Libur Lebaran, Yogya Siapkan Posko Informasi Wisata

0
187
Malioboro Yogyakarta (Foto: 1001wisata.com)

YOGYAKARTA, bisniswisata.co.id: Mempermudah wisatawan berkunjung ke Yogya selama libur Lebaran 2018, Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan empat posko informasi wisata sebagai pusat pelayanan wisatawan dari luar kota. Posko itu berdiri disimpang empat Tugu Yogyakarta, Malioboro, Bandara Adisutjipto, serta “Tourist Information Center” (TIC) di kompleks Kantor Dispar DIY.

“Semua informasi mengenai destinasi wisata bisa ditanyakan di situ,” kata Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta di Yogyakarta, Selasa (12/6/2018).

Melalui posko itu, sambung dia, para wisatawan akan mendapatkan beragam pilihan destinasi wisata alternatif serta daftar event wisata yang digelar selama Lebaran. “Melalui posko itu petugas akan memberikan layanan informasi apapun yang dibutuhkan wisatawan. Kami juga menyediakan peta pariwisata yang berisi destinasi wisata, event wisata serta lokasi kuliner dan hotel di Yogyakarta,” kata dia.

Pembukaan posko, selain sebagai sarana pelayanan informasi, juga bertujuan untuk meningkatkan persebaran aktivitas wisatawan di Yogyakarta sekaligus mengurangi kepadatan di destinasi tertentu.

“Dengan memperoleh informasi dari posko Lebaran tersebut, wisatawan diharapkan tidak hanya mengunjungi objek wisata populer, melainkan juga dapat mengunjungi puluhan objek wisata alternatif yang tersebar di DIY,” kata dia seperti dikutip laman Antara.

Sementara, untuk rekomendasi libur Lebaran 2018 ada beberapa destinasi wisata di Yogyakarta yakni Menurut dia, Taman Tebing Breksi di Sleman, objek wisata di wilayah perbukitan Mangunan, Bantul, Gunung Api Purba, Nglanggeran, Gunung Kidul, serta Kali Biru di Kulon Progo.

Jogja merupakan salah satu tujuan wisata di Indonesia, setelah Bali. Selain tempatnya yang nyaman, masyarakatnya juga ramah tamah terhadap pendatang. Banyak rekomendasi tempat wisata yang bisa kita kunjungi ketika berada di kota Jogja. wisatawan bisa menjelajahi beberapa tempat yang masih alami, eksotis, hingga yang agak ekstrem sehingga menguras adrenalin hingga habis.

Memang, kota Jogja merupakan surganya tempat wisata mulai wisata alam, wisata kuliner, wisata belanja hingga wisata sejarah pun ada. Tempat wisatanya pun banyak sekali sehingga ketika kita hanya beberapa hari saja di Jogja tidak akan sanggup untuk mengunjungi kesemuanya. Ada beberapa tempat wisata di kota jogja yang wajib kalian kunjungi dengan waktu singkat:

#. Jalan Malioboro

Tak lengkap rasanya jika ke kota Gudeg tanpa mengunjungi Malioboro. Malioboro merupakan salah satu pusat perbelanjaan yang cukup ramai disambangi para wisatawan karena harga oleh-oleh yang cenderung terjangkau. Berbagai pernak-pernik khas Yogyakarta mulai dari batik hingga tas dan sepatu siap mengisi kantong oleh-oleh. Selain wisata belanja, di Jalan Maliboro bisa selvie papan nama jalan seperti yang lagi trending di sosial media ketika mereka datang ke Jogja. Di Jalan Malioboro juga ada wisata kuliner lesehan tempat makan yang ada ketika malam hari, sekalian menikmati suasana malam Malioboro.

#. Alun-alun Yogyakarta

Yogya memang dikenal dengan keratonnya. Juga bisa bersantai di Alun-Alun menjadi salah satu referensi untuk menghabiskan liburan Lebaran. Juga bisa melakukan berbagai aktivitas menarik mulai menjajal kuliner khas Yogyakarta, merasakan naik becak hias hingga duduk bersantai di alun-alun.

#. Tugu Jogja

Tempat wisata jogja kedua yang wajib dikunjugi adalah Tugu Jogja. Tugu Jogja merupakan salah satu icon Kota Jogja, jadi untuk menandakan kalian sudah pernah ke Jogja harus foto – foto dan mengabadikan moment di Tugu Jogja. Kan kasihan tuh sudah pernah ke Jogja tapi belum foto – foto di Tugu Jogja alhasil malah di bully belum pernah ke Jogja. Heheheh.

#. Benteng Vredeburg

Benteng ini merupakan peninggalan penjajahan Belanda, letaknya tidak jauh dari Jalan Maliboro sebelah selatan. Disini kita bisa menikmati peninggalan peninggalan masa penjajahan dahulu, selain itu bisa berfoto ria di seputaran Benteng Vredeburg.

#. Keraton Yogyakarta

Inilah sebenarnya icon dari Kota Jogja, karena dengan adanya Keraton menandakan bahwa Jogja dahulunya memang Negara Kerajaan yang diperintah oleh Raja. Oleh karena itu hingga saat ini Jogja menjadi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

#. Bukit Bintang

Menikmati kota Yogyakarta di malam hari ditemani dengan kelap-kelip lampu serupa dengan bintang. Ya, di Bukit Bintang, Anda bisa menikmati kota Yogyakarta yang tiba-tiba berubah menjadi lautan bintang. Tempat ini terletak di jalur Yogyakarta menuju Wonosari, tepatnya di kilometer 16. Lokasi ini memang tekenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk mengamati kota Yogyakarta di malam hari dari ketinggian dan tentunya cocok untuk dijadikan tempat liburan Lebaran.

#. Hutan Pinus Mangunan

Berpiknik di hutan pohon pinus dengan pemandangan yang apik tentu sangat mengasyikkan. Ditambah dengan pemandangan sekeliling hutan yang cocok dijadikan tempat berfoto. Di Hutan Pinus Mangunan, Anda juga bisa menyewa hammock. Tak lupa jika ada waktu, sempatkan untuk berkemah di bawah rindangnya pohon pinus. Anda akan melihat hamparan bintang-bintang di langit Yogyakarta yang super cantik.

#. Pantai Parangtritis

Sebuah pantai yang berada di bagian selatan Kota Jogja, banyak dikenal dengan pantai Nyi Roro Kidul. Walaupun kita mendengarnya dalam sebuah dongeng atau mitos, tetapi pantai ini banyak dikunjungi dan menjadi salah satu rekomendasi tempat wisata di jogja yang wajib kalian kunjungi.

#. Pantai Depok

Ketika menuju Pantai Parangtritis, kalian juga harus ke Pantai Depok. Pantai yang tidak begitu besar, tetapi disini kalian bisa memakan makanan laut yang masih segar. Bagi yang suka makan laut sangat cocok untuk berkunjungi kesini. So, Pantai Depok juga menjadi destinasi tempat wisata yang wajib dikunjungi.

#. Gumuk Pasir

Ini merupakan salah satu keajaiban dunia yang tidak bisa kita fikirkan, kita dapat menemukan Gumuk Pasir ini tidak jauh dari Pantai Depok dan Parangtritis. Ketika ingin ke Pantai Parangtritis, maka kita akan melewati Gumuk Pasir. Disini juga banyak komunitas Sand Boarding melakukan atraksi dan latihan.

#. Upside Down World Jogja

Ini merupakan destinasi wisata baru yang ada di Jogja, berlokasi di Jalan Ringroad Utara tidak jauh dari Kantor Pajak. Disini kalian bisa berfoto ria dan bernarsis ria dengan seolah olah kalian sedang foto terbalik. Upside Down World ini merupakan destinasi wisata yang wajib dikunjungi dan menjadi salah satu destinasi wisata yang lagi trending saat ini.

#. Kalibiru

Ingin menikmati serunya wisata alam sembari outbound menatang, Kalibiru tempatnya. Juga menikmati banyak kegiatan menarik seperti naik ke rumah pohon menyaksikan pemandangan Perbukitan Menoreh. Bahkan bisa melakukan aksi menantang seperti meluncur dengan flying fox juga penjelajahan di alam seperti menyeberang jembatan gantung yang berada puluhan meter dari atas tanah juga bisa membuat adrenalin meningkat. Kalibaru kini semakin ramai dikunjungi karena memiliki spot – spot foto yang membuat orang lain takjub.

#. Goa Pindul

Buat yang hobby wisata air, maka Goa Pindul merupakan salah satu tempat wisata yang wajib dikunjugi ketika kalian berwisata di Jogja. Berlokasi di daerah Kabupaten Gunung Kidul, Goa Pindul merupakan destinasi wisata yang digunakan untuk wisata susur goa atau sering disebut dengan nama cave tubing. (NDY)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.