EVENT NEWS

Mobile World Congress Menyewa Agen Perjalanan Untuk Kembalinya Event Dengan Mantap

BARCELONA,bisniswisata.co.id; Pameran dagang ponsel Mobile World Congress ( MCW) 2021 adalah salah satu acara besar pertama yang dibatalkan pada tahun 2020 akibat keparahan pandemi global.

Dilansir dari Skift.com, kota tuan rumah Barcelona, di Spanyol, merasakan pukulan kehilangan 100.000 pengunjung, dengan keputusan untuk melakukan pembatalan hanya 12 hari sebelum dijadwalkan dimulai pada 24 Februari 2020. 

Padahal event Ini biasanya meningkatkan ekonomi negara  hingga US$513 juta dan memberikan  hampir 14.000 pekerjaan sementara untuk event ini.

Pameran ini  sudah kembali tahun ini, dan akan berlangsung dari 28 Juni hingga 1 Juli 2021. Penyelenggara Sistem Global untuk Komunikasi Seluler (GSMA) sangat berhati-hati agar acara berjalan lancar, dan bisa menjadi industri event pertama.

Penyelenggaraan  termasuk menunjuk perusahaan biro perjalanan untuk menenangkan saraf ribuan peserta agar dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman di tengah pandemi yang masih berlangsung tentunya.

Grey Dawes Group dari Inggris akan menawarkan saran dan dukungan terkait perjalanan yang mencakup pertimbangan CIVID -19 dan pengujian PCR; dokumentasi perjalanan dan formulir visa; karantina dan pembatasan perbatasan serta rencana perjalanan.

Perusahaan yang berbasis di Colchester juga akan mengharapkan banyak pemesanan, meskipun GSMA juga mencantumkan bnetwork sebagai mitra akomodasi resminya.

Menurunkan target peserta

Pada bulan Februari, CEO GSMA John Hoffman mengatakan dia mengharapkan antara 40.000 dan 50.000 delegasi, tetapi Grey Dawes Group mengantisipasi 30.000. Bagaimanapun, ini kemungkinan akan melampaui Madrid HIP Expo, yang diadakan pada 22-24 Maret, yang dihadiri 9.000 pendaftar secara langsung.

Grey Dawes Group awalnya berencana hanya mendukung 700 peserta pameran dengan perjalanan mereka. Tapi kemudian berkembang setelah menanyai penyelenggara tentang para delegasi.

“Proses yang sama berlaku bagaimana Anda membangun kepercayaan diri, bagaimana mereka bisa mendapatkan saran khusus tentang negara asal mereka, dan membantu pemesanan jika diperlukan. GSMA membutuhkan keahlian itu dalam nasihat perjalanan tertentu. ” kata Laura Busby, kepala penjualannya sambil menambahkan bahwa kemitraan semacam ini adalah yang pertama bagi Grey Dawes Group, tetapi bukan untuk mereka yang penakut.

Ada ketidakpastian menjelang acara besar, yang dapat ditutup bahkan sebelum dimulai karena meningkatnya kasus virus korona. Grey Dawes Group juga harus membangun tim yang dipesan lebih dahulu, memagari penasihat perjalanannya dan melatih mereka tentang semua detail acara.

“Butuh waktu lama bagi saya untuk tidak memilih bagaimana kami membangun ini, membangun solusi yang dipesan lebih dahulu untuk masalah yang rumit dan melatih staf,” kata Busby. 

Menurut dia hal ini adalah model yang baik jika Anda bersedia meluangkan waktu, dan memahami bahwa Anda harus melakukan sesuatu secara berbeda dan ini bukan solusi cookie

Ada risiko komersial juga – banyak waktu dihabiskan untuk menjawab telepon dari delegasi yang cemas, dan dengan tujuh minggu tersisa, bisa dibayangkan seberapa sibuknya persiapan menyambut hal-hal tersebut. 

Saat ini, rata-rata ada dua hingga lima panggilan telepon per orang sebelum pemesanan dilakukan. Seringkali, penelepon membutuhkan saran sehingga mereka siap untuk memesan di saat-saat terakhir.

Agensi tersebut memang mempertimbangkan untuk menyiapkan meja bantuan online, tetapi dengan orang-orang dari begitu banyak negara, mereka memilih solusi yang lebih sederhana: alamat email dan nomor telepon.

Pendekatan kembali ke dasar, berbicara banyak tentang nilai yang dapat ditawarkan penasihat perjalanan. Sementara GSMA memiliki biro perjalanan perusahaan sendiri – pesaing yang lebih berorientasi pada teknologi dan pada akhirnya ia memilih Grey Dawes Group, dan konsultannya, karena merasa dapat mempercayai perusahaan, menurut Busby.

“Keyakinan telah terpengaruh, dan kami benar-benar mengerti. Ini baru untuk acara, dan untuk apa yang kami lakukan. Kami ada untuk mendukung panduan perjalanan. “kata Laura Busby

Penyelenggara pertemuan & acara mengatakan bahwa pihaknya mulai melihat “peningkatan signifikan” dalam aktivitas untuk acara tatap muka kecil dan acara global hibrida berskala besar dengan tetap berfokus pada informasi keselamatan wisatawan.

“Meskipun kami biasanya tidak mendukung acara konsumen seperti Mobile World Congress, kami dapat memberikan layanan menyeluruh kepada semua delegasi acara klien kami yang mencakup lebih luas dari sekadar rapat dan logistik acara, sumber, pemesanan, manajemen, dan koordinasi,”

Khususnya, informasi dan panduan keselamatan wisatawan melalui sumber daya ‘kembali ke perjalanan’ dan platform ‘penting perjalanan’ kami, ”kata Chris Bowen, wakil presiden senior dan direktur pelaksana.

Ini berarti menyediakan informasi terkini tentang batasan, prosedur, dan persyaratan perjalanan berdasarkan rincian rencana perjalanan tertentu seperti asal perjalanan, tujuan, tanggal perjalanan, dan kewarganegaraan wisatawan. Tahun lalu, event ini menghubungkan 74.000 orang melalui acara virtual dan hybrid secara global.

Peristiwa global

Banyak orang akan mempertanyakan keputusan pemerintah Spanyol untuk melanjutkan Mobile World Congress, mengingat jumlah kasus yang meningkat di Eropa. Dan ini benar-benar acara global.

Spanyol secara aneh mencabut pembatasan perjalanan standar untuk acara tersebut – tetapi logika di sini tidak masuk akal mengingat delegasi masih harus terbang kembali ke rumah dan kemungkinan menghadapi persyaratan masuk yang ketat.

“Meskipun saat ini ada penolakan masuk ke Spanyol untuk setiap warga negara dari negara di luar UE, pengecualian berlaku untuk kelompok orang tertentu, termasuk ‘pekerja berkualifikasi tinggi’.

Keputusan dari pemerintah Spanyol sekarang memasukkan pendaftar MWC21 Barcelona dalam kategori ini, katanya dalam sebuah pernyataan.

Ada juga rencana keselamatan acara Committed Community dan delegasi harus menunjukkan hasil tes COVID -19 negatif, sesuatu yang akan diminta oleh maskapai penerbangan.

 “Waktu yang luar biasa membutuhkan tindakan pengamanan yang luar biasa. Itulah mengapa kami telah bekerja dengan mitra kami untuk menciptakan pendekatan keselamatan berlapis yang disetujui oleh otoritas Kesehatan Catalan, ”kata perusahaan itu.

Itu masih bisa menjadi bumerang bagi Grey Dawes Group, tetapi Busby mengatakan agensi menjelaskan bahwa mereka mengikuti pedoman pemerintah masing-masing negara terkait surat tersebut.

Spanyol tidak membuang-buang waktu untuk meningkatkan sektor acaranya bersama dengan industri pariwisatanya, jadi bergerak maju dengan tokoh terkenal seperti itu mungkin tidak terlalu mengejutkan. 

“Dunia pada suatu saat harus bergerak kembali. Kami sangat senang dengan kemungkinan bahwa ini bisa menjadi kisah sukses yang nyata, “kata Busby.

Jika berhasil, ini akan menempatkan biro perjalanan korporat di posisi yang sangat menguntungkan, dan bermitra dengan acara-acara besar tahun ini dan seterusnya bisa menjadi pengembangan yang menguntungkan, jika tidak terduga.

 

Arum Suci Sekarwangi