Jokowi Ungkap Resto Favoritnya di Bogor

0
116
Resto Martabak dan Bakso Kiki (Foto: Instagram)

BOGOR, bisniswisata.co.id: Selasa lima tahun tinggal di Istana Bogor Jawa Barat, ternyata Presiden Joko Widodo (Jokowi) punya hoby nikmati kuliner tradisional, kuliner yang khas bahkan kuliner yang merakyat. Apalagi kuliner yang disajikan itu merupakan makanan rumahan, yang sangat cocok dengan seleranya.

Bahkan, kepuasan menikmati kuliner itu dilampiaskan dengan menulis di vlog kuliner miliknya. Dan ini bukan pertama kali diungkap dalam sebuah tulisan. Sebelumnya Kepala Negara mengunggah #JKWKULINER edisi Solo, kini mantan Gubernur DKI Jakarta melontarkan cuitannya soal kuliner favoritnya di kota Hujan, Bogor.

“Sudah lima tahun ini saya dan keluarga bermukim di Bogor, kota hujan dengan kebun raya luas, dan kian berkembang jadi kota besar. Salah satu yang menyenangkan dari kota ini adalah makanannya,” tulis akun Presiden Joko Widodo lewat kanal Youtube.

Dalam video berdurasi 10 menit, Presiden Jokowi membeberkan 3 restoran yang menjadi favoritnya selama tinggal di Bogor. Tak hanya pernah merasakan nikmatinya tiga restorant dengan datang langsung mengunjunginya, namun juga kuliner favoritenya pernah disajikan sebagai jamuan di Istana Negara.

Diakui, Bogor menyimpan begitu banyak rumah makan modern dan tradisional dengan resep dunia atau Nusantara. Apalagi jenis makanan Sunda dan Jawa. Nah, di video tersebut Jokowi membocorkan tiga rumah makan yang menjadi kesukaannya di Bogor. Antara lain:

#. Resto Martabak dan Bakso Kiki

Menurut Jokowi, rumah makan terletak di Jl. Pahlawan No. 35A, Bogor ini menyajikan menu makanan yang bahan-bahannya sangat segar, fresh tanpa bahan pengawet. Juga dikenal dengan kualitas bahannya yang baik dan diracik sendiri oleh sang pemilik, Kiky Sanjaya. Dalam video, Pemilik Martabak dan Bakso Kiki, Kiki Snajaya menjelaskan, kini saatnya makanan lokal mendunia. “Produk lokal harus diangkat, jangan lama-lama lagi,” katanya.

Sementara untuk bakso, sang pemilik menyebutkan jika Martabak dan Bakso Kiki berusaha menyajikan bakso dengan daging yang bagus sehingga hasilnya berkualitas. “Ya biasa dipesan sama Istana Bogor, kalau ada acara-acara rapat kabinet, ada tamu negara. Udah berapa kali saya ngelayani, sama Pak Jokowi langsung,” ungkap Kiky.

#. Restoran Kluwih
Rumah makan yang berada di Jl. Bina Marga I No. 12, Baranangsiang, Bogor ini menyajikan makanan Sunda, tapi dengan cara yang unik. Ya, menurut Jokowi, makan di sana Anda akan diberi makanan yang dihampar di atas selembar daun pisang di atas meja kayu dan dinikmati bersama-sama. “Pernah mencoba cumi balakutak? Atau minuman es tape kluwih? Di sini tempatnya,” kata Jokowi yang mengaku sudah empat kali berkunjung ke Restoran Kluwih. Menu favorit Jokowi juga terbilang sederhana, yaitu ayam goreng, tahu, tempe, sambal, lalapan, cah jantung pisang, dan tahu gejrot.

Di restoran ini, pengunjung bisa memesan salah satu menu favorit yaitu paket liwet yang disajikan dengan daun pisang di atas meja untuk dimakan beramai-ramai. “Terus kita memang khasnya pakai tangan, termasuk tradisi makan bareng-barengnya itu kita kemas lebih menarik dan modern di sini,” jelas Yeksha Buana Alam, manajer operasional Kluwih

#. Restoran Sate Tegal “Laka-laka”

Di restoran Sate Tegal “Laka-laka” ini, Presiden Jokowi cukup terkesan dengan dua menu makanannya. Ya, ada sate kambing muda dan tengkleng. Jokowi juga menjelaskan arti dari ‘Laka-Laka’ adalah tidak ada duanya. Itu bahasa Tegal. Nah, Pemilik Sate Tegal ‘Laka-Laka’ Sunarto menjelaskan sedikit kalau dirinya amat bangga bisa menyajikan makanan pada orang nomor satu di Indonesia. “Saya bangga bisa menyajikan menu untuk rang nomor satu di Indonesia,” ucapnya di Vlog #JKWKULINER edisi Bogor ini. Jokowi sendiri diketahui menyukai menu sate kambing dengan lemak, sementara Ibu Negara Iriana lebih menyukai menu tengkleng.

“Dalam kesempatan tertentu kami diundang untuk menyajikan menu kami di istana. Membuat saya sangat bangga! Karena kami bisa dipanggil ke istana, menyajikan menu kami untuk orang nomor satu di Indonesia,” ungkap Sunarto bangga.

Vlog kuliner Jokowi yang diikuti 26.7 m Folowers dan sebanyak 254.505 telah ngeliks dan yang memberi komentar sebanyak 3.063 komentar sampai kemarin. Jadi jika wisata ke Bogor, jangan lupa kulinernya yang luar biasa? (ndy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.