Menikmati Liburan Akhir Pekan di Kota Solo

0
235
Tari Ramayana

SOLO, bisniswisata.co.id: Sejumlah kegiatan kesenian serta pameran akan digelar di Kota Solo pada akhir pekan ini. Jika anda tengah berada di Surakarta, beberapa agenda berikut bisa mengisi liburan murah meriah dan mengesankan. Tentunya, anda juga bisa menikmati acara itu sembari menjelajahi beragam kuliner tradisional yang menjadi daya tarik Kota Solo. Demikian dilansir laman Tempo, Sabtu (22/9/2018):

1. Pameran Perhubungan

Pameran ini digelar dalam rangka peringatan Hari Perhubungan Nasional 2018 di Balai Kota Surakarta selama tiga hari pada Sabtu-Senin, 22-24 September 2018. Kegiatan ini baru pertama kalinya digelar di kota itu. Acara itu diikuti oleh 25 peserta perwakilan dari instansi pemerintah, institusi pendidikan, perusahaan, hingga komunitas yang terkait dengan dunia perhubungan. Beberapa perusahaan karoseri juga akan memamerkan produk bus terbarunya. Ketua panitia penyelenggara, Taufiq Muhammad mengatakan panitia menyiagakan dua armada bus doubledecker alias bus tingkat wisata yang dimiliki oleh Pemkot Surakarta. “Masyarakat bisa berkeliling kota dengan gratis,” katanya.

2. Solo Pet Expo 2018

Para wisatawan yang juga penggemar satwa perlu untuk menyaksikan acara yang digelar oleh Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan PErikanan Kota Surakarta ini. Kegiatan itu digelar di pusat belanja Solo Paragon, Ahad, 23 September 2018. “Kami mengajak masyarakat untuk semakin memperhatikan kesejahteraan hewan peliharaan,” kata Kepala Dinas Pertanian Surakarta, Wenny Ekayanti. Perawatan terhadap hewan peliharaan akan diapresiasi melalui serangkaian kontes untuk anjing dan kucing. Dalam pameran itu, pengunjung juga akan disuguhi dengan keindahan beragam jenis ikan guppy. Kontes ikan yang memiliki nama latin Poecilia reticulata itu akan diikuti oleh peserta dari berbagai kota.

3. Sendratari Ramayana Balekambang

Sendratari Ramayana digelar secara rutin sejak 2012 silam. Tarian yang membawakan kisah-kisah dalam cerita Ramayana ini digelar di panggung terbuka Taman Balekambang Solo. Pada bulan ini, penyaji akan membawakan cerita mengenai Kumbakarna Senopati yang akan digelar Jum’at malam 21 September 2018. Kesenian tradisional itu bisa dinikmati secara gratis oleh wisatawan.

4. Wayang Orang Sriwedari

Wayang orang merupakan sebuah pertunjukan yang memadukan berbagai cabang seni, seperti tari, sastra, karawitan hingga olah vokal. Semuanya terangkum dalam sebuah tarian yang membawakan cerita Mahabharata maupun Ramayana. Wayang Orang Sriwedari yang sudah berusia lebih dari seabad itu pentas setiap hari, kecuali Minggu. Pada Sabtu, 22 September 2018, mereka akan membawakan kisah Sembadra-Srikandi Kembar. Wisatawan bisa menyaksikan tontonan klasik itu dengan tiket masuk yang dijual seharga Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribu. (EP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.