Jakarta Tambah Veneu MICE Terpadu

0
243
Penandatangan kerjasama dukungan Kuningan MICE Alliance

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Wisata MICE (meetings, incentives, conferencing, exhibitions) di Indonesia mulai bergairah lagi, setelah sekian lama tak bergeming. Untuk menggairahkan itu, Jakarta kembali menambah satu venue MICE baru yang terpadu. Ada venue, hotel, restoran, mall juga lokasi entertaiment di satu kawasan. Kuningan MICE Alliance, namanya.

Kehadiran Kuningan MICE Alliance hasil kolaborasi diprakasai PT Wahana Inspirasi Bintang melalui anak usahanya Alcor Mice dan diinisiasi The Kasablanka Hall, yang berhasil merangkul 10 hotel yang ada di kawasan Kuningan Jakarta.

“Bisnis MICE di Indonesia, kami optimis bisa tumbuh. Apalagi setelah didorong Presiden kita agar MICE dikembangkan lebih baik. Karena itu, kami mewujudkan dengan membentuk Kuningan MICE Alliance. Karena kawasan Kuningan salah satu kawasan bisnis paling strategis di Jakarta baik dari rumah, perkantoran, hotel, dan sebagainya ada disana,” papar Chief of Mission Alcor Prime, Jim Tehusijarana dalam keterangan pers di Kasablanka Mall, Jumat (15/02/2019).

Dalam aliansi ini, lanjut dia, menggandeng 9 hotel dan 1 perusahaan transportasi. Sehingga Kuningan MICE Alliance diharapkan dapat meningkatkan okupansi maupun utilisasi masing-masing perusahaan. “Semua even MICE bisa berlangsung di Hall The Kasablanka yang memiliki kapasitas 1.000 ke atas dengan fasilitas yang sangat memenuhi standar internasional,” lontarnya.

Juga didukung lebih dari 2.000 kamar yang tesedia di semua hotel yang berpartisipasi serta ruang acara seluas 14.000 meter persegi. “Jadi Kuningan MICE Alliance ini siap untuk mengakomodasi kebutuhan professional convention organizers (PCO), Professional Exhibition Organizers (PEO), Domestic Management Company (DMC) dan perencanaan acara lainnya,” sambungnya.

Ditambahkan, setelah terbentuknya Kuningan MICE Alliance, langkah pertama dengan melakukan pematangan strategi bisnis MICE, memperkuat expose dan mengadakan pertemuan dengan berbagai pihak termasuk mendekatkan diri dengan BUMN, Pemda DKI Jakarta, Kementrian Pariwisata. “Kita tahu BUMN banyak mengadakan acara dan dengan adanya MKA ini kita bisa teritegrasi,” ujarnya.

Ke depannya, dengan adanya Kuningan MICE Alliance ini performance Alcor bisa tumbuh 20%. “Tahun lalu kami menangani sekitar 300 event di skala kecil dan besar dan dengan adanya Kuningan MICE Alliance, ini bisa naik sekitar 20%,” harapnya sambil menambahkan untuk pengembangan bisnis MICE, Alcor juga berencana menambah satu venue lagi di kawasan Alam Sutera, Tangerang Selatan.

Manager The Kasablanka Hall, Panca R Sarungu menyambut bagus kehadiran Kuningan MICE Alliance ini, karena dapat mengerakkan bisnis MICE di Jakarta lebih baik lagi. Apalagi didukung hotel dan usaha trasportasi sehinga pengembangan bisnis MICE terutama di kawasan Kuningan Jakarta akan semakin berkembang.

“Yang menjadi kendala selama ini dalam bisnis MICE adalah kapasitas veneu yang sangat terbatas. The Kasablanka Hall ini memiliki veneu yang memiliki kapasitas 3.500 dan 2.000 untuk class room. Ditambahkan lagi sekitar 2.300 kamar hotel dengan standar hotel berbintang,” papar Panca.

Selain itu, lanjut dia, peserta MICE yang mengikuti berbagai event MICE memiliki waktu yang sangat terbatas, sehingga sulit untuk melakukan leisure. “Nah Kasablanka mall menyediakan semua kebutuhan peserta MICE mulai wisata belanja, menikmati kuliner, lifestyle dan apa saja yang diinginkan, kami menyedikannya,” sambungnya. (ENDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.