Indonesia Great Sale, Pesta Wisata Belanja Rayakan HUT RI

0
25
wisata belanja

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Sedikitnya 321 Pusat Perbelanjaan seluruh Indonesia mengelar pesta wisata belanja bertajuk Indonesia Great Sale 2019, dengan memberikan Diskon besar-besaran hingga 74 Persen. Pesta wisata belanja ini diselenggarakan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) bersama Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) bersamaan HUT RI ke-74.

Pembukaan Indonesia Great Sale akan dilaksanakan pada 14 Agustus 2019 di Tangcity Mall oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. Pesta wisata belanja ini berlangsung hingga 25 Agustus 2019.

Ketua Umum APPBI Stefanus Ridwan mengatakan, bakal ada banyak toko mulai dari gerai makanan hingga fesyen di pusat perbelanjaan yang menawarkan diskon atau promo potongan harga. Upaya ini disebutnya sengaja dilakukan untuk menarik lebih banyak pengunjung ke mal dan melakukan transaksi secara offline.

“Kami juga berharap, melalui Indonesia Great Sale yang dilaksanakan secara serempak pengunjung dapat merasakan pengalaman terbaiknya dalam berbelanja, mengingat terdapat variasi produk yang ditawarkan dengan promo yang fantastis,” papar Ridwan saat sesi konferensi pers di Jakarta, Selasa (6/8/2019).

Dilanjutkan, Pesta diskon besar-besaran ini akan dimulai secara serentak di 321 pusat perbelanjaan di seluruh Indonesia pada 14 Agustus 2019, seperti di Gandaria City, Kota Kasablanka, Grand Indonesia, Lippo Plaza Medan, Mal Pekanbaru, Palembang Square Mall, Summarecon Mall Serpong, Lippo Plaza Kupang.

Selain itu, Aeon Mall BSD City, Paris Van Java, 23 Paskal Shopping Center, Paragon Mall Semarang, Ciputra Mall Semarang, Plaza Ambarrukmo, Tunjungan Plaza, Beach Walk Shopping Center, Plaza Balikpapan, Makassar Town Square, Lippo Plaza Kupang dan masih banyak lagi.

Indonesia Great Sale 2019 juga diharapkannya mampu meningkatkan jumlah pengunjung dan nilai transaksi di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia hingga 20 persen. Optimisme ini berangkat dari banyaknya gerai ritel yang berpartisipasi di seluruh pusat perbelanjaan di Tanah Air, ditambah dengan kehadiran berbagai UMKM dalam event tersebut.

Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Belanja dan Kuliner Kementerian Pariwisata Vita Datau menyambut baik kegiatan Indonesia Great Sale 2019 yang dianggapnya mampu menjadi daya tarik wisata belanja tahunan bagi warga lokal maupun wisatawan asing.

“Event great sale memang telah menjadi magnet bagi para Shopaholic. Ini dirasakan oleh negara-negara tetangga di ASEAN seperti Malaysia dengan Mega Sale, Singapura dengan Singapore Great Sale serta Thailand dengan Amazing Thailand Great Sale. Ajang-ajang di negara-negara tersebut bahkan menjadikan warga Indonesia sebagai target pasarnya, karena kegemaran orang Indonesia berbelanja,” tuturnya.

“Oleh karenanya sudah saatnya menjadi destinasi belanja bagi warganya sendiri, dengan cara memiliki event great sale tahunan, dengan waktu yang sama setiap tahunnya karena ini sekaligus menjadi magnet untuk wisatawan asing untuk datang dan berbelanja wisata di Indonesia,” sambungnya.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Tjahya Widayamti menekankan, usaha peritel melalui acara ini diharapkan memang bisa mendorong angka pertumbuhan pengunjung maupun transaksi ritel yang saat ini dianggap lesu, karena hadirnya e-commerce.

“Indonesia Great Sale ini memang cukup baik apalagi diselenggarakan dalam rangka hari kemerdekaan. Saya anggap, ini bisa meningkatkan ritel kita. Kepada pelaku ritel bahwa kita memang harus berubah dengan isu e-commerce, industri 4.0 yang katanya membuat perdagangan ritel secara offline terganggu,” tuturnya di lokasi yang sama.

Indonesia Great Sale dipastikan menjadi pesta diskon serempak pertama dan terbesar yang pernah dilakukan di Indonesia. Kedepannya, Indonesia Great Sale juga akan menjadi program belanja tahunan dari APPBI dan APRINDO, tambahnya.

Kementerian Perdagangan yang diwakili oleh Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Tjahya Widayanti, mendukung pelaksanaan Indonesia Great Sale ini. Ia berharap event ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana memacu daya beli masyarakat yang akhirnya berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Pembukaan Indonesia Great Sale, beragam hiburan akan mewarnai Opening Ceremony Indonesia Great Sale 2019, antara lain Percussion, tarian Nusantara, hingga penampilan Colourful City Of Tangerang Carnival. Selain itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tangerang akan ikut serta mengisi pameran UMKM bertema Indonesia Kreatif yang menampilkan berbagai produk fashion, aksesoris, batik dan craft karya pengrajin lokal.

Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Mandey menjelaskan target nilai transaksi penjualan dalam event Indonesia Great Sale 2019, lebih dari Rp35 triliun. Nilai sebesar itu, hasil perhitungan dari jumlah minimal pengeluaran per orang pengunjung mal yakni senilai Rp200.000 dikalikan dengan rata-rata jumlah pengunjung mal per hari dan keseluruhan jumlah pusat perbelanjaan di Indonesia.

“Jumlah pengunjung mal rata-rata di Indonesia itu sekitar 30.000 sampai 50.000 orang/hari. Kalau mal besar bisa 60.000 bahkan 100.000 saat weekend. Hitunglah rata-rata 30.000 pengunjung/hari dikalikan Rp200.000 kemudian dikalikan 321 jumlah mal di Indonesia. Ditambah adanya program – program promosi, kami targetkan sekitar Rp35 triliun lebih selama Indonesia Great Sale berlangsung,” ujarnya. (END)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.