Keunikan Kuliner Khas Manado yang Antimainstream

0
151
Kuliner Manado yang Antimainstream (Foto: Humas Bekraf)

MANADO, bisniswisata.co.id: Kuliner setiap daerah memang berbeda-beda pengelolaan, mengantongi ciri khas, rasanya, hingga memiliki keunikan tersendiri. Kuliner khas Manado, misalnya memang sudah terkenal dengan bubur Manado, ikan cakalang, ayam rica-rica hingga gohu ikan yang rasanya sungguh nikmat.

Ternyata, kuliner Manado masih ada yang unik, yang antimainstream, yang wajib dicicipi. Apalagi kuliner Manado yang antimainstream ini belum terkenal dengan cita rasa yang tidak diragukan lagi seperti Ayam Tinorangsak dan lainnya.

Berikut tiga kuliner khas Manado yang antimainstream seperti dilansir Posbelitun.co, antara lain:

#. Ayam Tinorangsak

Selain atam rica-rica yang identik dengan cita rasa pedasnya, sajian ayam tinorangsak khas Manado juga memiliki rasa pedas yang menggoda. Ayam tinorangsak adalah masakan khas suku Minahasa yang memiliki kuah yang terbuat dari campuran cabai merah, cabai hijau besar, jahe, dan kunyit bakar. Biasanya ayam tinorangsak dimasak di dalam batang bambu. Potongan daging ayam dan rempah-rempah dimasukkan ke batang bambu lalu dibakar pada tungku api terbuka akan mengeluarkan aroma yang membuat kamu lapar.

#. Garo Bunga Pepaya

Garo bunga pepaya adalah kuliner khas Manado yang cocok bagi kamu para vegetarian dengan cita rasa yang cocok untuk lidahmu. Garo bunga pepaya adalah kuliner Mando yang terbuat dari pepaya muda, daun melinjo hingga daun kemangi yang menyegarkan. Selain itu, kesegaran dari garo bunga pepaya terletak pada pemilihan rempahnya yang sangat nikmat disajikan dengan nasi hangat dan sensasi pedas dari cabai rawitnya.

#. Cumi Kawanua
Cumi Kawanua adalah adalah kuliner Manado yang merupakan modifikasi dari kuliner woku belangan dari warga Sulawesi Utara yang nikmat. Perbedaan antara cumi kawanua dengan woku belangan terletak dari bumbu rempahnya yang sangat melimpah. Cumi kawanua memiliki beragam rempah seperti bawang merah, putih, daun bawang, daun jeruk hingga kemangi yang terserap di dalam kuah dan cuminya. Biasanya cumi kawanua sangat nikmat disantap dengan nasi hangat dengan cita rasa pedas, asam dan gurih yang menjadi satu.

#. Pisang Goreng Sambal
Pisang merupakan buah buahan yang rasanya manis. Biasanya ketika seseorang membuat pisang goreng, tentunya akan enak bila ditambahkan dengan sesuatu yang manis manis pula. Makanan khas Manado ini memiliki gaya yang berbeda. Ya, di Manado, pisang goreng ditambahkan dengan sambal. Pisang goreng akan ditambahkan dengan sambal terasi yang pedas. Mungkin bagi kamu yang belum mencobanya hal ini tak terbayangkan bagaimana rasanya. Tetapi ternyata pisang goreng sambal ini sudah menjadi salah satu makanan khas Manado yang populer dan sering dikonsumsi orang orang. Biasanya pisang goreng ini juga ditambahkan dengan sambal dabu dabu atau sambal roa yang menambah cita rasa makanan khas Manado ini. Pisang yang digunakan untuk pisang goreng sambal ini biasanya pisang sepatu atau pisang goroho. Uniknya, pisang goroho ini malah lebih dipilih ketika pisang ini belum begitu matang.

#. Klappertaart

Klappertaart seakan akan terdengar bukan seperti makanan khas Manado, bahkan makanan khas Indonesia pun bukan. Tetapi ternyata kue ini merupakan warisan Belanda yang telah menjadi makanan khas Manado yang enak. Dalam Bahasa Belanda, Klappertaart mempunyai arti Tart Kelapa. Hal ini karena bahan dasar dari kue tart ini memanglah kelapa muda yang dicampur dengan susu, keju, kismis dan kacang kenari.
Ada dua jenis klappertaart, yaitu klappertaart yang dibakar dan klappertaart yang tidak dibakar. Walaupun begitu, kedua jenis klappertaart tersebut sama sama memiliki tekstur yang lembut dan rasanya sama sama enak. Bila disimpan terlebih dahulu di kulkas, klappertaart akan terasa lebih enak lagi. Jadi setelah diolah, usahakan simpan kalppertaart terlebih dahulu di kulkas untuk mendapatkan kenikmatan yang lebih sempurna. Sekarang ini, Klappertaart memiliki beragam varian rasa, seperti keju, cokelat dan durian. Salah satu makanan khas Manado ini sangat cocok untuk dijadikan oleh oleh kuliner utama dari Manado. Jadi kamu tidak boleh melewatkan klappertaart bila berkunjung ke Manado.

#. Dabu Dabu
Tak kalah dengan Bubur Tinutuan, makanan khas Manado satu ini juga merupakan makanan yang sudah tersohor di seluruh Indonesia. Sambal dabu dabu ini menjadi bukti bahwa orang Manado tidak bisa makan tanpa rasa pedas. Dabu dabu biasanya disajikan dengan disiram jeruk nipis serta ditambahkan irisan kemangi. Dengan varian yang beragam seperti dabu dabu iris, dabu dabu bakar, dabu dabu lilang, serta dabu dabu lemong membuat makanan menjadi bertambah lezat. Biasanya sambal dabu dabu ini dapat ditemukan di rumah makan yang menyediakan ikan bakar.

#. Cakalang Fufu
Cakalang fufu merupakan makanan khas Manado selanjutnya yang tak kalah enak. Daging ikan laut yang besar membuat siapapun mustahil untuk menolaknya. Tidak hanya enak, cakalang ternyata memiliki banyak kandungan yang menyehatkan bagi tubuh kamu. Bahkan cakalang dapat meningkatkan kecerdesan dan daya ingat otak serta berguna untuk pemulihan depresi. Cakalang ini terlebih dahulu diasapi lalu diolah menjadi berbagai menu makanan. Biasanya cakalang ini dicampurkan dengan saos yang mirip bumbu balado yang bercita rasa pedas. Selain itu, ada juga cakalang santan yang tak kaleh enak dibandingkan dengan cakalang saos ini. (NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.