Menyedihkan, Objek Wisata di Singkil Tak Terawat

0
414
Danau Belibis Singkil Aceh (Foto: Viva.co.id)

SINGKIL ACEH. bisniswisata.co.id: Sejumlah kawasan objek wisata di Kabupaten Aceh Singkil yang memiliki potensi meraup pendapatan asli daerah (PAD) sekaligus meningkatkan taraf ekonomi masyarakat, tidak terawat dan terbengkalai. Menyedihkan memang disaat pariwisata Indonesia tengah bergairah.

Tercatat ada dua objek wisata yang terabaikan yakni Danau Belibis dan Pantai Pulo Sarok. Padahal, dua obyek wisata yang saling menyatu ini sudah dibangun berbagai fasilitas sayangnya terkesan tidak terawat, dan dibiarkan terbengkalai. Lucunya, Pemerintah Provinsi Aceh saat ini penuh semangat giat-giatnya mempromosikan seluruh sektor wisata, termasuk Kabupaten Aceh Singkil.

Seorang wisatawan lokal, Afna kepada wartawan mengatakan, kawasan objek wisata Danau Belibis yang ada di tengah ibukota Kabupaten Aceh Singkil terlihat kotor tidak tertata bahkan toilet umumnya pun tidak berfungsi. Bahkan, fasilitas bangunan yang telah dibangun di lokasi objek wisata itu sudah banyak rusak dan aneka mainan bebek dayung pun sudah tidak kelihatan lagi.

M Ishak, warga Singkil Utara juga menyanyangkan, dengan kondisi objek wisata Pantai Cemara Indah(PCI), telah dibangun berbagai fasilitas yang telah menghabiskan anggaran milaran rupiah terlihat sudah banyak rusak tidak berfungsi, seperti wahana pemandian (water boom) di kawasan pantai itu.

Padahal dua lokasi objek wisata tersebut, bila dihari-hari besar sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan dalam dan luar daerah. “Namun sangat disayangkan, lokasi objek wisata dan fasilitasnya kurang mendapat perhatian serius, setelah diserahkan pengelolaannya sebagai BUMDes sejumlah Desa Gosong Telaga,” katanya seperti dilansir laman Antara.

Dinas Pariwisata dan Pemuda Olah Raga (Disparpora) melalui Kabid Pariwisata mengatakan untuk pengrehapan waterboom di kawasan Pantai Cemara Indah menyedot dana besar. “Masalah ini sudah pernah disampaikan ke Bupati Aceh Singkil Dulmusrid, kemungkinan akan diprioritaskan pada tahun 2018, namun bila anggaran juga kurang memadai diprioritaskan di tahun 2019,” lontarnya.

Lanskap pantai dan danau di satu tempat tentu menjadi keindahan pemandangan yang menakjubkan. Para traveler dapat menikmati perpaduan kecantikan alam ini di Kabupaten Aceh Singkil, Aceh.

Di Kabupaten ini, Danau Belibis dan Pantai Pulo Sarok terletak berdampingan satu sama lain di Desa Pulo Sarok, Kecamatan Singkil. Bukan hanya itu, di pinggir pantai dan Danau, juga terdapat pelabuhan CPO yang setiap sore ramai dikunjungi. Pengunjung bisa menikmati hilir mudik perahu, serta kapal tradisional yang hilir mudik, dari ketiga tempat itu.

Danau Belibis ditetapkan sebagai salah satu destinasi wisata di daerah itu. Beragam aktivitas bisa pengunjung lakukan di tempat ini.
Mulai dari sepeda air dan perahu dari berbagai bentuk. Jika menjelang petang, wisatawan menyaksikan puluhan kerbau berenang untuk melintasi danau itu.

Tak hanya itu, di tengah danau terdapat daratan berbentuk pulau yang ditumbuhi pohon cemara yang belum begitu tinggi. Dan jembatan yang instagramable sebagai penghubung antara kedua daratan itu, yang digunakan pengunjung untuk berswafoto dengan latar belakang danau dan pantai.

Menjelang waktu magrib, pantulan matahari terbenam yang masuk dari ruang-ruang dedaunan pohon cemara membuat tempat ini semakin eksotis. Jika pengunjung bosan, bisa melangkah sedikit dari danau, terdapat pantai Pulau Sarok yang saban sore selalu ramai dikunjungi oleh warga sekitar.

Jika pengunjung juga bisa datang ke pelabuhan CPO yang belum berfungsi, dan terletak tak jauh dari danau. Pengunjung bisa menikmati matahari tenggelam secara langsung.

Sayangnya keindahan danau Belibis tercoreng oleh masih banyak sampah yang berserakan di pinggir danau. Apalagi tempat sampah tidak terlihat di lokasi wisata tersebut. (NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.