Menyasar Kuliner Legendaris Makassar

0
20
Sop Konro Makassar (Foto: cdninstagram.com)

MAKASSAR, bisniswisata.co.id: Makassar bukan hanya menyajikan deretan pantai menarik atau ingin melakukan island hopping ke beberapa pulau tropis yang masih sangat alami. Selain dua elemen utama yang menjadi andalan Makassar, juga kuliner legendaris di Makassar juga perlu disasar. Ternyata kuliner Makassar jumlahnya cukup banyak.

Saking banyaknya binggung memilihnya. Namun ada beberapa kuliner khas yang sangat melegenda, sangat akrab dan mudah diingat. Inilah kuliner Makassar yang ngetop antara lain:

Iga Bakar
Iga bakar karebosi cukup mudah ditemukan di kawasan jalanan utama dari Makassar. Makanan ini terbuat dari olahan iga sapi yang dibuat menjadi sop dengan kuah yang penuh rempah. Daging yang matang lalu dibakar dengan bumbu kacang yang sangat nikmat. Makanan ini biasanya disajikan dengan nasi panas dan es teh yang segar. Meski cukup mudah ditemukan, hanya beberapa tempat saja yang cukup melegenda dan menyajikan makanan ini.

Coto Maros Harimau

Sebagai salah satu kuliner cukup melegenda di Makassar, Coto Maros Harimau selalu dicari oleh wisatawan baik dalam atau luar negeri. Makanan ini mirip dengan soto yang ada di Jawa, tapi lebih kental dengan isian aneka jeroan sapi dan juga daging. Semuanya dimasak hingga empuk dan disajikan dengan lontong, sambal. dan juga lauk lainnya.

Mie Hengky

Kuliner peranakan yang terbilang unik di Makassar adalah Mie Hengky. Mie yang digunakan di sini adalah mie yang sudah digoreng kering lalu dicampur dengan sawi dan aneka lauk lainnya.

Ayam Goreng Sulawesi
Ayam goreng Sulawesi yang sudah ada sejak 1983 ini sekilas ayam goreng ini akan sama dengan ayam goreng kebanyakan yang dijual di luaran sana. Namun, kuliner ini memiliki rasa yang sangat khas.

Pallu Basa Serigala

Pallu Basa sebenarnya hampir sama dengan coto. Yang membedakannya adalah penyajian dan juga cara makannya. Kalau pallu basa, kuah panas akan diberi tambahan kelapa sangrai dan telur setengah matang di atasnya. Saat makan telur akan diaduk hingga merata. Selanjutnya adalah saat makan, kalau coto dengan lontong, pallu basa dengan nasi. Untuk isiannya, kamu bisa memesan sesuai selera. Misalnya saja, kamu bisa minta ditambahkan irisan lidah sapi, bagian pipi sapi, atau full daging.

Mie Titi

Tidak mau kalah dengan daerah lain, Makassar juga punya kuliner khas yang berbahan baku Mie, namanya Mie Titi. Berbeda dengan kuliner lain, mie titi terbuat dari mie basah yang digoreng sehingga teksturnya berubah menjadi seperti mie lidi. Hal yang menarik dari kuliner ini adalah kuah kentalnya. Kuah kental mie titi terbuat dari perpaduan air, telur, dan tepung kanji. Untuk mendapatkan cita rasa gurih, dicampur juga aneka bumbu dapur seperti merica dan bawang putih yang dijadikan sebagai penyedap. Potongan ayam, bakso ikan, udang, dan sawi menjadi pelengkap yang ditaburkan di atas mie. Ketika kalian menikmatinya, bunyi kriuk akan keluar saat gigi menggigit mie ini. Mie Titi adalah rumah makan Chinese food yang didirikan oleh Rusmin Kohen yang dirintis sejak 40 tahun lalu,

Sop Saudara Irian

Sop saudara adalah salah satu kuliner legendaris Makassar yang yang berkuah kental. Namun, Sop Saudara Irian paling ramai pembeli. Untuk Sop Saudara Irian, lokasi warung ini berada di sekitar Pasar Sentral Makassar atau tepatnya tak jauh dari Lapangan Karebosi. Untuk menikmati semangkuk sop saudara, kamu hanya perlu merogoh kocek Rp25.000 saja. Ingin lebih maknyus? Jangan lupa untuk menyantapnya bersama perkedel, telur asin, dan irisan jeroan sapi.

Sop Konro
Sop Konro Karebosi adalah tempat kuliner legendaris yang bisa kamu temukan di Jalan Gunung Lompobattang, atau tepatnya di belakang gedung Bank Indonesia. Menyajikan sop konro dan konro bakar yang menggugah selera, warung ini didirikan oleh Haji Hanafi. Sop konro sendiri merupakan makanan khas Makassar yang terbuat dari tulang iga sapi. Akan lebih nikmat apabila sup ini disantap bersama buras, sejenis lontong tetapi bentuknya pipih dan diikat tali. (ndy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.