HALAL HOSPITALITY INTERNATIONAL LIFESTYLE NEWS Uncategorized

Muslim & Piala Dunia: 10 Fakta Yang Harus Anda Ketahui Tentang  Qatar 

LONDON, bisniswisata.co.id: Pada Piala Dunia 2022 yang sedang berlangsung di Qatar, negara Maroko meraih sukses dramatis, mengalahkan Spanyol, dan mencapai perempat final untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka.

Dilansir dari aboutmuslim.net, tapi mereka bukanlah negara Muslim pertama atau satu-satunya yang membuat pencapaian luar biasa ini.Negara-negara Muslim lainnya, dalam sejarah Piala Dunia, berhasil tidak hanya melewati babak penyisihan grup, tetapi juga meninggalkan rekor yang mengesankan.

 Maroko

 Maroko membuat sejarah pada tahun 1986 dengan menjadi negara Muslim pertama yang lolos ke babak sistem gugur;  mereka bahkan memuncaki grup mereka di Meksiko.  Namun, mereka kemudian kalah 0-1 dari Jerman Barat di babak berikutnya.

 Arab Saudi

 Arab Saudi ambil bagian dalam Piala Dunia 1994 dan meraih sukses besar dengan mencapai babak sistem gugur.  Meskipun Arab Saudi mengambil bagian dalam lima Piala Dunia lagi setelah itu, mereka tidak pernah melewati babak penyisihan grup.  Salah satu pemain mereka, Said Al-Oweiran mencetak gol indah yang masih dianggap sebagai salah satu gol terbaik Piala Dunia.

Nigeria

Nigeria mengambil bagian dalam Piala Dunia sepak bola untuk pertama kalinya dalam sejarahnya pada tahun 1994 dan mencapai babak 16 besar. Mereka hanya berjarak beberapa menit untuk membuat sejarah dan lolos ke perempat final, hanya untuk kalah dari keunggulan mereka dan kalah 1-  2 ke Italia pada akhirnya.

 The Super Eagles mengulangi kesuksesan ini pada tahun 1998, lolos ke babak sistem gugur dan Piala Dunia 2014, tetapi tidak pernah melewati tahap tersebut.

 Turki

Turki tampil di final Piala Dunia FIFA dalam dua kesempatan: 1954 dan 2002. Piala Dunia Jepang-Korea Selatan 2002 adalah pencapaian terbaik Turki ketika mereka finis ketiga hanya di belakang Brasil dan Jerman.

 Senegal

 Senegal lolos ke Piala Dunia dalam tiga kesempatan.  Prestasi terbaik mereka adalah pada tahun 2002 di mana mereka mencapai perempat final.

 Di Qatar 2022 yang sedang berlangsung, mereka mencapai babak 16 besar tetapi dikalahkan oleh Inggris 3-0

 Aljazair

 Aljazair tampil di final Piala Dunia FIFA sebanyak empat kali pada tahun 1982, 1986, 2010 dan 2014. Mereka pernah lolos ke babak sistem gugur, mencapai babak 16 besar pada tahun 2014 sebelum kalah dari Jerman.

 32 tahun sebelumnya, Aljazair tersingkir setelah mereka hampir lolos ke putaran kedua Piala Dunia 1982, mengalahkan Jerman Barat dan Cile.  Namun, pertandingan kontroversial antara tim Jerman dan Austria dikritik keras karena dipentaskan untuk menyingkirkan Aljazair dalam apa yang dikenal sebagai “Aib Gijon”.

 10 hal yang mungkin tidak Anda ketahui tentang Qatar

Rumah bagi pria, media, dan uang, berikut beberapa fakta tentang negara tuan rumah Piala Dunia FIFA 2022 yang mungkin mengejutkan Anda yang dikutip dari SBS News.

1.Seluruh negara lebih kecil dari Sydney. 

Qatar adalah negara kecil dan terkecil yang pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia, menempati sekitar 11.586 kilometer persegi (km²) tanah. Massa daratan Qatar hanya 0,15 persen dari Australia secara keseluruhan, yang menempati total 7.741.220 km².

Dalam hal populasi, Qatar adalah rumah bagi hanya tiga juta orang, dibandingkan dengan 25,7 juta penduduk Australia.  Sebuah negara yang sebagian besar migran, ada ku.rang dari 400.000 warga Qatar.

2. Penguasa Qatar bukanlah pilihan pertama ayahnya

Penguasa Qatar berusia 42 tahun Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani mengambil alih sebagai emir Qatar pada 2013 setelah ayahnya, Sheikh Hamad, turun tahta.

Sheikh Tamim sebenarnya bukan pilihan pertama ayahnya sebagai penerus tetapi menjadi pewaris pada tahun 2003 setelah kakak laki-lakinya Sheikh Jassim melepaskan klaimnya atas takhta.

Dia dididik di Inggris Raya, lulus dari Royal Military Academy di Sandhurst.Sheikh Tamim memiliki tiga istri dan 13 anak, dan istri pertamanya adalah sepupu keduanya. Qatar memiliki tingkat kesuburan 1,8 kelahiran per wanita pada tahun 2020, menurut Bank Dunia.

Sheikh Tamim adalah penggemar berat olahraga tersebut, dan telah memiliki klub sepak bola Paris Saint-Germain (PSG) sejak 2011 melalui Qatar Sports Investments (anak perusahaan dana kekayaan negara Qatar).

3 Jumlah Laki-laki melebihi perempuan arau 3: 1

Qatar memiliki jumlah wanita terendah di dunia, dengan hanya satu dari empat orang di negara itu adalah wanita (25,04 persen).

Kesenjangan ini dikaitkan dengan pertumbuhan populasi Qatar dalam beberapa tahun terakhir, meningkat dari hanya 615.000 orang pada tahun 2001 menjadi lebih dari tiga juta saat ini.

Pertumbuhan ini didorong oleh sebagian besar imigran laki-laki muda yang berbondong-bondong ke Qatar untuk mencari peluang kerja.  Hanya 15 persen penduduk negara itu adalah warga negara Qatar.

4.Hindari berciuman, dan memberikan jari tengah!

Sementara orang-orang Qatar dikenal karena keramahan dan sikap ramah mereka, ada juga hukum dan norma sosial yang ketat. Sebuah negara Muslim yang sangat konservatif, menunjukkan kasih sayang di depan umum, termasuk berpegangan tangan dan berciuman, tidak disukai.

“Hukum dan kebiasaan Qatar sangat berbeda dengan yang ada di Australia.  Sanksinya termasuk hukuman fisik,”

Mengumpat dan membuat gerakan kasar, terutama mengangkat jari tengah, dapat dihukum oleh hukum.  Memotret situs sensitif dan orang lokal, terutama wanita, juga bisa membuat Anda kesulitan.

Kode berpakaian diharapkan menutupi bahu dan lutut saat mengunjungi tempat umum seperti museum dan gedung pemerintah lainnya

Gay dan pengunjung internasional yang menghadiri Piala Dunia tidak mungkin dituntut atas pelanggaran ringan. Usia minum legal di Qatar adalah 21 tahun, dan konsumsi alkohol serta mabuk adalah ilegal di ruang publik, di luar area yang ditentukan.

‘Yah, ini canggung’: Larangan menit-menit terakhir penjualan bir di stadion Piala Dunia di Qatar mengejutkan sponsor, penggemar

Membawa alkohol ke negara itu juga ilegal, seperti membawa pornografi, produk daging babi, senjata api dan buku-buku agama atau materi selain yang berkaitan dengan Islam.

Qatar juga memiliki undang-undang ketat yang mengatur seks dan hubungan dan mengkriminalkan tindakan seksual dan hubungan antara orang yang berjenis kelamin sama atau orang yang belum menikah.

Aktivitas seksual sesama jenis adalah diancam dengan pidana penjara paling lama tujuh tahun untuk pria dan wanita.

FIFA dan Komite Tertinggi Pengiriman dan Warisan Qatar telah memberikan jaminan bahwa “semua orang diterima” dan penggemar LGBTQ+ tidak akan menghadapi diskriminasi selama turnamen.

5.Tidak ada yang namanya ‘Tree Change’ 

Pandemi COVID-19 menyebabkan peningkatan jumlah orang yang melakukan ‘perubahan pohon’ di Australia – meninggalkan kota demi negara.  Tapi di Qatar, opsi itu tidak ada – semua orang tinggal di kota.

Negara gurun ini hampir tidak memiliki tanah subur untuk pertanian, tidak memiliki hutan, dan seluruh penduduknya tinggal di daerah perkotaan, kebanyakan di ibu kota Doha (rumah bagi lebih dari 90 persen penduduk negara).

Qatar juga hampir seluruhnya datar dan titik tertingginya hanya 103 meter di atas permukaan laut.  Ini bukan yang terendah, Maladewa adalah negara paling datar di dunia.  Siapa yang tahu?

6.Doha adalah salah satu kota teraman di dunia

Ibu kota Qatar, Doha, secara konsisten mendapat peringkat sebagai salah satu kota teraman di dunia dalam hal kejahatan. Doha adalah kota teraman kedua di dunia, setelah Abu Dhabi, UEA, dan di depan  San Sebastian, Spanyol.

“Qatar memiliki tingkat kejahatan yang rendah.  Pencopetan, penjambretan tas, dan kejahatan kecil lainnya jarang terjadi tetapi bisa terjadi.  Awasi barang-barang Anda, terutama di tempat ramai, ”kata Smartraveller.

7.Qatar bukanlah negara ‘bebas’

Berdasarkan laporan Freedom House tahun 2022 Qatar “tidak bebas”, dengan “skor kebebasan” 25/100 pada tahun 2022 sama dengan peringkat 2021-nya.  Qatar mendapat skor 7/40 untuk hak politik, dan 18/60 untuk kebebasan sipil.

Freedom House adalah mayoritas nirlaba yang didanai pemerintah AS yang didirikan pada tahun 1941. Ini memberi peringkat akses orang ke hak politik dan kebebasan sipil di 210 negara dan wilayah melalui laporan Freedom in the World tahunannya.

Qatar menjadi negara merdeka pada tahun 1971 dan sejak itu diperintah oleh para amir keturunan dari House of Al Thani.  Sebelumnya, Qatar adalah protektorat Inggris sejak 1916. Emir adalah raja, kepala negara, panglima angkatan bersenjata dan penjamin konstitusi.

“Emir turun-temurun Qatar memegang semua otoritas eksekutif dan legislatif dan pada akhirnya mengendalikan peradilan. Partai politik tidak diizinkan, dan satu-satunya pemilihan adalah untuk dewan penasihat kota,” kata Freedom House dalam laporannya tahun 2022.

“Sementara warga Qatar termasuk yang terkaya di dunia, sebagian besar penduduk terdiri dari bukan warga negara tanpa hak politik, sedikit kebebasan sipil, dan akses terbatas ke peluang ekonomi.”

8.Ini adalah rumah bagi salah satu organisasi media terbesar di dunia

Jaringan Media Al Jazeera menjangkau lebih dari 270 juta rumah tangga di lebih dari 140 negara dan berbasis di Qatar. Diluncurkan pada tahun 1996, Al Jazeera Bahasa Arab diikuti pada tahun 2006 oleh Al Jazeera Bahasa Inggris.Namun, masalah politik dalam negeri tetap menjadi tantangan nyata bagi jurnalis di Qatar,

Al Jazeera menggambarkan dirinya sebagai “organisasi berita independen yang sebagian didanai oleh pemerintah Qatar”. Setiap anak perusahaan di Jaringan Media Al Jazeera mengikuti prinsip dan nilai yang sama yang menginspirasi untuk menantang dan berani, dan untuk memberikan suara bagi mereka yang tidak bersuara di beberapa tempat yang paling tidak dilaporkan di dunia,” kata organisasi itu

9.Ada banyak uang untuk dibelanjakan

Qatar adalah salah satu negara terkaya di dunia dan telah menghabiskan banyak uang untuk Piala Dunia perkiraan melebihi $330 miliar.

Berapa biaya manusia dari Piala Dunia di Qatar? Menurut Bank Dunia, Qatar adalah negara terkaya keempat di dunia di belakang Luksemburg, Singapura dan Irlandia, dengan 

PDB per kapita (PPP) dari US$93,521.

“Satu dolar internasional akan membeli di negara yang dikutip jumlah barang dan jasa yang sebanding yang akan dibeli satu dolar AS di Amerika Serikat,” Bank Dunia menjelaskan.

Qatar berutang banyak kekayaannya pada sumber daya alamnya, dengan minyak ditemukan pada tahun 1939, diikuti oleh gas alam 30 tahun kemudian.

Pada tahun 2020, Qatar adalah pengekspor gas alam cair (LNG) terbesar kedua di dunia dan pengekspor minyak mentah terbesar ke-16, menurut Observatory of Economic Complexity (OEC).  Qatar juga memiliki sumur minyak terpanjang di dunia dengan panjang lebih dari 12 kilometer.

10.Semua jalan menuju sepak bola

 

Selama Piala Dunia hanya akan ada sepak bola di Qatar.  Semua jalan akan menuju ke stadion, sekolah akan ditutup, bekerja dari rumah akan diadopsi dan tidak ada kendaraan pribadi yang diizinkan di jalan.

Hilda Ansariah Sabri

Hilda Ansariah Sabri, Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers. Saat ini menjabat sebagai Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat ( 2018-2023)