Menyusuri Sungai Amazon ala Jawa Timur 

0
16

Sungai Maron, Kab Pacitan,  Jawa Timur  yang menawan (foto: lensanasrul)

PACITAN, bisniswisata.co.id: Lewat akun instagramnya, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, meng-upload foto keindahan Sungai Maron di Kabupaten Pacitan. Tentu ini sebelum ada pandemi COVID-19.

“Amazon? Bukan. Ini adalah Sungai Maron di Kapubatan Pacitan, Jawa Timur. Sungai kecil yang bermuara di Pantai Ngiroboyo ini menawarkan sensasi seperti Sungai Amazon. Saat menyusurinya, saya yakin kalian akan terbius dengan panorama alamnya yang eksotik. Penasaran? Masukkan Sungai Maron dalam daftar destinasi wisata yang harus kamu kunjungi dalam waktu dekat,” tulisnya.

Gubernur Khofifah benar. Sudah banyak video dan artikel mengulas keindangan alam Sungai Maron yang membentang sepanjang 4,5 km. Mereka yang pernah menyusuri Sungai Maron mengaku ada sensasi seolah mereka tengah mamasuki hutan hujan Amazon di Brasil yang terkenal itu.

Ulasan di sebuah media nasional bahkan menyebut menyusuri Sungai Maron bukan hanya serasa berada di pedalaman Amazon, tetapi juga di sekitar Phuket, Thailand. Bukit-bukit karang yang ada saat perahu hendak sampai di pantai, membangun suasana seolah-olah pengunjung tengah berada di sekitar Phuket.

Mencapai objek wisata Sungai Maron tidaklah sulit. Lokasi sungai berada di Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan Jawa Timur. Jarak dari alun-alun Kota Pacitan sekitar 40 kilometer atau kurang lebih sejam melalui jalur darat.

Pacitan adalah kota kecil di Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah. Apabila anda datang dari kota Solo jaraknya sekitar 100 kilometer dan memerlukan waktu tempuh sekitar tiga jam.

Pengunjung dapat menyewa perahu untuk menyusuri sungai yang kiri-kanan-nya tumbuh pohon kelapa dan beragam pepohonan besar lainnya. Air sungai yang berwarna hijau akibat refleksi tumbuhan di sepanjang sungai menciptakan suasana teduh dan menakjubkan. Silakan Anda bukitkan sendiri dengan berkunjung ke Pacitan, Jawa Timur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.