Kawasan Wisata Mandeh Ditawarkan ke Investor

0
1049
Kawasan wisata Mandeh Sumbar (Foto: /dutapesonawisata.files.wordpress.com)

PAINAN, SUMBAR, Bisniswisata.co.id: Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) membuka kesempatan seluas-luasnya kepada investor baik dalam maupun luar negeri untuk berinvestasi di Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh, Pesisir Selatan.

“Untuk mengembangkan Kawasan Mandeh, kami membutuhkan investor namun yang serius bukan yang iseng-iseng,” kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Pesisir Selatan, Suardi di Painan, seperti diunduh laman Antaranews, Senin (29/01/2018).

Hal tersebut ia tekankan karena pada beberapa kesempatan terdapat beberapa investor yang mengungkapkan kesanggupannya mengelola Kawasan Mandeh namun patah di tengah jalan. Pelbagai kemudahan akan ditawarkan kepada investor yang serius diantaranya kemudahan pengurusan izin, pengurusan izin bisa dilakukan secara online dan izin yang diterbitkan gratis kecuali izin mendirikan bangunan.

Hal tersebut ditawarkan agar investor tidak merasa terbebani dengan pelbagai seluk beluk pelayanan. “Dengan adanya investor yang mengelola Kawasan Mandeh tentu saja pengembangan kepariwisataan di lokasi akan lebih terarah dan pastinya akan berdampak kepada perekonomian masyarakat sekitar,” ujarnya.

Dilanjutkan, beberapa pulau di Kawasan Mandeh yang bisa dikelola diantaranya Pulau Bintagor dengan luas 37 hektare, Pulau Pagang 32 hektare, Pulau Ular satu hektare, Pulau Marak 256 hektare. Juga, Pulau Cubadak 705 hektare, Pulau Taraju tiga hektare, Pulau Setan satu hektare, Pulau Sironjong Kaciak tiga hektare dan Pulau Sironjong Gadang 25 hektare dan beberapa pulau lainnya.

Di lokasi investor bisa mengembangkan berbagai wahana pariwisata, penginapan, dermaga bahkan juga bisa membuat restoran terapung. Dan Bukit Ameh memiliki luas 1.340 hektare dan sekitar 400 hektare saat ini dalam tahap pembebasan lahan. Di lokasi investor bisa membangun hotel berkelas internasional, lapangan golf, restoran dan lainnya

Kawasan Wisata Bahari Terpadu Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, pernah meraih peringkat pertama pada kategori Surga Tersembunyi Terpopuler di Anugerah Pesona Indonesia (API) II. Dari puncak Mandeh, pengunjung bisa melihat onggokan Pulau Traju, Sironjong Besar, dan Sironjong Kecil, Pulau Setan, hingga Pulau Cubadak.

Ke arah utara kawasan tersebut, pengunjung bisa menikmati gugusan pulau yang terlihat melingkar seperti Pulau Pagang, Pulau Marak yang berdampingan dengan Sikuai, serta Pulau Bintangor. Berpaling ke arah berlawanan, pengunjung disajikan dengan keindahan tanjung dengan riak air yang ringan ibarat sebuah danau. Keindahan ini yang membuat Menteri Arief Yahya berulang kali mengunjungi kawasan tersebut.

Mandeh menjadi proyek percontohan pengembangan kawasan wisata di Sumbar. Mandeh potensial dikembangkan sebagai kawasan wisata meningkat luas kawasan yang berjarak sekita 56 kilometer dari Kota Padang tersebut mencapai 18.000 hektare. (NDHYK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.