fesyen pada tahun 2020. Rencananya, karya koleksi terbaru berbalut serba Nusantara tersebut bakal diperagakan pada Juni 2020, menjelang momen Peringatan Kemerdekaan RI ke 75.

“Saya mengeluarkan motif-motif dari 37 provinsi yang akan saya peragakan di pagelaran saya. Kita membuat sesuatu yang beda, jadi saya bikin sendiri bahannya,” kata Adjie Notonegoro seperti dilansir laman Liputan6, Rabu (18/12/2019).

Koleksi tersebut akan dipenuhi sentuhan warna kuning, merah, namun didominasi hitam. Kesan glamor tetap akan Adjie Notonegoro hadirkan dalam koleksi-koleksi teranyarnya. Nantinya, Adjie juga mengajak para pesohor Tanah Air untuk tampil di pagelarannya seperti aktris senior Widyawati hingga pedangdut Zaskia Gotik. Sedangkan, model laki-laki dari atlet-atlet nasional.

“Karena saya melihat satu-satunya Presiden Indonesia yang memakai baju-baju Nusantara cuma Pak Jokowi lalu saya pikir 75 tahun Indonesia tahun depan. Jadi, saya berpikir untuk mendekati (momen kemerdekaan) mau angkat apa, batik sudah saya angkat keliling dunia. Saya harus memberitahukan kepada dunia bahwa Indonesia punya 37 provinsi,” jelasnya.

Tema yang diusung untuk pagelaran Adjie Notonegoro adalah Nusantara 2020. Nantinya, peragaan ini bakal dilaksanakan di The Tribrata Darmawangsa Jakarta pada 7 atau 8 Juni 2020 dengan sekitar 2.500 undangan. Terdapat cukup banyak look yang akan ditampilkan Adjie Notonegoro dalam pagelarannya tahun mendatang. “Kalau ibu-ibunya ada 15, model cewek 35, model cowok 15–20,” ungkap Adjie.

Saat ini, pengerjaan pun tengah digarap. Tak hanya dari sisi koleksi busana, tetapi konsep panggung yang juga mengangkat keindahan alam Indonesia. “Panggung konsepnya masuk seperti duduk di pegunungan, bukit, semua jalan di atas rumput. Ada kolam ikan, ada pancuran dan kita bikin suasananya Nusantara dan yang datang pun harus touch of Nusantara,” lanjutnya.

Diakui Adjie, sebenarnya ia ingin melaksanakan pagelaran selama satu minggu, namun dirasa terlalu lama. “Mungkin 1 atau 2 hari buat itu tapi benar-benar mengangkat Nusantara dan setelah itu akan boyong ke luar,” tambah Adjie.

Cutting-cutting busananya pun disebut tidak masuk akal. Begitu pula dengan busana laki-laki yang tidak hanya kemeja atau jas, tetapi membuat sesuatu yang berbeda. “Setiap pagelaran saya, saya terakhir pagelaran di Los Angeles dan Hollywood sampai baju saya dipakai sama George Clooney, itu saya memang tujuan untuk mengangkat karya-karya anak bangsa Indonesia, batik tenun,” tambahnya.

“Kalau saya mengangkat sebagian nggak fair, saya pakai tema Nusantara 2020 agar bisa mengangkat semua karya anak bangsa dan nanti menjadi satu tren dunia,” tutup sang desainer. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.