INTERNATIONAL NEWS

Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa Adakan Sesi Khusus Pertama Pariwisata

NEW YORK, bisniswisata.co.id: Debat Tematik Tingkat Tinggi diselenggarakan oleh Majelis Umum PBB dipimpin, Yang Mulia Abdulla Shahid, bekerja sama dengan Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO). 

Di General Assembly Hall lalu,  perwakilan pemerintah bergabung dengan pemangku kepentingan publik dan swasta dalam mengakui kemampuan unik pariwisata untuk mendorong perubahan positif.

Pariwisata untuk harapan dan kesempatan

Sebagai Sekretaris Jenderal UNWTO pertama yang berpidato di Majelis Umum PBB, Zurab Pololikashvili menekankan bahwa sekaranglah saatnya untuk membangun masyarakat yang tangguh dan damai.

Pariwisata dapat membantu mewujudkannya!  Pariwisata adalah penyedia peluang terkemuka karena didasarkan pada manusia, membangun jembatan dan membantu menciptakan hari esok yang lebih baik bagi orang-orang di mana pun, kata Zurab Pololikashvili.

Bergabung dengan Sekretaris Jenderal Pololikashvili dalam membuka sesi adalah Presiden Majelis Umum dan Wakil Sekretaris Jenderal PBB dan Ketua UNSDG Anima J. Mohammed.

Dia mencatat bahwa setiap bagian dari sistem Perserikatan Bangsa-Bangsa, termasuk Organisasi Pariwisata Dunia sebagai badan khusus  untuk sektor ini, dapat memanfaatkan pariwisata untuk membantu mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, dari pertumbuhan inklusif hingga pemberdayaan gender dan perlindungan keanekaragaman hayati. kata Anima J. Mohammed.

Presiden Majelis Umum PBB Abdulla Shahid juga menekankan pentingnya pariwisata, terutama untuk pulau-pulau kecil dan negara berkembang.  

“Kami menghadapi peluang penting untuk tidak hanya memulai kembali pariwisata, di mana begitu banyak orang bergantung pada pekerjaan dan mata pencaharian mereka, tetapi juga untuk mengubahnya agar lebih tangguh, lebih berkelanjutan, dan lebih bertanggung jawab.” katanya.

Memperdebatkan orang, planet, dan kemakmuran

Obrolan lain, yang dipandu oleh pembawa acara CNN International Richard Quest, mencerminkan tantangan yang dihadapi melalui pemulihan pariwisata, membahas cara terbaik untuk merekonsiliasi potensi pertukaran antara kebutuhan akan pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja dengan upaya memajukan keberlanjutan secara keseluruhan.

Debat tingkat tinggi juga menampilkan diskusi meja bundar khusus yang berfokus pada pariwisata untuk masyarakat, dengan penekanan pada inklusivitas. 

Ini diikuti dengan diskusi meja bundar tentang percepatan transformasi pariwisata ramah iklim.  Penutupan diskusi meja bundar ketiga berfokus pada penyegaran kembali investasi di bidang pariwisata.

Menempatkan pariwisata di Majelis Umum

Menjelang debat, Sekretaris Jenderal UNWTO Pololikashvili telah bertemu dengan Presiden Majelis Umum PBB Abdulla Shahid untuk berdiskusi tentang peran pariwisata dalam pekerjaan PBB yang lebih luas.  

Presiden Shahid memuji kerja UNWTO dalam memandu pariwisata terlebih dahulu melalui krisis terbesar dalam sejarahnya dan sekarang melalui pemulihan sektor tersebut.  

Pertemuan tingkat tinggi itu juga meletakkan dasar bagi potensi masuknya pariwisata sebagai topik debat tahunan atau sesi tematik dalam Majelis Umum PBB.

 

Hilda Ansariah Sabri

Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers dan Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat (2018-2023)