Kapal Pesiar Kelas Dunia, Bawa 3.790 Penumpang ke Bintan

0
139

Wisatawan Indonesia, Hilma Nurima berpose di samping kapal saat merapat.

BINTAN, Kepri, bisniswisata.co.id: Pundi-pundi kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Bintan, Kepri dipastikan bertambah lagi setelah suksesnya persinggahan pertama kali kapal pesiar (cruise) Voyager of the Seas dari Royal Caribbean International yang  tiba di Bintan dengan membawa sekitar 3.790 orang dari berbagai negara.

“Mereka tiba pertama kalinya di Bintan pada Kamis (2/5/2019) dan rencananya bulan Mei ini akan singgah lagi pada hari Minggu ini dilanjutkan tanggal 12 Mei serta 19 Mei 2019,” kata Wan Rudi Iskandar, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bintan, kepada TravelPlus Indonesia.

Kapal pesiar tingkat dunia tersebut berkapasitas 5.000 penumpang. Tapi yang diangkut kali ini sebanyak 3.790 orang dan yang turun ke Lagoi Bintani sekitar 3.000 orang,” terang Wan Rudi dan menambahkan bahwa di dalam kawasan Lagoi Bintan, ribuan penumpang kapal pesiar yang bertolak dari Singapura itu  berkunjung ke Lagoi Bay, Mangrove Bintan, Kota Tanjung Uban, dan hotel-hotel dalam kawasan Lagoi Golf.

Penumpang Royal Caribbean turun di Bintan ( foto-foto ig@adjitropis/ dok.wan rudi).

“Mungkin ada juga yang ke Kota Tanjung Pinang karena sudah dihendle oleh HPI Bintan dan pramuwisata Bintan,” ungkap Wan Rudi.

Menurut dia, para penumpang itu mengikuti paket berlangsung selama 3 malam.Perjalanannya dimulai dari Singapura lalu bersandar di Port Klang, Kuala Lumpur dan pada hari terakhir tiba di Bintan.

Di pulau yang memiliki banyak resort dan lapangan golf bertaraf internasional ini, ribuan penumpang kapal bersenang-senang dengan paket tour darat yang ditawarkan pihak Royal Caribbean untuk menikmati pemandangan yang indah atau mengenal budaya setempat.

Mereka ke Bintan Resorts yang terkenal dengan pantai pasir putihnya dan memiliki 13 hotel dan rresort. Pilihannya  sangat luas mulai dari berbagai macam kegiatan dalam ruang dan luar ruang, di antaranya bermacam water sports, Crystal Lagoon Treasure Bay yang merupakan kolam renang air laut terbesar di Asia Tenggara.

Mereka juga bisa menikmati  4 lapangan golf dengan desain yang berbeda, berbagai pijat tradisional dan terapi spa khas Indonesia, wisata mengunjungi hutan bakau serta wisata jalan kaki Safari Lagoi menikmati keindahan alam.

“ Penumpang cruise juga disuguhkan atraksi budaya dan tradisi unik Indonesia khususnya wilayah Kepri sambil menikmati hidangan lokal, terutama seafood segar,” kata Wan Rudi Iskanda

Serunya berfoto ria disegala sudut Lagoi. Bintan dan pantai-pantainya yang indah seperti Pantai Trikora ( foto: ig@adjitropis/ dok.wan rudi).

Di luar kawasan Bintan Resorts, mereka menikmati paket perjalanan selama 8 jam menjelajahi pesisir Pantai Trikora dan berkeliling ke Gua Suci yang  bersejarah guna mempelajari sejarah asal mula migrasi penduduk ke pulau ini.

Dalam paket perjalanan Tanjung Pinang, mereka belajar tentang warisan kebudayaan Cina di Tian Shang Miao, mengunjungi Lohan Temple dengan 500 patung-patung seukuran manusia,  lanjut ke Wihara Dharma Sasana dan mengunjungi biara tertua di Bintan.

“ Paket tour itu berakhir di bukit pasir yang indah dan laguna yang menampakkan warna air kebiru-biruan sehingga kenangan akan Bintan tak terlupakan,kata Wan Rusdi Iskandar.

Dia optimistis sekali ke depan kapal-kapal pesiar dunia makin banyak yang singgah di Bintan karena beragamnya aktivitas dan keindahan alam yang ditawarkan.

Sebelumnya kapal  pesiar Genting Dream Cruise dari Singapura telah membawa penumpang sebanyak 4.000 lebih wisman ke Bintan, tepatnya Sabtu,  23 Maret 2019.

Ketika itu penumpangnya paling banyak dari Singapura berjumlah 2.582 wisman, lalu India (1.344), Malaysia (196), Thailand, dan Filipina masing-masing sebanyak 35 wisman. Sedangkan dari Indonesia 33 orang.

Usai dari Bintan, kapal pesiar Voyager of The Seas kembali ke Singapura kemudian melanjutkan perjalanan Asia Tenggara dari Singapura sampai akhir Juni, di antaranya mencakup perjalanan 3 malam ke Penang, 4 malam ke Penang dan Phuket dan 5 malam ke Penang, Langkawi, dan Phuket.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here