Lebaran, Bandara Ngurah Rai Waspadai Erupsi Gunung Agung

0
171
Gunung Agung Bali (Foto: http://indotrip.com/)

DENPASAR, bisniswisata.co.id: Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali mewaspadai munculnya kembali erupsi Gunung Agung di Karangasem yang bisa mengganggu penerbangan. Meski prosedur pengamanan sudah disiapkan di Bandara Ngurah Rai, yang mengacu pada standar yang ditetapkan pada 2017, dan diberlakukan baik untuk pesawat udara, penumpang, maupun pengiriman barang.

“Kami sudah buat standar pada 2017 saat terjadi erupsi,” kata General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Ngurah Rai, Haruman Sulaksono, dalam keterangan resminya dilansir laman Tempo.com, Rabu (29/05/2019).

Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah IV, Elfi Amir, juga menyatakan perlu waspada terhadap erupsi Gunung Agung. Jika pendaratan pesawat sampai tidak bisa dilakukan di Bandara Ngurah Rai maka akan dialihkan ke beberapa bandara lain.

Pengalihan pendaratan akan diarahkan ke Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Bandara Internasional Hasanudin, Makassar, Bandara Haji Aji Muhammad Sulaiman, Balikpapan, Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, Lombok, serta Bandara Internasional El Tari, Kupang.

Dan untuk penutupan bandara, dia melanjutkan, keputusan akan diambil setelah melakukan beberapa pengecekan, seperti tes kertas, rekam pilot, pantauan Satelit Himawari, dan informasi dari BMKG. “Setelah melakukan koordinasi dengan beberapa pihak, baru bisa diambil keputusan tutup bandara atau tidak,” ujar Elfi.

Otoritas Bandar Udara Wilayah IV bakal terus melakukan pengecekan pesawat untuk memastikan keamanan dan kenyaman mudik dan liburan Lebaran 2019 di tengah antisipasi erupsi Gunung Agung. Elfi menyebut pengecekan dilakukan di tiga bandara, yakni Bandara Ngurah Rai, Bandara Zainuddin Abdul Madjid, dan Bandara El Tari. “Tetap terus kami lakukan pengecekan,” ujarnya. (NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.