NEWS

Lima Hutan Terpadat di Bumi

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Sangat sulit untuk mengukur seberapa padat hutan. Hutan lebat adalah hutan yang ditumbuhi pepohonan atau pohon-pohon yang tumbuh sangat rapat.

Dilansir dari Seasia.co, berikut adalah 5 hutan terpadat di dunia.

1.Cekungan Amazon

Cekungan Amazon di Amerika Selatan adalah rumah bagi hutan hujan tropis terbesar di dunia. Amazon adalah sungai terpanjang dan terbesar kedua di dunia yang tersebar di sembilan negara. 

Cekungan Amazon meliputi 7.000.000 kilometer persegi (1,2 miliar hektar), sedangkan hutan itu sendiri, rumah bagi berbagai tumbuhan dan hewan terbesar di Bumi, menempati sekitar 5.500.000 kilometer persegi.

Sebagian besar hutan terdapat di Brasil, dengan 60% dari hutan hujan, diikuti oleh Peru dengan 13%, dan dengan jumlah kecil di Kolombia, Venezuela, Ekuador, Bolivia, Guyana, Suriname, dan Guyana Prancis. 

Seperlima dari semua tumbuhan dan burung di dunia dan hampir sepersepuluh dari semua spesies mamalia ditemukan di sini.

2.Cekungan Kongo

Sungai Kongo, sungai terpanjang kedua di Afrika, menghasilkan hutan hujan terbesar kedua di planet ini bersama dengan anak-anak sungainya. hutannya yang luas melintasi enam negara Afrika (Kamerun, Republik Afrika Tengah, Gabon, Kongo, dan Zaire).

Hutan yang membentang dari Pegunungan Bulan di Republik Demokratik Kongo bagian timur hingga pantai Teluk Guinea. Ini adalah tanah yang dibuat terkenal oleh petualangan Stanley dan Livingstone dan dikenal sebagai tempat kebrutalan dan kekerasan untuk masa lalunya.

3.Asia Tenggara

Hutan hujan Asia Tenggara adalah yang tertua, hutan hujan paling konsisten di planet ini. Hutan-hutan ini ada sejak zaman Pleistosen selama lebih dari 70 juta tahun. 

Hutan Asia Tenggara adalah salah satu hutan yang paling beragam secara biologis di Bumi. Hutan hujan ini terbentang dari India dan Burma di barat hingga Malaysia dan pulau Jawa dan Kalimantan di timur.

4.Hutan Beriklim Australia

Terdiri dari hutan beriklim dataran rendah di sekitar Great Dividing Range, Hutan Beriklim Australia Tenggara terdiri dari berbagai macam vegetasi.

Tidak seperti daratan Australia lainnya, wilayah ini memiliki air yang baik dengan iklim sedang. Campuran beragam vegetasi ditemukan di seluruh ekoregion ini, termasuk vegetasi pantai, kesehatan lebat, hutan hujan sedang, komunitas riparian, hutan sclerophyll basah, hutan sclerophyll kering, dan hutan kayu putih.

Genus Australia klasik, Eucalyptus mendominasi di semua wilayah Australia yang berair lebih baik, termasuk hutan beriklim Australia Tenggara.

Ada sekitar 700 spesies Eucalyptus, dan hanya tujuh yang ditemukan di luar Australia. Baru-baru ini hutan ini ditemukan sebagai rumah bagi hutan paling padat karbon di dunia, menurut para peneliti dari Australian National University.

5. Taiga

Bioma Taiga, bagian selatan dari bioma juga dikenal sebagai hutan Boreal, membentang di sebagian besar Kanada, Eropa dan Asia. 

Ini adalah bioma terbesar di dunia. Ini memiliki iklim kontinental yang keras dengan kisaran suhu yang sangat besar antar musim. Ada dua jenis utama taiga, hutan tertutup, yang terdiri dari banyak pohon jarak dekat dengan penutup tanah berlumut, dan hutan lumut, 

Pohon-pohon yang jaraknya lebih jauh dan penutup tanah lumut; yang terakhir ini lebih umum di taiga paling utara. Taiga adalah rumah bagi sejumlah mamalia herbivora besar dan hewan pengerat yang lebih kecil.

 

Arum Suci Sekarwangi