Home ART & CULTURE Membaca Karakter Seseorang Lewat Tulisan Shodo

Membaca Karakter Seseorang Lewat Tulisan Shodo

0
101
Shodo, Kaligrafi ala Jepang

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Ingin tahu karakter seseorang bagus atau tidak, bisa dilihat dari hasil tulisan tangannya berupa kaligrafi (Shodo) dalam bahasa Jepang. Shodo saat ini tengah trend dalam masyarakat Jepang. Merupakan tulisan tangan asli yang tediri yang bisa menimbulkan rasa percaya diri dan mengubah karakter seseorang menjadi positif.

“Shodo sudah ada di Jepang sejak 600 tahun lalu. Sekarang mulai dibangkitkan kembali. Banyak komunitas menulis indah ini muncul dan membawa aura positif bagi masyarakat,” kata sensei Suika Terayama, guru Shodo terbaik di Jepang, saat memaparkan tentang Shodo di Jakarta, Rabu (24/7/2019).

Menurut rencana top Shodo-ka sensei tersebut, akan melakukan performance pada kanvas besarnya dengan penulisan Shodo bagi masyarakat Indonesia di NAM Hotel Kemayoran, Jumat 26 Juli 2019.

Penampilan sensei Terayama tersebut, tambah Richard Y. Susilo, Komisaris Pandan College yang membawa Shodoka dan timnya ke Indonesia, juga disertai dengan informasi bagaimana cara terbaik sekolah ke Jepang, dan kiat bisa bekerja di Jepang. Apalagi adanya sistem baru Tokutei Ginou (TG).

Terayama menjelaskan bahwa menulis indah adalah sesuatu yang sangat baik dalam bidang pendidikan, untuk membentuk karakter seseorang ke arah yang lebih positif.

Menurut dia, ada tiga macam penulisan Shodo. Yaitu Hiragana, Katakana, dan Kanji. Bagi pemula mulai belajar menulis Shodo dengan cara Hiragana. Kemudian meningkat ke Katakana, dan terakhir dengan penulisan Kanji.

Menulis Shodo memang perlu kesabaran dan ketelatenan. Seseorang yang rutin belajar dan menulis Shodo, sekitar 10 tahun baru bisa lancar dan memahami menulis indah tersebut.

Terayama menjelaskan budaya menulis indah ala Jepang itu kini kembali populer di Negeri Sakura tersebut, seiring dengan semakin banyaknya orang asing datang ke Jepang. Untuk memasyarakatkan shodo ke Indonesia, Terayama juga menggelar seminar di Denpasar, Bali, pada Sabtu (27/7/2019).

Terayama menambahkan Shodo banyak sekali manfaatnya bagi kehidupan manusia. Karena shodo mencerminkan sebuah karakter dari seorang manusia. Shodo merupakan sebuah budaya dan seni yang sangat indah dan kuat penampilannya.

Saat ini di Jepang, lanjutnya, berbagai perusahaan, kafe dan toko kini banyak menggunakan lukisan dan tulisan Shodo untuk memperindah dan meningkatkan motivasi kerja. “Bahkan menu makanan ditulis dalam bentuk huruf Shodo, sehingga semakin memperkental rasa Jepang.

“Saya senang sekali kalau Shodo juga bisa memasyarakat di Indonesia. Karena kaligrafi Jepang ini memang sangat positif bagi kehidupan manusia. Sehingga membantu karakter manusianya jauh lebih baik lagi dibandingkan sebelumnya,” ujar Terayama. ([email protected])

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.