ASEAN DESTINASI INTERNATIONAL

NSC Thailand Waspadai Langkah Pengecualian Pengajuan TM6 Untuk Kedatangan Lewat Darat dan Laut

BANGKOK, bisniswisata.co.id: Dewan Keamanan Nasional (NSC) Thailand telah menyarankan lebih banyak penggunaan sistem otorisasi perjalanan elektronik (ETA) Kementerian Luar Negeri menyusul persetujuan Kabinet atas pengecualian pengajuan TM6 di 13 pos pemeriksaan perbatasan dan laut.

Dalam surat mendesaknya kepada Kementerian Luar Negeri dan lembaga pemerintah terkait lainnya, NSC menyatakan keprihatinannya bahwa pengecualian TM6 di pos pemeriksaan perbatasan dan pelabuhan dapat memungkinkan penjahat asing memasuki negara tersebut tanpa pengawasan.

NSC mencatat jumlah orang asing yang melakukan kejahatan di Thailand meningkat selama tiga hingga empat tahun terakhir, terutama yang berasal dari Eropa Timur.

NSC mengatakan ETA Kementerian Luar Negeri, yang mirip dengan kartu e-arrival negara lain, akan memungkinkan wisatawan asing untuk mendaftarkan informasi mereka secara elektronik tentang masa tinggal mereka di Thailand beberapa hari sebelum kedatangan mereka dan sistem ini bisa lebih efektif daripada  formulir kertas TM6 dari Biro Imigrasi.

Kabinet juga telah menyetujui usulan Kementerian Luar Negeri untuk menangguhkan pengajuan TM6 di 13 pos pemeriksaan perbatasan dan pelabuhan laut untuk meningkatkan pariwisata dan memudahkan wisatawan asing untuk memasuki negara tersebut.

Pengajuan kartu TM6 akan ditangguhkan mulai 15 April hingga 15 Oktober. Pemerintah menangguhkan kartu kedatangan/keberangkatan TM6 pada Juni 2022 untuk kedatangan di bandara dalam upaya mengurangi kemacetan.

 Kartu TM6 adalah kartu kedatangan dan keberangkatan dua bagian yang digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengunjung yang memasuki Thailand.  Formulir tersebut menanyakan data dasar seperti nama, rincian paspor, nomor penerbangan, alamat di Thailand dan informasi visa jika ada

Hilda Ansariah Sabri

Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers dan Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat (2018-2023)