Kunjungan Wisatawan Asing ke Bali Jeblok

0
25
Wisatawan India di Bandara Bali (Foto: http://www.suratkabar.id)

DENPASAR, bisniswisata.co.id: Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) maupun pesawat terbang yang dilayani Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, sepanjang Januari-Juli 2019, jeblok alias menurun jika dibandingkan dengan di periode yang sama tahun sebelumnya.

Selama tujuh bulan ini bandara Bali ini, mencatat melayani 13.398.700 penumpang dan 87.724 pergerakan pesawat udara. Padahal, pada Januari-Juli 2018 jumlah penumpang mencapai 13.455.719 orang sehingga terjadi penurunan 57.019 penumpang (0,4%). Sementara itu, perge-rakan pesawat udara menurun 5.002 pergerakan (5%).

“Walaupun (jumlah penumpang dan pesawat) turun jika dibandingkan dengan periode yang sama di 2018, pada Juli 2019 kami kembali mencatat beberapa hal positif,” kata General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Herry AY Sikado.

Seperti dilansir laman Medcom, Rabu (07/08/2019), menyebutkan jumlah penumpang dan jumlah per-gerakan pesawat pada Juli lalu meningkat bila dibandingkan dengan Juni 2019. Ia menilai hal tersebut merupakan sinyal positif di awal semester kedua tahun ini.

Juli 2019 tercatat 2.233.539 penumpang dilayani bandara Bali ini, meningkat 4% jika dibandingkan dengan Juni. Begitu pula pergerakan pesawat, pada Juli mengalami pertumbuhan 2%. “Catatan di bulan Juli 2019 ini juga merupakan catatan yang sangat positif jika dibandingkan dengan rata-rata jumlah penumpang dan per-gerakan pesawat per bulan selama semester pertama tahun 2019 ini,” tuturnya.

Selama semester pertama 2019, kata Sikado, rata-rata jumlah penumpang per bulan sebanyak 1.860.860 orang. Namun, kemudian pada Juli jumlahnya mencapai 2.233.539 penumpang sehingga selama Juli jumlah penumpang lebih tinggi 20% bila dibandingkan dengan rata-rata bulanan selama semester pertama 2019.

Ia juga melihat dua hal positif dari dibukanya dua rute domestik penerbangan maskapai Indonesia Air Asia pada awal Agustus ini, yakni rute Bali-Lombok PP dan Bali-Labuan Bajo PP. Hal positif pertama ialah adanya optimisme maskapai dalam melihat peluang di rute domestik.

Kedua, dua rute tersebut akan berkontribusi positif terhadap pertumbuhan penumpang rute domestik. Sejak enam bulan sebelumnya, beberapa rute internasional juga lebih dulu dibuka.

Sementara itu, dalam upaya pengembangan pariwisata di Pulau Dewata, menurut rencana, Pelabuhan Sanur akan dikembangkan untuk menghubungkan Pulau Bali dengan Nusa Penida dan Nusa Lembongan. Rencana tersebut mendapat dukungan dari Komisi V DPR RI.

Menurut ketua tim kunjungan Komisi V DPR, Lasarus, pelabuhan di Sanur, Nusa Penida, dan Lembongan sangat layak untuk segera dibangun dalam rangka membangun pertumbuhan pariwisata dan perekonomian masyarakat.

Wisata Bangka

Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung (Babel), juga optimistis kunjungan wisatawan ke daerah tersebut akan mencapai target sebanyak 100 ribu wisatawan. Bupati Bangka, Mulkan, beberapa waktu lalu mengatakan, pada 2018 jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bangka tercatat sebanyak 86 ribu orang, sedangkan pada tahun sebelumnya hanya 75 ribu orang.

Oleh karena itu, lanjutnya, ia optimistis target 100 ribu wisatawan pada tahun ini tercapai. Berbagai upaya untuk mencapai target tersebut terus dilakukan agar wisatawan tertarik berkunjung ke Bangka. (NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here