DESTINASI INTERNATIONAL NEWS

Leap of Hope Tema Saudi Arabia Rayakan Hari Macan Tutul Arab Internasional 2024

Komisi Kerajaan untuk AlUla merayakan Hari Macan Tutul Arab Internasional dengan Kampanye ‘Lompatan Harapan’ baru untuk memperkuat kesadaran dan tindakan global guna melestarikan spesies Kucing Besar yang terancam punah

SAUDI ARABIA, bisniswisata.co.id: Sorotan Hari Macan Tutul Arab Internasional 2024 mencakup film kampanye dan peluncuran pengalaman bermain game yang imersif di platform online Roblox dan Decentraland

Kampanye ‘Leap of Hope‘ melambangkan kemampuan atletik Macan Tutul Arab dalam menangkap mangsa di alam liar, dengan ‘leap’ juga merupakan kata benda kolektif untuk sekelompok macan tutul

Menyusul deklarasi Hari Macan Tutul Arab Internasional yang pertama pada tanggal 10 Februari, Royal Commission for AlUla (RCU) terus memperluas misi jangka panjangnya untuk melindungi spesies Kucing Besar yang ‘Kritis’ dari dunia fisik ke dunia maya.

Sebagai bagian dari kampanye ‘Leap of Hope‘ baru RCU, seruan aksi tahunan untuk melestarikan Macan Tutul Arab edisi internasional tahun ini mencakup peluncuran pengalaman bermain game ‘Quest for Hope’ di platform online Roblox dan Decentraland.

Dinamakan ‘Leap of Hope‘ yang diambil dari kehebatan atletik Macan Tutul Arab dan kemampuan menangkap mangsanya di alam liar, kampanye tahun ini juga menekankan kebutuhan mendesak untuk meningkatkan jumlah populasi di alam liar – ‘lompatan’ adalah kata benda kolektif untuk sekelompok macan tutul.

Mulai hari ini, kampanye ‘Leap of Hope‘ akan memasang papan reklame yang menarik perhatian di kota-kota termasuk Beijing, London, New York, dan Paris untuk menunjukkan ambisinya yang berani serta menyoroti tujuan RCU untuk meregenerasi AlUla secara komprehensif, wilayah luas di barat laut Arab Saudi, sebagai tujuan global terkemuka untuk warisan budaya dan alam.

Di AlUla sendiri, acara Community Catwalk pada Hari Macan Tutul Arab Internasional, yang diselenggarakan oleh RCU dan Catmosphere, akan mendorong masyarakat untuk terhubung dengan alam saat mereka mengikuti rute hingga 7 km di Jalur Catwalk Sharaan, sehingga menarik perhatian masyarakat setempat terhadap kampanye ini dan tujuan jangka panjangnya di barat laut Arabia dan sekitarnya.

 

Di ruang digital, sebuah petualangan mendalam, ‘Quest for Hope’ melibatkan para gamer global untuk mengetahui dampak nyata dari status ‘Kritis’ Macan Tutul Arab di alam liar dengan bergabung dalam misi konservasi virtual untuk mencari lanskap digital yang diciptakan kembali secara ahli yang mencerminkan lanskap tersebut. habitat asli Kucing Besar, termasuk pegunungan AlUla di barat laut Arabia.

Game baru yang canggih dan menarik ini melengkapi peluncuran film kampanye yang membawa penonton menyelami penderitaan Macan Tutul Arab, menjelaskan peran penting yang dimainkan macan tutul dalam memulihkan keseimbangan lingkungan alam dan memungkinkan ekosistem penting untuk berkembang.

Hari Macan Tutul Arab pertama kali diluncurkan oleh RCU pada tahun 2022. Pada bulan Juni 2023, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa dengan suara bulat mengeluarkan resolusi yang menetapkan tanggal 10 Februari sebagai Hari Macan Tutul Arab Internasional, untuk mendukung RCU dan mitra konservasinya.

Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN) memberi peringkat Macan Tutul Arab sebagai ‘Sangat Terancam Punah’ (Critically Endangered), yang mewakili tingkat risiko yang lebih parah dibandingkan Rentan atau Terancam Punah. Jika populasinya terus menurun, tahap berikutnya dalam Daftar Merah Spesies Terancam Punah IUCN adalah Punah di Alam Liar, dan yang terakhir, Punah.

Program Pembiakan Konservasi Macan Tutul Arab RCU baru-baru ini mencapai keberhasilan dalam memastikan populasi macan tutul yang sehat di penangkaran, menyambut kelahiran tujuh anak macan tutul yang sehat pada tahun 2023 dan memperkenalkan ‘pendiri’ Macan Tutul Arab yang baru untuk meningkatkan keragaman genetik hewan pembiakannya dan berkontribusi pada kemajuan tujuan konservasi jangka panjang.

Dr.Stephen Browne, Wakil Presiden Margasatwa & Warisan Alam di RCU, mengatakan: “Hari Macan Tutul Arab Internasional adalah kesempatan penting untuk menarik perhatian dunia terhadap penderitaan Macan Tutul Arab dan misi RCU untuk melestarikan dan melindungi lingkungan alam AlUla.

“Meskipun keberhasilan baru-baru ini memberi kita harapan, kami menyadari bahwa upaya konservasi harus terus memastikan bahwa spesies ini suatu hari nanti dapat berkembang biak di alam liar,” ungkapnya.

Kami mendorong komunitas internasional untuk bergabung bersama kami dalam Hari Macan Tutul Arab dengan terlibat dalam kegiatan yang memperkuat pemahaman kita tentang Macan Tutul Arab. dan cinta untuk Kucing Besar yang luar biasa ini. (PRNewswire)

Hilda Ansariah Sabri

Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers dan Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat (2018-2023)