Kuliner Paling Populer & Ngetrend Selama 2017

0
312
Ayam Geprek

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Sepanjang tahun 2017 ternyata ada kuliner makanan maupun minuman yang menjadi tren hingga viral. Berbagai macam kuliner itu ada yang hasil inovasi pecinta kuliner di Indonesia, bahkan ada kuliner yang diimpor dari negara lain dan dipasarkan di tanah air.

Berikut ini makanan dan minuman paling populer di tahun 2017 yang dihimpun KompasTravel.

# Kue Kekinian ala Artis

Di tahun 2017, mulai berjamur gerai oleh-oleh kekinian milik sederet artis. Gerai oleh-oleh tersebut ada di berbagai kota di Indonesia. Beberapa gerai oleh-oleh tersebut bernaung di bawah satu manajemen. Kue kekinian tersebut hadir di kota Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, Bandung, Cirebon, Semarang, Solo, dan Yogyakarta. Lalu juga di Surabaya, Malang, Medan, Makassar, Pontianak, Palembang, Jambi, Lampung, dan Kendari. Kue kekinian rata-rata merupakan kue lapis pastry, bolu gulung, atau pie yang dilengkapi dengan topping krim, juga rasa yang beragam dari masing-masing gerai.

# Ayam Geprek

Hidangan ayam geprek sempat menjadi tren di kalangan pecinta kuliner di Jakarta. Terbukti dari menjamurnya kedai ayam geprek di berbagai sudut ibu kota. Menu makanan ini terdiri dari ayam goreng tepung, kemudian digeprek, dan dilumuri dengan sambal. Alhasil menghasilkan rasa pedas yang menggiurkan. Tidak hanya sebatas ayam, para penjual ayam geprek ini juga menawarkan berbagai topping mulai keju mozzarella, cabai hijau, telur, kulit ayam, kol goreng, hingga mie goreng atau Samyang. Lebih pas lagi, jika ayam geprek disantap bersama nasi putih. Beberapa kedai ayam geprek yang ada di Jakarta, antara lain Iam Geprek Bensu, Ayam Keprabon Express, Ayam Blenger PSP, dan Ayam Geprek Mas Eko. Ayam geprek dibanderol mulai dari harga Rp 11.000.

# Cheesetart

Cheesetart asal Jepang pun menjadi salah satu kuliner favorit masyarakat di Jakarta hingga tahun 2017. Cheesetart ini memiliki perbedaan dengan cheesecake, sebab adonan kejunya sengaja dibuat setengah matang sehingga lebih creamy. Di Jakarta sendiri ada gerai cheesetart asal Jepang yang banyak diminati warga Jakarta, di antaranya Pablo, Hokkaido, BreadLife, dan Uncle Tetsu. Beberapa gerai menjual cheesetart dengan harga satu potongnya mulai dari Rp 15.000. Sementara, untuk Japanese Cotton Cheese Cake dari Uncle Tetsu dihargai Rp 80.000 per loyang.

# Pisang Nugget

Pisang nugget merupakan pisang yang dibalut dengan telur, tepung terigu dan tepung panir/tepung roti. Pisang goreng biasanya hanya menggunakan tepung terigu yang dicampur dengan telur. Olahan pisang ini pun menjadi populer, sebab dihidangkan dengan berbagai topping. Mulai dari selai roti nutela hingga potongan biskuit pun bisa menjadi variasi rasa untuk pisang nugget ini. Kepopuleranya kian melonjak, hingga anak Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep pun membuka bisnis ini.

# Minuman Mangga

Olahan mangga yang dibuat menjadi dessert menjadi favorit di masyarakat. Minuman mangga pun menjadi hits di tahun 2017. Terdiri dari jus mangga, es serut mangga, whipped cream, dan diberi topping potongan buah mangga. Rasanya sendiri manis dan segar, timbul dari mangga matang kualitas baik yang dijus. Kemunculan minuman mangga ini dipelopori King Mango Thai yang mengolah jus mangga dengan wipe cream, susu, dan potongan buah segarnya.

# Kopi Susu Kekinian

Tren minuman lainnya adalah kopi susu. Mungkin dalam benak Anda kopi susu adalah minuman yang sederhana. Ya, pada dasarnya bahan yang dibutuhkan untuk membuat kopi susu tersebut sederhana, yakni kopi hitam, susu, dan gula aren. Namun, kopi susu yang dianggap sederhana ternyata disukai banyak orang. Tren es kopi susu disinyalir dimulai dari sebuah toko mungil di bilangan Cipete, Jakarta Selatan. Tuku, begitu nama toko tersebut, ketika sudah booming bahkan sempat disambangi Presiden Joko Widodo.

# Thai Tea

Minuman teh asal Thailand belakangan tengah digemari, terutama oleh kaum milenial di Indonesia. Hal tersebut terlihat dari gerai-gerai kecil yang ada di pusat perbelanjaan. Tidak hanya makin menjamur, antrean pembeli pun kerap kali terlihat panjang. Diantaranya adalah gerai minuman Dum-dum, chapayom, dan think thai. Tak kehabisan ide, para penjual minuman thai tea pun terus berkreasi. Salah satu minuman terkenal asal Thailand berlabel Kamu Tea banyak diposting pecinta kuliner. Kamu Tea menyuguhkan aneka minuman antara lain Milk Tea, Thai Tea, Matcha, Fruit Tea atau Fresh Tea, Coffee, Cocoa & Milk, juga Cheese Tea. Matcha Cheese Tea yang disebut-sebut paling banyak dipesan pembeli. Minuman matcha ini dilapisi dengan cream cheese, kemudian di atasnya ditaburi bubuk matcha. Di atas tutup minuman juga diberikan potongan jeruk lemon. (*)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.